IMPLEMENTASI GENERATIVE ARTIFICIAL INTELLIGENCE UNTUK PENGEMBANGAN MEDIA AJAR MULTIMODAL DI SDN 2 NGIS KARANGASEM
Kata Kunci:
Media ajar, Multimodal, Gaya Belajar, Pembelajaran Berdiferensiasi, Generative AIAbstrak
Kondisi pembelajaran di SDN 2 Ngis Karangasem masih menggunakan media ajar berbasis text yang tidak didukung oleh prinsip interaktifitas sehingga kebermaknaan pengalaman belajar tidak optimal. Pembelajaran berdiferensiasi memberikan keberagaman pengalaman belajar melalui penyampaian design content multimodal dalam mengakomodir keberagaman gaya belajar peserta didik. Pemanfaatan Gen-AI (Artificial Intelligence) melalui aplikasi gemini mempermudah pengembangan design content interaktif. Tujuan kegiatan pengabdian adalah untuk (a) memberikan praktik perancangan pembelajaran berdiferensiasi; (b) memberikan keterampilan dalam pemanfaatan Generative AI melalui aplikasi gemini untuk pengembangan media ajar multimodal; (c) analisa efektifitas pelaksanaan pelatihan. Metode pelatihan dalam P2M ini adalah ADDCE: analyze, design, develop, conduct dan evaluation. Hasil yang dicapai, peserta mendapatkan hands-on practice dalam merancang media ajarmultimodal. Sebanyak 85% menyatakan terjadi peningkatan keterampilan membuat media ajar multimodal. Sebanyak 80%menyatakan sangat termotivasi dan membutuhkan pelatihan bersifat up-date skills penunjang pembelajaran. Dengan demikiankontribusi pengabdian memberikan pengalaman up-skilling bidang literasi AI dalam mendukung teknologi design pembelajaran.
Referensi
Andriani, F., & Nugraheni, N. (2024). Analisis Karakteristik Gaya Belajar Siswa dalam Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 5(01), 33–41.
Arifin, M. B., & Wardani, Y. A. (2020). Pengembangan media audio visual menggunakan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran menulis paragraf narasi pada siswa kelas
VII SMP. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 3(4), 373–384.
Basuki, S., Faiqurrahman, M., Putri, V. S., Nugraha, M. D., & Shafiyah, R. F. (2025). PENDAMPINGAN PEMBANGUNAN WEBSITE DAN KONTEN DIGITAL KREATIF DI ERA
0 BERBASIS GENERATIVE ARTIFICIAL INTELLIGENCE (GEN-
AI). Al-Umron: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 1–12.
Dewi, A. C. (2025). Transformasi Pembelajaran Menulis Teks melalui Media Visual Interaktif. Jurnal Ilmiah Multidisiplin Mahasiswa Dan Akademisi, 1(3), 99–
Dewi, D. N., Inayati, D., Adi, S. S., Iswahyuni, I.,
Gozali, A., Umam, M. B., Sholikhah, M., Ningrum, S. T. M., & Saputra, B. E. (2024). Pengembangan profesionalitas guru dalam pemanfaatan literasi multimodal pada pembelajaran. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 5(2), 236–246.
Fauziyah, S. H., & Yuniarti, Y. (2024). Penerapan Pendekatan Multimodal dalam Pembelajaran Abad 21 di Sekolah Dasar: Sebuah Tinjauan Pustaka. Jurnal Lensa Pendas, 332–343.
Fitria, T. N. (2023). Breaking the ice in the classroom: Using ice breaking in the teaching and learning process. Borneo
menjaga sinergi antara universitas dan mitra sekolah sebagai upaya meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru khususnya pada aspek implementasi praktis integrasi teknologi dalam pembelajaran.
Journal of English Language Education, 5(1).
Girón-García, C., & Fortanet-Gómez, I. (2023). Science dissemination videos as multimodal supporting resources for ESP teaching in higher education. English for Specific Purposes, 70, 164–176.
Handoyo, T., Ashriyah, I., & Kamal, R. (2025). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Multimedia. Harmoni Pendidikan: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 230–250.
Hapsari, C., Maulia, L., Herniyanti, M., & Cinantya, C. (2025). EMPOWERING (PEMBERDAYAAN) GURU DALAM RANGKA MENINGKATKAN MUTU
SEKOLAH. Inovasi Pendidikan Nusantara, 6(1).
