PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN TEKNOHUMANISTIK DAN MANAJEMEN ANTI-BULLYING DI SD NEGERI 1 TAJUN

Penulis

  • I Wayan Widiana Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pendidikan Ganesha
  • Made Aryawan Adijaya Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nyoman Jampel Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nyoman Tri Esaputra Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Wahyu Suwela Antara Universitas Pendidikan Ganesha

Kata Kunci:

teknohumanistik, bullying, kompetensi guru, sekolah dasar

Abstrak

Program pengabdian ini dilaksanakan untuk menjawab permasalahan rendahnya pemanfaatan pembelajaran berbasis teknohumanistik dan tingginya kasus bullying di SD Negeri 1 Tajun, Kabupaten Buleleng. Kegiatan difokuskan pada peningkatan kompetensi guru melalui pelatihan, pendampingan, dan evaluasi yang mengintegrasikan pemanfaatan teknologi pembelajaran serta manajemen penyelesaian kasus bullying. Sebanyak 10 guru mengikuti seluruh rangkaian kegiatan yang meliputi sosialisasi, pelatihan desain media berbasis teknohumanistik, penyusunan Standar Operasional Prosedur (SOP) anti-bullying, serta pendampingan implementasi di kelas. Hasil menunjukkan adanya peningkatan signifikan pemahaman guru dalam merancang media pembelajaran inovatif dan keberanian dalam menangani kasus bullying, ditunjukkan oleh 90% peserta yang mencapai kategori tuntas. Program ini membuktikan bahwa integrasi teknologi dengan nilai kemanusiaan dapat menciptakan lingkungan belajar yang interaktif, aman, dan inklusif, sekaligus mendukung pencapaian pendidikan berkualitas dan budaya sekolah yang harmonis.

Referensi

Azis, E., & Hasi, M. S. (2020). Pengaruh Konseling Humanistik Terhadap Sikap Kejujuran Pada Siswa Kelas XI SMAN 1 Seteluk Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Transformasi, 6(2), 66–71.

Budi, S. P., Suprapti, Danang, & Febryantahanuji. (2019). Media Pembelajaran E-Learning Dengan Metode Parsing Untuk Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran di Sekolah Berbasis Web. Jurnal Ilmiah Sistem Informasi, Teknologi Informasi Dan Sistem Komputer, 14(2), 105–115. https://doi.org/10.33998/processor.2019.14.2.644

Dafit, F., Dea Mustika, & Melihayatri, N. (2021). Pengaruh Program Pojok Literasi Terhadap Minat Baca Mahasiswa PGSD FKIP UIR. Jurnal Basicedu, 5(2), 2156–2163. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.307

Damayanti, S. M., & Zakarias, R. (2020). Generasi Milenial sebagai Pengguna Fintech: Dampaknya terhadap Literasi dan Inklusi Keuangan di Indonesia. Ekonomi Dan Bisnis, 7(2), 105. https://doi.org/10.35590/jeb.v7i2.2193

Falola, H. O., Adeniji, A. A., Adeyeye, J. O., Igbinnoba, E. E., & Atolagbe, T. O. (2020). Measuring institutional support strategies and faculty job effectiveness. Heliyon, 6(3), e03461. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2020.e03461

Gabrielli, S., Rizzi, S., Carbone, S., & Piras, E. M. (2021). School Interventions for Bullying–Cyberbullying Prevention in Adolescents: Insights from the UPRIGHT and CREEP Projects. International Journal of Environmental Research and Public Health, 18(21).

Karnelli, Y., & Erismon. (2021). Efektivitas pendekatan rational emotive behavior therapy untuk mengatasi perilaku bullying siswa. Educatio, 7(1), 1–13.

Kusuma, I. M. W. (2017). Penerapan Ajaran Trikaya Parisudha Melalui Pendekatan Humanistik. Maha Widya Duta, I(1), 98–106.

Permatasari, W. I., Virgonita, M., & Pratiwi, S. (2024). Pengaruh Bullying Terhadap Kesehatan Mental Anak 80. Jurnal Psikologi Konseling Vol., 16(1), 80–95.

Pratiwi, N. P. A. T., Wahyuni, S. A. E. P., & Sulistiowati, N. M. D. (2023). Gambaran Tingkat Pengetahuan Bullying Pada Remaja Di Desa Gunaksa Klungkung. Jurnal Peduli Masyarakat, 5(September), 819–826.

Rahmat, R. F., Mursyida, L., Rizal, F., Krismadinata, K., & Yunus, Y. (2019). Pengembangan media pembelajaran berbasis mobile learning pada mata pelajaran simulasi digital. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 6(2), 116–126. https://doi.org/10.21831/jitp.v6i2.27414

Setiani, A. P., Hidayah, L. N., Insan, U., & Utomo, B. (2024). Dampak Bullying Terhadap Kesehatan Psikologis Siswa. Jurnal Psikologi Dan Bimbingan Konseling, 2(1), 41–50. https://doi.org/10.3287/ljpbk.v1i1.325

Sianturi, S. (2018). Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Evaluasi E-Learning Pada Institusi Keperawatan Di Jakarta Dan Depok. Jurnal Pendidikan Keperawatan Indonesia, 4(2), 122–130. https://doi.org/10.17509/jpki.v4i2.11563

Sudarsana, I. K. (2018). Optimalisasi Penggunaan Teknologi Dalam Implementasi Kurikulum Di Sekolah (Persepektif Teori Konstruktivisme). Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1), 8–15. http://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/cetta/article/view/41

Sutisna, D., Widodo, A., Nursaptini, N., Umar, U., Sobri, M., & Indraswati, D. (2020). An Analysis of the Use of Smartphone in Students’ Interaction at Senior High School. 465(Access 2019), 221–224. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200827.055

Zhang, S., Wang, Z., Zhao, X., & Zhang, M. (2017). Effects of institutional support on innovation and performance: Roles of dysfunctional competition. Industrial Management and Data Systems, 117(1), 50–67. https://doi.org/10.1108/IMDS-10-2015-0408

Unduhan

Diterbitkan

31-10-2025