PELATIHAN MENGELOLA KESEHATAN MENTAL DAN KEUANGAN PADA SISWA SMK NEGERI 1 KUBUTAMBAHAN

Penulis

  • Nyoman Trisna Herawati Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Kadek Sinarwati Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nyoman Putra Yasa Universitas Pendidikan Ganesha
  • Made Ary Meitriana Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Made Anintia Trisna Sari Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ketut Susiani Universitas Pendidikan Ganesha

Kata Kunci:

kesehatan mental, kesehatan keuangan, siswa smk

Abstrak

Di era digital saat ini kesehatan mental dan keuangan menjadi dua isu yang krusial terutama bagi generasi muda. SMKN 1 Kubutambahan merupakan salah satu SMK yang ada di Kabupaten Buleleng yang memiliki program studi yang berhubungan dengan bidang kesehatan. Mereka diharapkan mampu memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat yang membutuhkan. Namun, tekanan akademik yang tinggi ditambah beban praktek magang di rumah sakit dapat memicu tekanan mental terutama bagi yang belum terbiasa menghadapi dunia nyata. Oleh karena itu, kegiatan PkM ini digagas untuk memberikan seminar dan pelatihan kesehatan mental dan keuangan. Sebanyak 40 orang siswa dan 5 orang guru mengikuti kegiatan ini yang diselenggarakan pada tanggal 25 dan 26 Agustus 2025. Kegiatan PkM ini meliputi pemaparan mengenai kesehatan mental dan keuangan, simulasi praktek penggunaan aplikasi kesehatan mental dan aktivitas perencanaan keuangan. Disela-sela kegiatan dilakukan aktifitas games yang ditutup dengan post test untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa terhadap materi yang diberikan. Hasil kegiatan dapat dilaporkan berjalan dengan lancar yang dapat dilihat dari antusias peserta dalam mengikuti kegiatan. Selain itu terjadi peningkatan pengetahuan tetang kesehatan mental dan pengelolaan keuangan pada peserta dengan rata-rata posttest yang lebih tinggi (M=8.733, SD=1.176) daripada pretest (M=6, SD=1.160)

Referensi

Galderisi, S., Heinz, A., Kastrup, M., Beezhold, J., & Sartorius, N. (2017). A proposed new definition of mental health. Psychiatria Polska, 51(3), 407–411. https://doi.org/10.12740/PP/74145

Guan, N., Guariglia, A., Moore, P., & Al-Janabi, H. (2024). Financial Literacy and Mental Health: Empirical Evidence from China. Applied Health Economics and Health Policy, 22(6), 833–847. https://doi.org/10.1007/s40258-024-00899-9

Hassan, M. F., Hassan, N. M., Kassim, E. S., & Said, Y. M. U. (2021). Financial wellbeing and mental health: A systematic review. Estudios de Economia Aplicada, 39(4). https://doi.org/10.25115/eea.v39i4.4590

Marques, T. P. (2024). The ‘social’ in psychiatry and mental health: quantification, mental illness and society in international scientific networks (1920s–1950s). History of Psychiatry, 35(1), 85–102. https://doi.org/10.1177/0957154X231210924

Orth, Z., Moosajee, F., & Van Wyk, B. (2022). Measuring Mental Wellness of Adolescents: A Systematic Review of Instruments. Frontiers in Psychology, 13. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2022.835601

Palumbo, D., & Galderisi, S. (2020). Controversial issues in current definitions of mental health. Archives of Psychiatry and Psychotherapy, 22(1), 7–11. https://doi.org/10.12740/APP/118064

Podgornik, N., & Kovačič, A. (2014). Can mental health be viewed as a public social problem? International Journal of Mental Health, 43(2), 52–69. https://doi.org/10.2753/IMH0020-7411430204

Richardson, T., Enrique, A., Earley, C., Adegoke, A., Hiscock, D., & Richards, D. (2022a). The Acceptability and Initial Effectiveness of “Space From Money Worries”: An Online Cognitive Behavioral Therapy Intervention to Tackle the Link Between Financial Difficulties and Poor Mental Health. Frontiers in Public Health, 10. https://doi.org/10.3389/fpubh.2022.739381

Richardson, T., Enrique, A., Earley, C., Adegoke, A., Hiscock, D., & Richards, D. (2022b). The Acceptability and Initial Effectiveness of “Space From Money Worries”: An Online Cognitive Behavioral Therapy Intervention to Tackle the Link Between Financial Difficulties and Poor Mental Health. Frontiers in Public Health, 10. https://doi.org/10.3389/fpubh.2022.739381

Starkey, A. J., Keane, C. R., Terry, M. A., Marx, J. H., & Ricci, E. M. (2013). Financial distress and depressive symptoms among African American women: Identifying financial priorities and needs and why it matters for mental health. Journal of Urban Health, 90(1), 83–100. https://doi.org/10.1007/s11524-012-9755-x

Woolley, P. A., Kendall, M. C., Tacvorian, S., & Asher, S. (2024). Integrating a Personal Finance Workshop to Enhance Financial Literacy Among Senior Medical Students: A Single Institution’s Experience. Advances in Medical Education and Practice, 15, 885–891. https://doi.org/10.2147/AMEP.S474002

Unduhan

Diterbitkan

31-10-2025