PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN TEKNOHUMANISTIK DAN MANAJEMEN ANTI-BULLYING DI SD NEGERI 1 TAJUN
Kata Kunci:
teknohumanistik, bullying, kompetensi guru, sekolah dasarAbstrak
Program pengabdian ini dilaksanakan untuk menjawab permasalahan rendahnya pemanfaatan pembelajaran berbasis teknohumanistik dan tingginya kasus bullying di SD Negeri 1 Tajun, Kabupaten Buleleng. Kegiatan difokuskan pada peningkatan kompetensi guru melalui pelatihan, pendampingan, dan evaluasi yang mengintegrasikan pemanfaatan teknologi pembelajaran serta manajemen penyelesaian kasus bullying. Sebanyak 10 guru mengikuti seluruh rangkaian kegiatan yang meliputi sosialisasi, pelatihan desain media berbasis teknohumanistik, penyusunan Standar Operasional Prosedur (SOP) anti-bullying, serta pendampingan implementasi di kelas. Hasil menunjukkan adanya peningkatan signifikan pemahaman guru dalam merancang media pembelajaran inovatif dan keberanian dalam menangani kasus bullying, ditunjukkan oleh 90% peserta yang mencapai kategori tuntas. Program ini membuktikan bahwa integrasi teknologi dengan nilai kemanusiaan dapat menciptakan lingkungan belajar yang interaktif, aman, dan inklusif, sekaligus mendukung pencapaian pendidikan berkualitas dan budaya sekolah yang harmonis.
Referensi
Azis, E., & Hasi, M. S. (2020). Pengaruh Konseling Humanistik Terhadap Sikap Kejujuran Pada Siswa Kelas XI SMAN 1 Seteluk Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Transformasi, 6(2), 66–71.
Budi, S. P., Suprapti, Danang, & Febryantahanuji. (2019). Media Pembelajaran E-Learning Dengan Metode Parsing Untuk Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran di Sekolah Berbasis Web. Jurnal Ilmiah Sistem Informasi, Teknologi Informasi Dan Sistem Komputer, 14(2), 105–115. https://doi.org/10.33998/processor.2019.14.2.644
Dafit, F., Dea Mustika, & Melihayatri, N. (2021). Pengaruh Program Pojok Literasi Terhadap Minat Baca Mahasiswa PGSD FKIP UIR. Jurnal Basicedu, 5(2), 2156–2163. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.307
Damayanti, S. M., & Zakarias, R. (2020). Generasi Milenial sebagai Pengguna Fintech: Dampaknya terhadap Literasi dan Inklusi Keuangan di Indonesia. Ekonomi Dan Bisnis, 7(2), 105. https://doi.org/10.35590/jeb.v7i2.2193
Falola, H. O., Adeniji, A. A., Adeyeye, J. O., Igbinnoba, E. E., & Atolagbe, T. O. (2020). Measuring institutional support strategies and faculty job effectiveness. Heliyon, 6(3), e03461. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2020.e03461
Gabrielli, S., Rizzi, S., Carbone, S., & Piras, E. M. (2021). School Interventions for Bullying–Cyberbullying Prevention in Adolescents: Insights from the UPRIGHT and CREEP Projects. International Journal of Environmental Research and Public Health, 18(21).
Karnelli, Y., & Erismon. (2021). Efektivitas pendekatan rational emotive behavior therapy untuk mengatasi perilaku bullying siswa. Educatio, 7(1), 1–13.
Kusuma, I. M. W. (2017). Penerapan Ajaran Trikaya Parisudha Melalui Pendekatan Humanistik. Maha Widya Duta, I(1), 98–106.
Permatasari, W. I., Virgonita, M., & Pratiwi, S. (2024). Pengaruh Bullying Terhadap Kesehatan Mental Anak 80. Jurnal Psikologi Konseling Vol., 16(1), 80–95.
Pratiwi, N. P. A. T., Wahyuni, S. A. E. P., & Sulistiowati, N. M. D. (2023). Gambaran Tingkat Pengetahuan Bullying Pada Remaja Di Desa Gunaksa Klungkung. Jurnal Peduli Masyarakat, 5(September), 819–826.
Rahmat, R. F., Mursyida, L., Rizal, F., Krismadinata, K., & Yunus, Y. (2019). Pengembangan media pembelajaran berbasis mobile learning pada mata pelajaran simulasi digital. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 6(2), 116–126. https://doi.org/10.21831/jitp.v6i2.27414
Setiani, A. P., Hidayah, L. N., Insan, U., & Utomo, B. (2024). Dampak Bullying Terhadap Kesehatan Psikologis Siswa. Jurnal Psikologi Dan Bimbingan Konseling, 2(1), 41–50. https://doi.org/10.3287/ljpbk.v1i1.325
Sianturi, S. (2018). Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Evaluasi E-Learning Pada Institusi Keperawatan Di Jakarta Dan Depok. Jurnal Pendidikan Keperawatan Indonesia, 4(2), 122–130. https://doi.org/10.17509/jpki.v4i2.11563
Sudarsana, I. K. (2018). Optimalisasi Penggunaan Teknologi Dalam Implementasi Kurikulum Di Sekolah (Persepektif Teori Konstruktivisme). Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1), 8–15. http://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/cetta/article/view/41
Sutisna, D., Widodo, A., Nursaptini, N., Umar, U., Sobri, M., & Indraswati, D. (2020). An Analysis of the Use of Smartphone in Students’ Interaction at Senior High School. 465(Access 2019), 221–224. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200827.055
Zhang, S., Wang, Z., Zhao, X., & Zhang, M. (2017). Effects of institutional support on innovation and performance: Roles of dysfunctional competition. Industrial Management and Data Systems, 117(1), 50–67. https://doi.org/10.1108/IMDS-10-2015-0408
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 I Wayan Widiana, Made Aryawan Adijaya, I Nyoman Jampel, I Nyoman Tri Esaputra, I Gede Wahyu Suwela Antara

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
