TRANSFORMASI PERCA KAIN MENJADI PRODUK FUNGSIONAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN DAN KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN TEACHING FACTORY

Penulis

  • Made Diah Angendari Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Dewa Ayu Made Budhyani Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Nyoman Sri Witari Universitas Pendidikan Ganesha
  • Putu Agus Mayuni Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gusti Ayu Agung Diatri Indradewi Universitas Pendidikan Ganesha

Kata Kunci:

perca kain, produk fungsional, transformasi, keterampilan, kreativitas

Abstrak

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan transformasi perca kain menjadi produk fungsional dan mengetahui keterampilan dan kreativiatas siswa-siswa SMK Negeri 2 Singaraja dalam mengubah kain perca menjadi produk fungsional dalam pembelajaran teaching factory. Kegiatan  dilaksanakan selama 10 bulan yang terbagi dalam tiga tahap yaitu: perencanaan,  pelaksanaan,  dan  evaluasi. Tahap pelaksanaan berupa   penyajian materi,  membuat produk fungsional dari perca kain, tahap pendampingan,  evaluasi akhir dan pelaporan. Menggunakan metode ceramah, demontrasi, tanya jawab serta pelatihan. Melibatkan dosen Undiksha  yang bekerjasama dengan siswa SMK Negeri 2 Singaraja.  Hasil kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah  transformasi perca kain menjadi produk fungsional dengan membuat tempat tisue dan tempat pensil. Penilaian  dari aspek keterampilan membuat produk fungsional berupa tempat tisue dan tempat pensil berbahan kain perca mendapat nilai sebesar 88,4 dan  aspek kreatifitas mendapat nilai sebesar 86,7 dengan  kategori  sangat baik dan berhasil sesuai dengan kriteria yang diharapkan.

 

Referensi

Andjar, Febry Jein,dkk. 2023. “Pelatihan Keterampilan Santripreneur Dengan Memanfaatkan Limbah Kain Perca Dengan Ide Bisnis Buket Batik Di Pondok Pesantren Al-Ghuroba Kabupaten Sorong.” JAMU: Jurnal Abdi Masyarakat UMUS 3(02):138–49. doi:https://doi.org/10.46772/jamu.

Angendari, Made Diah, dkk. 2024. “Pelatihan Membuat Souvenir Berbahan Kain Perca Sebagai Peluang Usaha Bagi Siswa Smk N 1 Nusa Penida.” Pp. 595–604 in Proceeding Senadimas Undiksha.

Angendari, Made Diah, dkk. 2022. “Pelatihan Mengelola Limbah Kain Perca Menjadi Produk Kreatif, Fungsional, Dan Ekonomi Pada Ibu Rumah Tangga Di Desa Sambangan.” Proceeding Senadimas Undiksha 710–19.

Anggun, Orizza,dkk. 2025. “Sustainable Fashion Melalui Upcycling Limbah Denim Dengan Teknik Pewarnaan Tekstil Ramah Lingkungan.” Ornamen: Jurnal Pengkajian Dan Penciptaan Seni Kriya 22(1):1–17.

Arifa, Dira, Arini Dwi Pramesty, Nurul Afiah, and Asyah Triandani. 2022. “Pemanfaatan Kain Perca Menjadi Kerajinan Keset Yang Bernilai Jual.” VIVABIO: Jurnal Pengabdian Multidisiplin 4(1):25. d.

Drs. M. Mustaghfirin Amin, MBA. 2015. “Panduan Pelaksanaan Teaching Factory.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Teknik Otomotif UMP 23 Mei 2015 TEACHING 3(20).

Fitriani, Rohyana, dkk.2022. “Pemanfaatan Limbah Kain Perca Untuk Pembuatan Tempat Pensil Ramah Lingkungan Di Wilayah Pancor Kabupaten Lombok Timur.” Abdi Populika 3(2):Jurnal Abdi Populika..

Foundation, Ellen MacArthur. 2017. “A New Textiles Economy: Redesigning Fashion’s Future.” https://www.ellenmacarthurfoundation.org/a-new-textiles-economy.

