TRANSFORMASI PENDIDIKAN DIGITAL: PEMANFAATAN AI UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PENGAJARAN GURU SMP NEGERI 3 BANJAR

Penulis

  • Prima Juniartina Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Subagia Universitas Pendidikan Ganesha
  • Kompyang Selamet Universitas Pendidikan Ganesha
  • Nia Erlina Universitas Pendidikan Ganesha

Kata Kunci:

tranformasi pendidikan, literasi digital, AI dalam pembelajaran.

Abstrak

Pemanfaatan kecerdasan buatan (AI) saat ini membawa perubahan signifikan dalam berbagai sektor, termasuk pendidikan, khususnya di SMP N 3 Banjar pemanfaatan AI untuk menopang kegiatan pembelajaran masih sangat minim. Guru-guru masih ragu dan minim informasi terkait penggunaan teknologi ini untuk menunjang pembelajaran. Padahal, sekolah memiliki sarana dan sumber daya yang memadai. Untuk mengatasi masalah ini, diperlukan pendampingan dan pelatihan bagi 50 guru di sekolah tersebut. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan literasi digital guru, melatih mereka menggunakan aplikasi AI, dan membantu merancang perangkat ajar berbasis AI. Melalui pelatihan dan pendampingan, diharapkan terjadi perubahan pola pikir, efisiensi, dan peningkatan kualitas pembelajaran, serta menjadikan sekolah sebagai percontohan. Berdasarkan hasil pelatihan didapat bahwa kegiatan pelatihan dan pendampingan penggunaan AI dalam menopang proses pembelajaran telah terlaksana dengan baik, hal ini dilihat dari data portofolio guru yang mengumpulkan modul ajar dan media pembelajaran masing-masing sebanyak 90% dan 87%, ini menyatakan seua guru telah berproses untuk membuat rancangan pembelajran dengan baik. Disamping itu antusiasme pelatihan sangat positif dimana kehadiran guru dalam mengikuti kegiatan sangat baik serta respon dari guru peserta pelatihan sangat baik yaitu 98% menyatakan bahwa materi yang disampaikan dalam pelatihan cukup menarik dan sangat membantu guru dalam mempersiapkan pembelajaran, sehingga dapat disimpulkan bahwa kegiatan ini telah terlaksana dengan baik.

Referensi

Amuga, E. O. (2023). Artificial Intelligence in Education. https://doi.org/10.4018/978-1-6684-3595-3.ch012

BenMessaoud, F., Bolchini, D., Ash, E., & Tseng, C.-M. (2023). FazBoard: An AI-Educational Hybrid Teaching and Learning System. https://doi.org/10.1007/978-3-031-47454-5_23

Nugroho, O. F., Hikmawaty, L., & Juwita, S. R. (2024). Artificial Intelligence Technology Embedded in High School Science Learning: A Study of Teacher Perception. Pedagonal : Jurnal Ilmiah Pendidikan. https://doi.org/10.55215/pedagonal.v8i2.16

Trivedi, N. B. (2023, November 27). AI in Education-A Transformative Force. https://doi.org/10.1109/idicaiei58380.2023.10406541

Utari, D. A., Miftachudin, M., Puspandari, L. E., Erawati, I. L., & Cahyaningati, D. T. (2022). Pemanfaatan h5p dalam pengembangan media pembelajaran bahasa online interaktif. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua. https://doi.org/10.21107/metalingua.v7i1.14896

Vasile, C. (2023). Artificial Intelligence in education: transformative potentials and ethical considerations. https://doi.org/10.51865/jesp.2023.2.01

Vladescu, I. (2017). The impacts of using ICT in the educational process today. https://doi.org/10.18844/PROSOC.V4I3.2524

Unduhan

Diterbitkan

31-10-2025