PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DENGAN TEKNOLOGI MELALUI PENDEKATAN DEEP LEARNING UNTUK PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Luh Indrayani Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Wayan Ayu Santi Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Made Anintia Trisna Sari Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Made Firayanti Pratiwi Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Putu Vivin Indrawati Universitas Pendidikan Ganesha

Kata Kunci:

Pembelajaran Berdiferensiasi

Abstrak

Pendidikan di Sekolah Dasar memiliki peran penting dalam membentuk fondasi pengetahuan dan karakter siswa. Tantangan utama dalam pembelajaran adalah keberagaman kemampuan, gaya belajar, dan minat siswa. Pembelajaran berdiferensiasi menjadi pendekatan strategis dalam hal efektivitas dan efisiensi dalam pembelajaran. Seiring dengan perkembangan teknologi, pendekatan deep learning (pembelajaran mendalam) tidak hanya dikenal dalam dunia kecerdasan buatan, tetapi juga dalam konteks pedagogi: yakni sebagai pendekatan pembelajaran yang mendorong pemahaman yang mendalam, reflektif, dan bermakna. Integrasi teknologi pendidikan berbasis deep learning dapat memperkuat penerapan pembelajaran berdiferensiasi di SD. Hal ini juga diperlukan oleh guru-guru di SD Negeri 1 Padangbulia, SD Negeri 2 Padangbulia dan SD Negeri 3 Padangbulia yang masih membutuhkan bimbingan dalam inovasi pedagogis berbasis teknologi. Sekolah sudah memiliki perangkat teknologi (laptop, proyektor, koneksi internet), namun belum maksimal digunakan untuk strategi pembelajaran berdiferensiasi dan deep learning. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan informasi melalui pelatihan dan pendampingan untuk membuat media pembelajaran berdiferensiasi dengan teknologi melalui pendekatan deep learning sehingga menjadi inovasi praktis dan teoritis dalam mendukung peran guru guna menciptakan pembelajaran yang inklusif, adaptif, dan transformatif. Luaran yang dicapai berupa media pembelajaran berdiferensiasi, meningkatnya budaya kolaboratif untuk mengunakan strategi pembelajaran inovatif. Target berupa publikasi di youtube, mengikuti Senadimas dan artikel prosiding yang dipublish.

Referensi

Altawalbeh, K. (2023). Game-Based Learning: The Impact of Kahoot on a Higher Education Online Classroom. Journal of Educational Technology and Instruction, 2(1), 30–49. https://doi.org/10.70290/jeti.v2i1.13

Amalia, K., Rasyad, I., & Gunawan, A. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi sebagai Inovasi pembelajaran. Journal Of Education And Teaching Learning (JETL), 5(2), 185–193. https://doi.org/10.51178/jetl.v5i2.1351

Andarwati, R., Widodo, G. A., & Darmanto, E. (2024). Implementation of artificial intelligence in the form of canva in the learning process in the digital era. Jurnal Scientia, 13(01), 190–200. http://seaninstitute.org/infor/index.php/pendidikan/article/view/2134%0Ahttps://seaninstitute.org/infor/index.php/pendidikan/article/download/2134/1905

Carstens, K. J., Mallon, J. M., Bataineh, M., & Al-Bataineh, A. (2021). Effects of Technology on Student Learning. TOJET: The Turkish Online Journal of Educational Technology, 20(1), 105–113. https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1290791.pdf

Chantika, H., Hanim, W., & Hasanah, U. (2024). Teori Pembelajaran Berdiferensiasi Dan Pengaruhnya Dalam Mengidentifikasi Gaya Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3 SE-Articles), 13896–13907. https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/12041

Elsa, E., & Anwar, K. (2021). The Perception of Using Technology Canva Application as a Media for English Teacher Creating Media Virtual Teaching and English Learning in Loei Thailand. Journal of English Teaching, Literature, and Applied Linguistics, 5(1), 62. https://doi.org/10.30587/jetlal.v5i1.2253

Gao, Y. (2025). Deep learning-based strategies for evaluating and enhancing university teaching quality. Computers and Education: Artificial Intelligence, 8.

Haleem, A., Javaid, M., Qadri, M. A., & Suman, R. (2022). Understanding the role of digital technologies in education: A review. Sustainable Operations and Computers, 3(May), 275–285. https://doi.org/10.1016/j.susoc.2022.05.004

Motimona, P. D., & Maryatun, I. B. (2023). Implementasi Metode Pembelajaran STEAM pada Kurikulum Merdeka pada PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 6493–6504. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.4682

Putra, O. P., Suseno, M., & Setiadi, S. (2022). The Student’s Point of View Toward the Use of Kahoot! As the Tools of Learning English. PROJECT (Professional Journal of English Education), 5(1), 143–148. https://www.journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/project/article/view/8909

R. Raja, P. C. N. (2021). Impact of Modern Technology. HF Communications, 3, 165–182. https://doi.org/10.1201/b12574-14

Rahmatika, R., Yusuf, M., & Agung, L. (2021). The Effectiveness of Youtube as an Online Learning Media. Journal of Education Technology, 5(1), 152. https://doi.org/10.23887/jet.v5i1.33628

Sari, N., Alfiandra, A., & Erlande, R. (2023). Application of Differentiated Learning in View of Content and Process Aspects to Grade 7 Middle School Students. JETISH: Journal of Education Technology Information Social Sciences and Health, 2(2), 795–801. https://doi.org/10.57235/jetish.v2i2.897

Suwarni, S., Lubna, L., Aimang, H. A., Cakranegara, P. A., & Pratama, D. (2023). Quizizz Gamification of Student Learning Attention and Motivation. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 15(2), 1369–1376. https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i2.3215

Tomlinson, C. A. (2021). How to differentiate instruction in mixed-ability classrooms (2nd ed.). Association for Supervision and Curriculum Development (ASCD).

Wibawa, A. P., Dwiyanto, F. A., & Utama, A. B. P. (2022). Deep learning in education: a bibliometric analysis. Bulletin of Social Informatics Theory and Application, 6(2), 151–157. https://doi.org/10.31763/businta.v6i2.596

Yong Cao, Y. S. (20124). The Research on the Application of Deep Learning in Education. Presentation, 2(3), 4–11.

Unduhan

Diterbitkan

31-10-2025