Hakim, Muh. dkk. 2024. “Implementasi Pembelajaran Teaching Factorypada Alfamidi Classuntuk Meningkatkan Kreativitas Dan Semangat Kewirausahaan Siswa Smk Negeri 2 Semarang.” Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(4):394–417.

Hastuti, Wedia, and Irma Maria Dulame. 2025. “Pemanfaatan Limbah Kain Perca Butik Rumahan Sebagai Bahan Baku Produk Kerajinan Yang Ramah Lingkungan.” Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa 3(2):282–89.

Hidayat, Hilda Ramadhita, dkk. 2024. “Transformasi Sampah Plastik Menjadi Produk Unggulan Sebagai Upaya Pelestarian Lingkungan: Pakaian Daur Ulang Oleh Kelompok Tani Mekar Bersemi, Desa Dengkeng, Kabupaten Klaten.” Jurnal Pengabdian Sosial 1(10):1706–11.

Idawati, Latifa, dkk. 2024. “Kontribusi Model Pembelajaran Project Based Learning Sebagai Akselerator Peningkatan Kompetensi Desain Motif Tekstil Siswa SMK Busana.” Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual 9(4):763–71.

Lee, Ynez, dkk. 2024. “Pengolahan Limbah Butik Ferry Sunarti Untuk Produk Fashion Dengan Teknik Machine Stitch Dan Flat Iron.” Pp. 9093–9125 in Proceeding of Art & Design. Vol. 11.

Maharani, dkk. 2024. “Implementasi Mata Pelajaran Prakarya Dan Kewirausahaan Di Sman 49 Jakarta Dalam Meningkatkan Kreativitas Sisw.” Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran 7(4):18540–47.

Ni’mah Afif, dkk. 2024. “Manajemen Kurikulum Program Pembelajaran Kewirausahaan Di Sekolah Menengah Kejuruan.” At Tadbir: Islamic Education Management Journal 2(1):66–77. doi:10.54437/attadbir.v2i1.1624.

Rabihat, Hannana, dkk. 2024. “Pelatihan Kreatifitas Dalam Membuat Produk Bernilai Pelatihan Kreatifitas Dalam Membuat Produk Bernilai Dari Kain Perca Untuk Menggerakkan Ekonomi Masyarakat.” Welfare : Jurnal Pengabdian Masyarakat 2(2):276–81.

Soloweno,dkk. 2024. “Pemanfaatan Limbah Kain Perca Menjadi Tas Tote Bag Yang Bernilai Jual Dalam Rangka Mengembangkan Kreativitas Mahasiswa.” J-DEPACE (Journal of Dedication to Papua Community) 7(1):12–25. https://jurnal.lpmiunvic.ac.id/index.php/jpkm/article/view/166.

Sulistiami, dkk. 2024. “Pelatihan Pemanfaatan Limbah Kain Perca Untuk Masker Di Kelurahan Mojo Gubeng Surabaya.” Pancasona 3(1):117–23. doi:10.36456/pancasona.v3i1.8728.

Trisnadi, Muhammad Fahmi. 2025. “Fast Fashion: Tren Modis Dengan Harga Ekologis.” https://djpb.kemenkeu.go.id/portal/en/847-.html.

Turen, Negeri. 2025. “Meningkatkan Partisipasi Siswa SMK.” Jurnal Barik 6(3):80–95.

Widiyaningsih, Nunuk, dkk. 2024. “Peningkatan Kreativitas Siswa Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Materi Teknik Membatik Siswa Kelas Vi Sekolah Dasar.” Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 09(01):1442–58.

Yusuf, Nilawaty, and Nurhayati Panigoro. 2022. “Pemanfaatan Kain Perca Sebagai Aksesoris Kalung.” Mopolayio : Jurnal Pengabdian Ekonomi 2(1):33–38. https://mopolayio.fe.ung.ac.id/index.php/mopolayio/article/vie

Unduhan

Diterbitkan

31-10-2025