PENDAMPINGAN DAN PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DAN KOMPETENSI LITERASI DIGITAL DI SMP KOTA SINGARAJA
Kata Kunci:
pendidikan karakter, , literasi digital, , guru SMP, , pengabdian masyarakatAbstrak
This Community Service Program was implemented to address two main issues at SMPN 2, SMPN 3, and SMPN 4 Singaraja: the lack of integration of character education and the low level of teachers’ digital literacy skills. Preliminary observations revealed that less than 40% of teachers actively used digital platforms in their teaching, while the integration of character values into classroom practices remained suboptimal. The program was carried out through training, workshops, and continuous mentoring, focusing on enhancing teachers’ understanding of character-based learning strategies and digital literacy competencies. The results indicated a significant improvement in teachers’ knowledge, skills, and confidence, along with stronger support from school leadership to sustain the program. Indirectly, approximately 3,000 students benefited from more meaningful and adaptive learning experiences. This program thus makes an important contribution to improving the quality of education in Singaraja.
Abstrak Indonesia
Program Pengabdian kepada Masyarakat ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengatasi dua permasalahan utama di SMPN 2, SMPN 3, dan SMPN 4 Singaraja, yaitu lemahnya penguatan pendidikan karakter dan rendahnya kompetensi literasi digital guru. Hasil observasi awal menunjukkan bahwa kurang dari 40% guru aktif memanfaatkan platform digital dalam pembelajaran, sementara integrasi nilai karakter ke dalam proses belajar mengajar masih belum optimal. Program dilaksanakan melalui pelatihan, workshop, dan pendampingan berkelanjutan, yang difokuskan pada peningkatan pemahaman guru tentang strategi pembelajaran berbasis karakter dan keterampilan literasi digital. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada aspek pemahaman, keterampilan, dan kepercayaan diri guru, serta dukungan yang lebih kuat dari pihak sekolah untuk keberlanjutan program. Dampak tidak langsung dirasakan oleh siswa melalui pembelajaran yang lebih bermakna dan adaptif. Program ini memberikan kontribusi penting dalam peningkatan kualitas pendidikan di Kota Singaraja.
Referensi
Anggreningsih, K. S., Paramarta, I. K., & Rai, I. B. (2021). Meningkatkan kemampuan membaca teks pembawa acara dengan metode copy the master pada Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Bahasa Bali Undiksha, 8(2), 84–95.
Arsini, Y., Yoana, L., & Prastami, Y. (2023). Peranan guru sebagai model dalam pembentukan karakter peserta didik. MUDABBIR Journal Research and Education Studies, 3(2), 27–35.
Asyha, A. F., Astuti, Y., Nurona, R. R. A., & Diana, N. (2025). Analisis Implementasi Etika Profesi Dan Kode Etik Guru Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik. Jurnal Niara, 18(1), 249–257.
Asykur, M., Zauman, W. O. R., Abdurahman, A., Muliadi, M., & Khair, A. A. (2025). Transformasi Kurikulum Merdeka dalam Pendidikan Agama Islam: Analisis Peluang, Tantangan, dan Strategi Implementatif. Jurnal Al-Qiyam, 6(1), 264–272.
Azzahra, S. (2024). Optimalisasi Pengelolaan Sarana dan Prasarana dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Siswa. Al-Faizi: Jurnal Politik, Hukum Dan Bisnis, 2(2), 152–165.
Damayanti, D. R. A., & Ridwan, A. (2024). Perubahan sosial dan pendidikan dalam peran guru PAI di era digital. Social Studies in Education, 2(2), 123–138.
Eryandi, E. (2023). Integrasi nilai-nilai keislaman dalam pendidikan karakter di era digital. Kaipi: Kumpulan Artikel Ilmiah Pendidikan Islam, 1(1), 12–16.
Farid, A. (2023). Literasi digital sebagai jalan penguatan pendidikan karakter di era Society 5.0. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(3), 580–597.
Hasanah, N., & Mustofa, T. A. (2024). Inovasi kepemimpinan kepala sekolah dalam mengembangkan sekolah unggul di SMP Al-Qolam Gemolong. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(3), 2951–2962.
Joko, M. S. (2025). Kesiapan Guru dalam Mengintegrasikan Pendidikan Karakter dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 1(1), 62–75.
Paramartha, W. E., Dharsana, I. K., & Syah, M. J. (2024). Penguatan Literasi Digital Dan Kesehatan Mental Pada Guru Sekolah Dasar. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 9(1), 1228–1235.
Pebriana, P. H., Rosidah, A., & Nurhaswinda, N. (2025). Peningkatan Literasi Digital Guru untuk Pembelajaran Berbasis Teknologi di Era Digital. Journal Of Human And Education (JAHE), 5(1), 137–148.
Solih, M. J., & Julianto, I. R. (2025). Mengeksplorasi Literasi Digital pada Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Cahaya Edukasi, 3(1), 35–39.
Suryadi, I., Pamungkas, R. W. P., Wahyudi, F. S., & Setiawan, T. (2023). Peran kepemimpinan efektif dalam meningkatkan kualitas manajemen pendidikan. Journal of International Multidisciplinary Research, 1(2).
Wahyudi, I. (2023). Pengaruh kualitas pengajaran guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam di smkn 2 dumai. Jurnal Tafidu, 2(1), 31–41.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 I Ketut Dharsana, Kadek Suranata, Ni Ketut Suarni, Kadek Sintya Dewi, Wayan Eka Paramartha

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
