PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS INTERAKTIF BILINGUAL BAHASA INGGRIS- BAHASA ISYARAT (LESAINDO) BERBASIS WEB BAGI GURU-GURU BAHASA DI SLB

Penulis

  • Ni Luh Putu Sri Adnyani Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Made Rai Wisudariani Universitas Pendidikan Ganesha
  • Putu Suarcaya Universitas Pendidikan Ganesha
  • Anak Agung Sri Barustyawati Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Made Suta Paramarta Universitas Pendidikan Ganesha
  • Made Aryawan Adijaya Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Ketut Armawan Universitas Pendidikan Ganesha

Kata Kunci:

STR, Pembelajaran Bahasa Inggris, Lesaindo

Abstrak

Peningkatan kualitas pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus, khususnya siswa tunarungu, selaras dengan tujuan pembangunan berkelanjutan. Kemampuan berbahasa, termasuk bahasa Inggris, krusial. Kurikulum Merdeka dan Permendikbud No. 70/2009 membuka ruang bahasa Inggris sebagai mata pelajaran pilihan di SLB. Di Bali, pengajaran sudah berlangsung di SLB-B, namun hanya dua jam per minggu dan metodenya kurang menarik. Sebagai pembelajar visual, siswa tunarungu memerlukan media berbasis visual, seperti teknologi interaktif web. Di Kabupaten Buleleng, banyak guru belum menguasai media tersebut karena pelatihan cenderung teoritis dan minim praktik TIK. Program ini menawarkan pelatihan dan pendampingan penggunaan media pembelajaran bahasa Inggris interaktif bilingual (Inggris–bahasa isyarat) berbasis web untuk meningkatkan kompetensi guru dan mutu pembelajaran. Kegiatan meliputi seminar dengan ceramah dan tanya jawab, workshop demonstrasi penggunaan media interaktif Lesaindo, serta pendampingan penerapan di kelas. Diharapkan pembelajaran menjadi lebih inklusif, menarik, dan efektif bagi siswa tunarungu. Evaluasi dilakukan melalui observasi kelas dan umpan balik peserta pelatihan serta refleksi.

Referensi

Adnyani, N. L. P., Wisudariani, N. M. R., & Aditra, G. (2021). A need analysis for developing multimedia English learning materials for deaf or hard of hearing (DHH) children. Journal of Education Technology, 4(4).

Adnyani, N. L. P., Wisudariani, N. M. R., & Aditra, G. (2021). The development of an Android-based Kata Kolok sign language dictionary. Prosiding ICIRAD 2021.

Adnyani, N. L. P., & Wisudariani, N. M. R. (2021). The development of a trilingual dictionary for elementary students. Prosiding ICIRAD 2021.

Adnyani, N. L. P. S., et al. (2023). Penggunaan aplikasi LetSign untuk pengajaran bahasa isyarat bagi guru-guru SLB di Kabupaten Karangasem. Prosiding Senadimas 2023.

Adnyani, N. L. P. S., et al. (2023). Penggunaan aplikasi Kahoot sebagai alternatif mode evaluasi dalam jaringan bagi guru-guru di SD Negeri 1 Pesagi Kecamatan Penebel. Prosiding Senadimas 2023.

Arfiyanti, R., & Mudopar, M. (2021). Desain activity book dalam pembelajaran menulis kalimat sederhana pada siswa tunarungu SLB Beringin Bhakti. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 5(2), 127–134.

Astuti, I. (2022). Kepemimpinan pembelajaran sekolah inklusi. Media Nusa Creative (MNC Publishing).

El Rahma, V., Markub, M., & Arifin, Z. (2022). Pembelajaran bahasa Indonesia dengan sistem isyarat elektronik (E-SIBI) sebagai media komunikasi siswa tunarungu di SLB Negeri Tambahrejo. Edu-Kata, 8(2), 144–155.

Fauziah, Y., Yuwono, B., & Cornelius, D. W. P. (2014). Aplikasi kamus elektronik bahasa isyarat bagi tunarungu dalam bahasa Indonesia berbasis web. Telematika: Jurnal Informatika dan Teknologi Informasi, 9(1).

Fernandes, N., Leite Junior, A. J. M., Marçal, E., & Viana, W. (2023). Augmented reality in education for people who are deaf or hard of hearing: A systematic literature review. Universal Access in the Information Society, 1–20.

El Ghoul, O., & Jemni, M. (2009). Multimedia courses generator for deaf children. International Arab Journal of Information Technology, 6(5), 458–463.

Hidayati, Q., Jamal, N., & Manjelang, S. F. (2022). Aplikasi pembelajaran edukatif bahasa isyarat pada Sekolah Luar Biasa (SLB) “Tunas Bangsa”, Kota Balikpapan. Journal of Applied Community Engagement, 2(2), 111–117.

Jabar, S. A., & Ahmad, A. C. (2018). The design of multimedia interactive courseware for teaching reading to hearing impaired students. International Journal of Academic Research in Progressive Education and Development, 7(4), 223–230.

Kemdikbud. (2022). Struktur Kurikulum Merdeka dalam setiap fase – Merdeka Mengajar. Retrieved from https://pusatinformasi.guru.kemdikbud.go.id/hc/enus/articles/14179832698137-Struktur-Kurikulum-Merdeka-dalam-Setiap-Fase

Mardiana, A., & Wahyuni, T. (2019). Rancang bangun aplikasi Android pengenalan kosakata untuk disabilitas tunarungu menggunakan metode Sistem Isyarat Bahasa Indonesia. INFOTECH Journal, 5(1), 64–68.

Rafikayati, A., Rusminati, S. H., & Prawoto, E. C. (2023). Pengembangan video pembelajaran interaktif bagi mahasiswa tunarungu di perguruan tinggi. Devosi: Jurnal Teknologi Pembelajaran, 13(2), 13–26.

Susetyo, B., Homdijah, O. S., & Siswaningsih, W. (2023). Standarisasi instrumen tes hasil belajar IPA untuk mengukur kognitif siswa tunarungu. Uwais Inspirasi Indonesia.

Wahyudi, M. (2022). Aktivitas komunikasi antara guru dan murid berkebutuhan khusus. Universitas Komputer Indonesia

Unduhan

Diterbitkan

31-10-2025