PELATIHAN KETERAMPILAN MEMBUAT SMOOTHIE SEHAT KAYA ZAT BESI UNTUK MENGATASI DAN MENCEGAH ANEMIA PADA REMAJA PUTRI

Penulis

  • Wayan Sugandini Universitas Pendidikan Ganesha
  • Made Juliani Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ria Tri Harini Dwi Rusiawati Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ketut Espana Giri Universitas Pendidikan Ganesha
  • Made Ririn Sri Wulandari Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ida Ayu Made Ari Santi Tisnasari Universitas Pendidikan Ganesha
  • Made Amanda Cipta Dewi Universitas Pendidikan Ganesha
  • Kadek Devi Sri Wahyuni Universitas Pendidikan Ganesha
  • Kadek Dwi Pitriyani Universitas Pendidikan Ganesha

Kata Kunci:

Tablet Tambah Darah, Anemia, Remaja Putri, Smoothie Kaya Zat Besi, Pelatihan

Abstrak

Kejadian anemia pada remaja putri di SMP Negeri 8 Singaraja tahun 2024 sebesar 33,65%. Kondisi ini diperburuk dengan rendahnya kepatuhan konsumsi tablet tambah darah (TTD) karena rasa yang dianggap tidak enak serta menimbulkan mual dan pusing. Tujuan program pengabdian masyarakat ini adalah memberikan edukasi kesehatan dan pelatihan pembuatan smoothie kaya zat besi sebagai alternatif inovatif dan lebih disukai dalam pencegahan anemia pada remaja putri. Kegiatan diikuti oleh 20 remaja putri pengurus OSIS. Pelatihan diawali dengan pre-test, dilanjutkan edukasi aktif mengenai anemia dan sumber zat besi, serta demonstrasi pembuatan smoothie. Peserta kemudian diberi kesempatan praktik membuat smoothie secara berkelompok. Evaluasi dilakukan melalui post-test tertulis dan observasi praktik. Hasil menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan peserta, serta keterampilan yang baik dalam membuat smoothie sehat. Program ini terbukti efektif dalam meningkatkan kesadaran dan keterampilan remaja putri dalam pencegahan anemia melalui alternatif asupan zat besi yang menyenangkan dan mudah diterapkan.

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Abner. (2023). Menjadi Aktif dan Kreatif dengan Metode Pembelajaran Partisipatif. Perpus Teknik.Com. https://perpusteknik.com/contoh-metode-pembelajaran-partisipatif/

Asniar, A., Kamil, H., & Mayasari, P. (2020). Pendidikan dan Promosi Kesehatan. In Pendidikan dan Promosi Kesehatan (Issue February). https://doi.org/10.52574/syiahkualauniversitypress.224

Faidul Jihad, F., Duana, M., Musnadi Is, J., & Paradhiba, M. (2023). Efektivitas Promosi Pola Makan Sehat dan Aktivitas Fisik pada Remaja: Studi Kuantitatif tentang Perubahan Perilaku dan Pengetahuan The Effectiveness of Healthy Eating and Physical Activity Promotion in Adolescents: A Quantitative Study on Behavioral and K. Journal of Healtcare Technology and Medicine, 9(2), 2615–109.

Fikrie, et al. (2021). Keterlibatan Siswa (Student Engagement) Di Sekolah sebagai Salah Satu Upaya Peningkatan Keberhasilan Siswa di Sekolah. Prosiding Seminar Nasional & Call Paper Psikologi Pendidikan 2019 Fakultas Pendidikan Psikologi, April, 103–110.

Hamal. (2023). Metode Pembelajaran Praktik Langsung: Mempertajam Kemampuan dengan Cerdas. Perpusteknik.Com. https://perpusteknik.com/metode-pembelajaran-praktik-langsung/

Koerniawati, R. D. (2022). Dampak Kekurangan Zat Besi (Anemia) pada Pekerja Wanita. Tirtayasa Medical Journal, 2(1), 24. https://doi.org/10.52742/tmj.v2i1.17879

Lindacher V, Curbach J, Warrelmann B, Brandstetter S, L. J. (2018). Evaluation of Empowerment in Health Promotion Interventions: A Systematic Review. Sage Jurnal, 43(1), 351–392. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/29172696/

Nugraheni, M. I. M. R. Py. W. T. (2024). Perilaku Makan Remaja Putri dan Kejadian Anemia Di MTS Hidayatush. 2(2), 78–84. https://journal.sciencetechnohealth.com/index.php/JIKK/article/view/36/27

PADMI SAMI ANTARI, Ni Luh; WIASTI, Ni Made; SUWENA, I. W. (2021). Kehidupan Remaja dalam Perkembangan Pariwisata di Desa Ped, Kecamatan Nusa Penida, Bali. Sunari Penjor Jurnal Anthropology, 5(1), 30–36. https://doi.org/https://doi.org/10.24843/SP.2021.v5.i01.p04

Palupi, K. C., Sari, R. P., Gifari, N., & Sitoayu, L. (2023). Pengaruh video edukasi sadar gizi terhadap tingkat pengetahuan dan sikap terkait gizi pada wanita gizi lebih di wilayah perkotaan. Jurnal Gizi Klinik Indonesia, 20(2), 72. https://doi.org/10.22146/ijcn.69116

Pamelia, I. (2019). PERILAKU KONSUMSI MAKANAN CEPAT SAJI PADA REMAJA DAN. Jurnal IKESMA, September 2018. https://doi.org/10.19184/ikesma.v14i2.10459

Safitri, D., Manik, W., Yawai, T., & Khairunnisa, N. (2025). Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Digital Dalam Pendidikan: Tinjauan Sistematis Lintas Disiplin Ilmu. Proceeding International Seminar on Islamic Studies, 6(1), 1714–1721.

Sriatmi, A., Patriajati, S., Suryawati, C., Arso, S. P., Fatmasari, E. Y., & Kusmastuti, W. (2020). “Anemia” Mengapa Berbahaya? Panduan Kesehatan Praktis Bagi Anak dan Remaja. Doc-Pak.Undip.Ac.Id, September, 8096411. http://doc-pak.undip.ac.id/id/eprint/11405/2/peer_review.pdf

Sunarto1, Adriyani Adam, Hijrah Asikin, Suriani Rauf, W. S. (2022). KANDUNGAN ZAT BESI SMOOTHIE PISANG AMBON DENGAN PENAMBAHAN KACANG MERAH. Media Gizi Pangan, 29, 76–78. https://journal.poltekkes-mks.ac.id/ojs2/index.php/mediagizi/article/view/2863?

Syahraeni, N., & Akbar, fuad husain. (2021). Inovasi Pemanfaatan Buah Dan Sayur Menjadi Smoothie Drink Untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pengabdian Masyarakat Hasanuddin, 2(1), 11–16. file:///D:/Documents/Rencana PKM 2025/Ref Smoothie/narya,+3.+Inovasi+Pemanfaatan+Buah+dan+Sayur.pdf

Unduhan

Diterbitkan

31-10-2025