OPTIMALISASI IPTEKS DALAM PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PENGAJARAN BAHASA INGGRIS UNTUK PENGUATAN KELAS INKLUSIF TK
Kata Kunci:
Pembelajaran Inklusif, Aktivitas Pembelajaran, Teknologi, Pendidikan Anak Usia DiniAbstrak
Pendidikan anak usia dini menekankan pentingnya pembelajaran inklusif yang mampu mengakomodasi keberagaman peserta didik. Optimalisasi ilmu pengetahuan dan teknologi dalam pengajaran bahasa Inggris menjadi strategi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas inklusif. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru TK dalam memanfaatkan metode dan media berbasis Ipteks sehingga pembelajaran lebih kreatif, interaktif, dan mudah dipahami anak. Program ini dilaksanakan melalui tiga tahapan: persiapan, pelatihan intensif, serta pendampingan dan evaluasi. Metode yang digunakan meliputi observasi kebutuhan guru, ceramah interaktif, praktik pembuatan media, dan penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran sederhana menggunakan metode Suggestopedia. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman dan keterampilan guru dalam mengintegrasikan teknologi dalam membuat materi pembelajaran, hal tersebut juga didukung oleh partisipasi aktif serta respons positif selama pelatihan. Program ini diharapkan mampu memperkuat strategi pembelajaran inklusif sehingga berdampak pada peningkatan motivasi dan hasil belajar anak.
Referensi
Gal, C., Ryder, C. H., Amsalem, S. R., & On, O. (2025). Shaping inclusive classrooms: Key factors influencing teachers’ attitudes toward inclusion of students with special needs. Education Sciences, 15(5), 541.
Goldan, J. , Loreman, T. , & Lambrecht, J. (2022). Resources for inclusive education—Impacts of funding and provision. International Journal of Inclusive Education, 1–3. 10.1080/13603116.2020.1821452
Jamal, N., & Arshad, R. (2023). The Impact of Interactive Videos on Vocabulary Learning and Motivation of Elementary School Students in Pakistan. The Turkish Online Journal of Educational Research, 14(3), 547-560. https://tojdel.net/journals/tojdel/articles/v10i01/v10i01-06.pdf
Kartika, N. L. P. I., & Budiarta, L. G. R. (2025). Quizizz in EFL Classroom Learning: Students’ Perception and Challenges. The Art of Teaching English As a Foreign Language (TATEFL), 6(1), 28–40. https://doi.org/10.36663/tatefl.v6i1.939
Putnam, R. D. (2016). The Role of Inclusive Education in Developing Educational Quality: Insights from a Global Perspective. International Journal of Educational Development, 49, 65-73.
Santos, A. (2019). Integrating Digital Tools into Early Childhood Education for English Language Learning. Computers & Education, 129, 14-25. https://doi.org/10.32682/jeell.v8i1.1888
Trianto, A. (2020). Model-model Pembelajaran Inovatif Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Wijayanti, N. L. E. C., Utami, I. G. A. L. P., & Budiarta, L. G. R. (2025). The Practice, Challenge and Solution of English Teaching for Students with Reading Disability in An Inclusive Classroom. The Art of Teaching English As a Foreign Language (TATEFL), 6(2), 149–161. https://doi.org/10.36663/tatefl.v6i2.1049
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Luh Gd Rahayu Budiarta, I Nyoman Adi Jaya Putra, Putu Kerti Nitiasih, I Putu Indra Kusuma

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
