PELATIHAN PENYUSUNAN MEDIA AJAR INOVATIF BERBASIS CHATGPT, GAMMA.APP DAN CANVA AI
Kata Kunci:
pelatihan guru, media ajar, ChatGPT, Gamma.app, Canva AIAbstrak
Penggunaan Artificial Intelligence (AI) dalam pendidikan memberikan peluang besar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, namun di tingkat sekolah dasar pemanfaatannya masih terbatas. Guru umumnya hanya menggunakan PowerPoint konvensional dan belum mengintegrasikan teknologi AI secara optimal dalam media ajar. Merespons kondisi ini, kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan di SD Negeri 3 Panji melalui pelatihan dan pendampingan penyusunan media ajar inovatif berbasis ChatGPT, Gamma.app, dan Canva AI. Kegiatan meliputi tiga tahap, yaitu pelatihan awal, pendampingan tahap pertama, dan pendampingan tahap kedua. Hasil pre-test dan post-test menunjukkan peningkatan rata-rata dari 83 menjadi 95, yang menandakan adanya peningkatan signifikan dalam pemahaman dan keterampilan guru. Guru berhasil menyusun media presentasi sesuai mata pelajaran, mengembangkan prompt kreatif, serta mampu melakukan refleksi kritis terhadap kelebihan dan keterbatasan masing-masing platform. Kegiatan ini efektif meningkatkan literasi digital dan keterampilan guru dalam mengintegrasikan teknologi AI untuk menghasilkan media ajar yang inovatif.
Referensi
Afriany, R., Sinaga, R., Samsinar, & Frangky. (2025). Pelatihan Pemanfaatan Artificial Inteligence dalam Membuat Media Pembelajaran. Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara, 512-522.
GuruInovatif. (31 de Januari de 2025). Mengapa Perlu Menggunakan Teknologi AI dalam Pendidikan? Fonte: GuruInovatif.id: https://guruinovatif.id/artikel/mengapa-perlu-menggunakan-teknologi-ai-dalam-pendidikan
Hakim, L. (2022, Desember 8). Peranan Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) dalam Pendidikan. Retrieved April 5, 2025, from Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah: https://ppg.dikdasmen.go.id/news/peranan-kecerdasan-buatan-artificial-intelligence-dalam-pendidikan
Isdayani, Thamrin, A. N., & Milani, A. (2024). Implementasi Etika Penggunaan Kecerdasan Buatan (AI) dalam Sistem Pendidikan dan Analisis Pembelajaran di Indonesia. Digital Transformation Technology (Digitech), 4(1), 714-723. doi:https://doi.org/10.47709/digitech.v4i1.4512
Khaeruddin. (2024). Pemanfaatan Teknologi Gamma (AI) dalam Pembelajaran Sejarah Era Kurikulum Merdeka. INTEC Journal: Information Technology Education Journal, 3(3), 53-59. Retrieved April 13, 2025, from https://journal.unm.ac.id/index.php/INTEC/article/view/5472/3430
Lubis, M. S. (2021). Implementasi Artificial Intelligence pada Sistem Manufaktur Terpadu. SEMNASTEK UISU, 1-7. Retrieved April 13, 2025
Nurfadhillah, S., Ningsih, D. A., Ramadhania, P. R., & Sifa, U. N. (2021). Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD Negeri Kohod III. PENSA : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 243-255.
RefoIndonesia. (4 de Agustus de 2023). Artificial Intelligence (AI) dalam Pembelajaran Adaptif. Fonte: RefoIndonesia.com: https://www.refoindonesia.com/artificial-intelligence-ai-dalam-pembelajaran-adaptif/
Rosita, Jumrah, Rahmayani, S., & Hamdana. (2024). Transformasi Digital dalam Pendidikan: Pelatihan Tools AI untuk Mendukung Pengajaran dan Administrasi Guru. Room of Civil Society Development, 235-246.
Setiawan, D., Karuniawati, E. A., & Janty, S. I. (2023). Peran Chat Gpt (Generative Pre-Training Transformer) dalam Implementasi Ditinjau dari Dataset. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 1-13.
Tjahyanti, L. P., Saputra, P. S., & Gitakarma, M. S. (2022). Peran Artificial Intelligence (AI) untuk Mendukung Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Komputer dan Teknologi Sains (KOMTEKS), 15-21.
Widiastari, N. G., & Puspita, R. D. (2024). Penggunaan Media Pembelajaran Digital dalam Mengembangkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD Inpres 2 Nambaru. ELEMENTARY : Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 215-222.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Luh Putu Eka Damayanthi, Kadek Trina Des Ryantini, Edy Agus Juny Artha, Ni Putu Novita Puspa Dewi, Made Susi Lissia Andayani

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
