IMPLEMENTASI PRINSIP SIGNALING DAN GENERATIVE ACTIVITY DALAM MEDIA PEMBELAJARAN MELALUI H5P UNTUK GURU SD

Penulis

  • Dewa Gede Agus Putra Prabawa Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Komang Sudarma Universitas Pendidikan Ganesha
  • Desak Putu Parmiti Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Ardana Universitas Pendidikan Ganesha
  • Dewa Ayu Novi Kusumawardani Universitas Pendidikan Ganesha

Kata Kunci:

media pembelajaran, signaling, generative activiy

Abstrak

Hasil identifikasi masalah di SD Negeri di Gugus 2 Kecamatan Buleleng menunjukkan bahwa guru menghadapi keterbatasan media pembelajaran by design dan perlunya peningkatan keterampilan membuat media inovatif. Untuk itu dilaksanakan program pengabdian masyarakat berupa pelatihan dan pendampingan dengan tujuan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru dalam memproduksi media pembelajaran inovatif berbasis prinsip Signaling dan Generative Activity. Prinsip Signaling membantu guru menekankan pesan utama, sedangkan Generative Activity mendorong siswa lebih aktif. Kegiatan dilaksanakan melalui dua tahap, yaitu pelatihan umum untuk memberikan konsep dasar dan teknis pembuatan media serta pendampingan intensif sebanyak dua kali agar guru lebih terampil. Sasaran kegiatan adalah 10 guru di Gugus 2 Kecamatan Buleleng. Metode yang digunakan mencakup ceramah, diskusi, praktik, dan simulasi. Evaluasi dilakukan melalui pretest-posttest, penilaian produk, dan kuesioner. Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan signifikan pengetahuan serta keterampilan guru dalam membuat media pembelajaran inovatif berbasis Signaling dan Generative Activity menggunakan aplikasi H5P.

Referensi

Albus, P., Vogt, A., & Seufert, T. (2021). Signaling in virtual reality influences learning outcome and cognitive load. Computers and Education, 166(January), 104154. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2021.104154

Fadlurrohim, I., Husein, A., Yulia, L., Wibowo, H., & Raharjo, S. T. (2020). Memahami perkembangan anak generasi alfa di era industri 4.0. Focus : Jurnal Pekerjaan Sosial, 2(2), 178. https://doi.org/10.24198/focus.v2i2.26235

Fiorella, L., & Mayer, R. E. (2016). Eight Ways to Promote Generative Learning. Educational Psychology Review, 28(4), 717–741. https://doi.org/10.1007/s10648-015-9348-9

Hamed, B. K., Ghanem, S. N., Alqarni, W. A., & Maayah, A. K. (2025). The Impact of Short-Form Videos on Some Cognitive Abilities among Saudi International School Students. International Journal of Academic Research in Progressive Education and Development. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:276386833

Mayer, R. E. (2021). Multimedia learning. New York: Cambridge University Press.

Prabawa, D. G. A. P., Wayan Santyasa, I., Parwati, N. N., & Komang Sudarma, I. (2024). Enhancing learning outcomes by implementing segmentation principles and generative activities in instructional videos. International Journal of Information and Education Technology, 14(12), 1705–1716. https://doi.org/10.18178/IJIET.2024.14.12.2201

Sharon E. Smaldino, D. L. L. J. D. R. (2014). Instructional technology & media for learning: Teknologi pembelajaran dan media untuk belajar. Prenada Media.

Unduhan

Diterbitkan

31-10-2025