PENGEMBANGAN STRATEGI PEMASARAN DIGITAL UNTUK PRODUK HORTIKULTURA DI DESA SUMBERKLAMPOK

Penulis

  • Komang Krisna Heryanda Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ida Bagus Koman Suarmaja Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Made Dwi Ariani Mayasari Universitas Pendidikan Ganesha
  • Putu Dio Artha Pratama Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Putu Arya Dharmayasa Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gusti Ngurah Agung Dananjaya Universitas Pendidikan Ganesha

Kata Kunci:

pemasaran digital, produk hortikultra

Abstrak

Kegiatan program pengabdian masyarakat ini memiliki tujuan untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan kelompok tani di Desa Sumberklampok dalam memasarkan hasil panen tanaman hortikultura secara digital. Metode yang dilaksanakan adalah metode pelatihan dan pendampingan berupa ceramah dan demonstrasi. Kegiatan pelatihan dan pendampingan dilakukan melalui 3 tiga tahap, yaitu (1) tahap persiapan pengembangan konseptual dan teknik operasional tentang manajemen usaha, (2) tahap pelatihan dan pendampingan tentang manajemen usaha, dan (3) tahap evaluasi. Kegiatan pengabdian ini telah menghasilkan suatu pengetahuan dan pemahaman mengenai pemasaran digital melalui periklanan dimedia sosial seperti facebook ads maupun instragram ads agar lebih dikenal masyarakat luas, sehingga dapat meningkatkan pendapatan kelompok tani di Desa Sumberklampok. Harapan setelah dilaksanakannya pengabdian ini adalah produk hortikultura seperti jagung, kacang-kacangan, dan cabai bisa dijual langsung kekonsumen tanpa melalui tengkulak. Sehingga dapat meningkatkan nilai jual hasil panen tersebut.

Referensi

Apriliyani, S., Malik, Z. A., & Surahman, M. (2021). Peran lembaga amil zakat, infaq dan shadaqah muhammadiyah (lazismu) banjarnegara dalam meningkatkan perekonomian kaum dhuafa. Jurnal Riset Ekonomi Syariah, 1(1), 7–12. https://doi.org/10.29313/jres.v1i1.100

Budiastuti E. Tinjauan Pustaka Sistematis: Pemasaran Produk Pertanian di Era Digital. Jurnal Suluh Tani. 2024 Jan;2(1):21-33.

Chaffey, Dave, Richard Mayer, Kevin Johnston dan Fiona Ellis-Chadwick, 2000, Internet Marketing: Strategy, Implementattion And Practice, Pearson Education Limited, London, England.

Grönroos, Christian. 2009. Marketing Mix To Relat ion Ship Marketing Towards a Paradgm Shift In Marketing. Journal Management Decision, Jilid 35, Terbitan 4, H. 322- 339, Penerbit MCB UP Ltd.

Laely N, Widianto A, Suwito E. Pengembangan Strategi Pemasaran untuk Produk Pertanian Lokal: Pendampingan dan Implementasi pada Petani Desa Rembang Kab. Kediri. E-Amal Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 2024;4(1):249-56

Rangkuti, F. (2010). Analisis SWOT teknik membedah kasus bisnis, Gramedia Pustaka Umum, Jakarta.

Rayport, Jeffrey F. dan Bernard J.Jaworski, 2003, Introduction To E-Commerce, 2nd Edition, McGraw-Hill, New York.

Rudi. 2010. Perancangan Pemasaran digitalBagi Pemasaran Produk Kecantikan. UPN ”Veteran” Yogyakarta, 22 Mei 2010. Seminar Nasional Informatika 2010 (semnasIF 2010). ISSN: 1979-2328

Strauss, Judy dan Raymond Frost, 2009, EMarketing, 5th Edition, Prentice-Hall, Inc., Upper Saddle, New Jersey.

Sumiyati, S., & Faisal Akbar, M. (2022). Pelatihan penyusunan laporan keuangan dengan lamikro bagi umkm milenial. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(1), 13–18. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.40 4

Tandirerung VA, Syahrul, Padil A. Pengembangan Sistem Informasi Pemasaran Produk Pertanian berbasis Website. ELINVO (Electronics, Informatics, and Vocational Education). 2020 Nov;5(2):121-8. doi: 10.21831/elinvo.v5i2.35288.

Unduhan

Diterbitkan

31-10-2025