Judijanto, L., Selviana, R., Rahmawati, E., Magdalena, L., Amilia, I. K., Fanani, M. Z., Yusufi, A., Sudipa, I. G. I., Prasetyo,
D., & Nampira, A. A. (2025). Optimalisasi ChatGPT: Panduan dan Penerapan untuk Belajar, Mengajar, dan Membuat Konten Tanpa Batas. PT. Green Pustaka Indonesia.
Kurniawan, D. T., Abidin, Y., Rakhmayanti, F., & Sukardi, R. R. (2023). PENGEMBANGAN WEBSITE DIFFERENSIASI LEARNING DENGAN MULTIMODALITAS PEMBELAJARAN UNTUK IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI
SEKOLAH DASAR: Development of Learning Difference Website with Learning Multimodality for Implementation of Independent Curriculum in Elementary Schools. 1(1), 205–215.
Li, M. (2020). Multimodal pedagogy in TESOL teacher education: Students’ perspectives. System, 94, 102337.
Mayasari, N., Sastraatmadja, A. H. M., Suhara, A., Jauhar, N., Hasan, S., & Maqfirah, P.
A.-V. (2025). ARTIFICIAL INTELLIGENCE DALAM
PENDIDIKAN Metode, Implementasi, dan Evaluasi. Penerbit Widina.
Mifroh, N. (2020). Teori perkembangan kognitif Jean Piaget dan implementasinya dalam pembelajaran di SD/MI. JPT: Jurnal Pendidikan Tematik, 1(3), 253–263.
Muzammil, M., & Izzah, S. A. (2025). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dengan Media Digital Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 4(3), 1237–1246.
Nurharirah, S., Haris, R., & Prasetyo, T. (2025). Strategi Guru dalam Mengelola Kelas dengan Gaya Belajar Siswa Beragam di Sekolah Dasar. Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar, 4(2), 417–428.
Olvah, M., Alfan, M., Nusantara, T., Suyitno, I., & Anggraini, A. E. (2024). Pemanfaatan Berbagai Media dalam Pembelajaran untuk Meningkatkan Literasi Siswa dalam Perspektif Multimodal Literacy. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(7), 6391–6398.
Setiawan, Z., Pustikayasa, I. M., Jayanegara, I. N., Setiawan, I. N. A. F., Putra, I. N. A.
S., Yasa, I. W. A. P., Asry, W., Arsana, I.
N. A., Chaniago, G. G., & Wibowo, S. E. (2023). PENDIDIKAN MULTIMEDIA:
Konsep dan Aplikasi pada era revolusi industri 4.0 menuju society 5.0. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Sisephaputra, B., Judijanto, L., Apriyanto, A., Lukman, L., Migunani, M., Umar, N., Sepriano, S., Khairunnisa, K., & Wati, D.
C. (2024). Generative Artificial Intelligence (GenAI): Pengetahuan Dasar GenAI Beserta Penerapannya. PT. Green Pustaka Indonesia.
Sujana, I. P. W. M., Sukadi, S., Cahyadi, I. M. R., & Sari, N. M. W. (2021). Pendidikan karakter untuk generasi digital native. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(2), 518–524.
Sulistiono, E., & Biru, R. C. B. (2020). Implementasi Pelaksanaan Pelatihan Berbasis Kebutuhan Di Berbagai Negara: Meta Sintesis Komponen Pelatihan. Jurnal Pengelolaan Pendidikan DESEMBER, 1(2), 72–83.
Wahyuni, D. S., Agustini, K., & Ariadi, G. (2022). An AHP-Based Evaluation Method for Vocational Teacher‘s Competency Standard. International Journal of Information and Education Technology, 12(2), 157–164. https://doi.org/10.18178/ijiet.2022.12.2. 1599
Wahyuni, S., & Haryanti, N. (2024). Optimalisasi kompetensi guru dalam pengembangan pembelajaran berdiferensiasi berbasis media digital. Wahana Dedikasi: Jurnal PkM Ilmu Kependidikan, 7(1), 142–154.
Wibowo, H. S. (2023). Pengembangan teknologi media pembelajaran: Merancang pengalaman pembelajaran yang inovatif dan efektif. Tiram Media.
Yessi, M. (2021). Pedagogical Content Knowledge (Pck) dalam pemilihan media pembelajaran yang relevan. 12, 176–
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 dessy wahyuni, Ni Putu Era Marsakawati, I Nyoman Sudarmada, I Gede Bendesa Subawa, I Ketut Andika Pradnyana, Gede Ariadi, Antonius Surjo Abdi

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
