PENINGKATAN KEPEDULIAN LINGKUNGAN LIFE ON LAND GURU DAN SISWA SDN 2 DAUSA MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBAHAN ALAM SEKITAR

Penulis

  • Luh Mitha Priyanka Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nyoman Selamat Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Putu Merry Yunithasari Universitas Pendidikan Ganesha
  • Muhamad Jodi Setianto Universitas Pendidikan Ganesha
  • Irvina Restu Handayani Universitas Pendidikan Ganesha

Kata Kunci:

kepedulian lingkungan, media pembelajaran IPA, bahan alam

Abstrak

Pendidikan karakter nilai-nilai peduli lingkungan menjadi suatu upaya yang dilakukan pemerintah untuk menyelamatkan lingkungan. Integrasi pendidikan lingkungan hidup dalam kegiatan pembelajaran diharapkan dapat meningkatkan sikap kepedulian lingkungan siswa. Integrasi dapat dilakukan melalui kegiatan pembelajaran yang menyenangkan melalui penggunaan berbagai media dan metode pembelajaran ramah lingkungan. Kegiatan pengabdian peningkatan kepedulian lingkungan life on land guru dan siswa SDN 2 Dausa melalui media pembelajaran IPA berbahan alam ini, dilatarbelakangi oleh lemahnya kesadaran warga sekolah terhadap lingkungan yang tercermin dari sikap apatis terhadap kebersihan lingkungan sekolah serta kurangnya integrasi nilai-nilai peduli lingkungan dalam pembelajaran. Untuk itu pengabdian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan nilai-nilai peduli lingkungan dalam diri guru dan siswa SDN 2 Dausa, meningkatkan wawasan dan keterampilan pembuatan media pembelajaran IPA berbahan alam sekitar, dan mendeskripsikan respon guru dan siswa SDN 2 Dausa melalui kegiatan pelatihan media pembelajaran IPA berbahan alam sekitar. Metode pelaksanaan kegiatan ini berupa edukasi dan pelatihan dengan hasil penelitian sebagai berikut. (1) Peningkatan kegiatan peduli lingkungan SDN 2 Dausa melalui pembuatan media pembelajaran IPA berbahan alam sekitar. (2) Peningkatan nilai-nilai peduli lingkungan melalui pembuatan media pembelajaran IPA berbahan alam sekitar berkategori baik. (3). Angket respon peserta terkait evaluasi kegiatan berkategori baik.

Referensi

Adriansyah, M. A., Sofia, L., & Rifayanti, R. (2016). Pengaruh Pelatihan Pendidikan Lingkungan Hidup terhadap Sikap Peduli Anak akan Kelestarian Lingkungan Jurnal Psikostudia Universitas Mulawarman, 5(2), 86-106.

Yulizah, Y., & Prasetyo, S. (2024). Visualisasi Pencemaran Lingkungan: Integrasi Karakter Peduli Lingkungan Hidup pada Pembelajaran IPA Tinjauan Perspektif Fenomenologis Abad 21. JIPE: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 14-29.

Kemendiknas. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Balitbang.

Irfianti, M. D., Khanafiyah, S., & Astuti, B. 2016. Perkembangan Karakater Peduli Lingkungan melalui Model Experimental Learning. Unnes Physics Education Journal, 5(3), 72-79.

Cahyani, C. W., & Djudin, T. (2024). Pembelajaran IPA berbasis Lingkungan untuk Siswa Sekolah Dasar: Sebuah Kajian Literatur. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 10(2), 1102-1116.

Priyanka, L.M. & Selamat, I. N. 2021. Socio-Scientific Issue Based Instruction Pada Mata Kuliah Ilmu Lingkungan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 11(1), 29-36.

Mardana, V. S., Rijal, M., & Darwis, R. (2023). Efektivitas Media Pembelajaran Alam Sekitar terhadap Minat dan Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Materi Fotosintesis. Jurnal Pendidikan MIPA, 13(3), 736-743.

Prasetyo, D. R., Fawaida, U., & Noor, F. M. (2019). Pemanfaatan Alat dan Bahan dari Lingkungan sebagai Media Pembelajaran Sederhana Mata Pelajaran IPA untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa MTs Muwahidun Gembong. Thabiea: Journal of Natural Science Teaching, 2(2), 111-117.

Zahro, W. M., & Giyoto, G. (2021). Pemanfaatan Media Bahan Alam Sebagai Bentuk Kepedulian Anak Terhadap Lingkungan. Journal Children Advisory Research and Education, 8(2), 37-46.

Hasibuan, M. S., & Sapri, S. (2023). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan Indonesia: Educatio, 9(2), 700-708.

Nainggolan, A., Sinurat, A., Purba, T., Arent, E., Meilitasari, R. (2023). Peran Pembelajaran Pendidikan Lingkungan Sosial Dalam Pembentukan Sikap Peduli Lingkungan Peserta Didik. Journal on Education, 5(4), 13166-13171.

Zuchdi, Darmiyati. (2011). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Teori dan Praktik. Yogyakarta: UNY Press.

Kose, S. (2011). Investigation of Undergraduate Students’ Environmental Attitudes. International Electronic Journal of Environmental Education. 1(2), 85-96.

Yunansah, H., Herlambang, Y. T. (2017). Pendidikan Berbasis Ekopedagogik dalam Menumbuhkan Kesadaran Ekologis dan Mengembangkan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasara EduHumaniora. 9 (1), 27- 34.

Lestari, Y. (2018). Penanaman Nilai Peduli Lingkungan dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an. 4 (2), 332-337.

Hifjir & Agustizar. (2020). Tingkat Pengetahuan Lingkungan Hidup dengan Sikap Peduli Lingkungan Pada Siswa SMP Negeri Se Kluet Raya Kabupaten Aceh Selatan. Jurnal Georafflesia. 5(2), 170-176

Istiqomah, (2019). Sikap Peduli Lingkungan Peserta Didik di MAN-1 Pekanbaru Sebagai Sekolah Adiwiyata. Dinamika Lingkungan Indonesia. 6(2), 95-103.

Kristanto, A. (2016). Media Pembelajaran. Jawa Timur: Penerbit Bintang Sutabaya.

Heinich, R., Molenda, M., Russell, J. D., & Smaldino, S.E. (2010). Instructional Media and Technology for Learning, 7th edition. New Jersey: Prentice Hall, Inc.

Gagne, Robert M. & Robert A. Reiser. (1983). Selecting Media for Instruction. New Jersey: Englewood Cliffs.

Gerlach, V.G. dan Elly, D.P. (1980). Teaching and Media: A Systemic Approach. New Jersey Englewood Cliffs: Prentise-Hall.

Dale, E. (1969). Audio Visual Methods in Teaching. (Third Edition). New York: The Dryden Press, Holt, Rinehart and Winston, Inc.

Purwati, R. D. (2023). Pemanfaatan Barang Bekas Sebagai Media Pembelajaran Matematika Di Kelas V Sdn Cilegon IX Sebagai Upaya Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siswa. Journal of Student Research, 1(2), 394-403.

Widiantoro, D. (2023). Pemanfaatan Sampah Organik Menjadi Media Pembelajaran Pada Sekolah Adiwiyata. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(4), 1658-1670.

Marliani, N. (2015). Pemanfaatan Limbah Rumah Tangga (Sampah Anorganik) Sebagai Bentuk Implementasi dari Pendidikan Lingkungan Hidup. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 4(2). 7-13.

Therik, J. J., & Lino, M. M. (2021). Membangun Kesadaran Masyarakat Sebagai Upaya Pelestarian Lingkungan. Jurnal Administrasi Publik, 17(1), 89-95.

Maryuni, N. P. W. (2024). Penanaman Pendidikan Karakter Melalui Pengelolaan Bank Sampah di Lingkungan Sekolah. Metta: Jurnal Ilmu Multidisiplin, 4(1), 126-139.

Fariza, N. A., & Kusuma, I. H. (2024). Implementasi model pembelajaran berbasis proyek dalam meningkatkan kreativitas siswa sekolah dasar. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(3), 10-10.

Zega, J. N., & Susanto, Y. N. (2024). Media Pembelajaran Alam Dalam Proses Belajar Mengajar. Metanoia, 6(1). 12-18.

Jaya, V. W., AR, M. M., Jannah, L., & Rofiana, W. (2025). Ekowisata sebagai sumber belajar; menanamkan nilai cinta lingkungan melalui pendidikan berbasis alam. Jurnal Ilmiah Penelitian Mahasiswa, 3(1), 516-528.

Hasanah, N. A., & Agusta, A. R. (2024). Mengembangkan sikap kooperatif menggunakan model nature project together pada anak kelompok b. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 4(2), 57-71.

Putri, A. P., Agustin, N. A., & Sopiah, A. P. (2025). Eksplorasi nilai kepedulian sosial siswa melalui pendidikan kewarganegaraan berbasis isu lingkungan. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 11(2), 232-239.

Simatupang, D. A., & Anas, N. (2024). Pengembangan media AQUACA pada materi siklus air untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif ilmu pengetahuan alam di sekolah dasar. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 10(1), 376-385.

Wuryandani, W. (2020). Penguatan Pendidikan Karakter di Sekolah dalam Rangka Pembentukan Manusia yang Berkualitas. Jurnal Majelis, 7, 106-128.

Unduhan

Diterbitkan

31-10-2025