EFEKTIVITAS PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MENDALAM DI SEKOLAH DASAR
Kata Kunci:
efektivitas, pelatihan dan pendampingan, pembelajaran mendalamAbstrak
Kebutuhan kompetensi masa depan berusaha difasilitasi pemerintah dengan kebijakan penerapan pendekatan pembelajaran mendalam di satuan pendidikan seluruh Indonesia. Namun demikian, ternyata banyak guru sekolah dasar (SD) yang belum memahami pendekatan pembelajaran mendalam teresebut. Untuk itu, dilakukan pengabdian kepada Masyarakat dengan tujuan guru dapat memahami pendekatan pembelajaran mendalam melalui kegiatan pelatihan dan pendampingan. Kegiatan pelatihan dan pendampingan dilaksanakan dengan pola in di tempat pelatihan dan on di sekolah masing-masing. Melibatkan 20 orang guru SD dari 5 sekolah dasar yaitu, SD N 3 dan 5 Banjar Jawa (Gugus Banjar Jawa), SD N 1, 2, dan 3 Banjar Tegal (Gugus Banjar Tegal). Data dikumpulkan melalui pengamatan langsung saat pelatihan dan guru mengajar, tes pemahaman secara online, dan produk kerja guru dalam membuat rencana pembelajaran dan asesmen. Hasilnya menunjukkan: (1) pelatihan dan pendampingan berjalan lancar dengan partisipasi aktif peserta pelatihan, (2) terjadi peningkatan kompetensi peserta dalam merancang pembelajaran mendalam yang terlihat dari peningkatan rerata skor dari 62 sebelum pelatihan menjadi 83 setelah pelatihan, (3) terjadi peningkatan kompetensi peserta dalam merancang asesmen pembelajaran mendalam dari peningkatan rerata skor 58 sebelum pelatihan menjadi 80, dan (4) 85% guru mampu mengimplementasikan pembelajaran mendalam dengan baik di kelasnya. Direkomendasikan kepada Kepala sekolah agar secara rutin memberikan pelatihan dn pendampingan, guru agar secara aktif terus melakukan praktik pembelajaran mendalam di kelasnya dan menemukan praktik-praktik baik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran secara efektif
Referensi
Anwar, M. (2017). Pembelajaran Mendalam untuk Membentuk Karakter Siswa sebagai Pembelajar. Tadris: Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah 02 (2), 97-104. doi:10.24042/tadris.v2i2.1559
Atmojo, I., Muzzazinah, Ekawati, E., Triastuti, R., Isnantyo, F., Sukarno, & Ramadian, R. (2025). Pelatihan Implementasi Pendekatan Pembelajaran Deep Learning untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru SD di Kota Surakarta. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 123-131.
Elizar, & Tanjung, H. (2018). Pengaruh Pelatihan, Kompetensi, Lingkungan Kerja terhadap Kinerja. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 46-58. doi:https://doi.org/10.30596/maneggio.v1i1.2239
Fitriyani, & Novalia, R. (2024). Meningkatkan Kualitas Pembelajaran: Peran Strategis Pelatihan Guru. Jurnal Pendidikan Vokasi dan Seni, 13-24.
Irhamah, Asdar, & Madjid, S. (2024). Kolaborasi Guru Dan Orang Tua Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Membaca Siswa SD Di Kompleks Bayang Kota Makassar. BJE5(1), 97-102. doi:10.35965/bje.v5i1.5413
Ismail. (2014). Konsep Pendidikan KH. Ahmad Dahlan (Studi Tentang Filosofi Pendidikan, Tujuan Pendidikan, Model Pendidikan, dan Pembaharuan Pendidikan). AL-QALAM Jurnal Kajian Islam & Pendidikan Volume 6 Nomor 1, 65-73. doi:https://doi.org/10.47435/al-qalam.v6i1.118
Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah Republik Indonesia. (2025). Naskah Akademik Pembelajaran Mendalam. Jakarta: Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah Republik Indonesia.
Lestari, S. (2024). Pengaruh Refleksi Diri dalam Mengembangkan kompetensi Profesional Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Tematik, 299-304.
Mufit, M. (2020). Faktor yang Mempengaruhi dan Cara Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMK Kompetensi Keahlian TITL. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. Volume 09 Nomor 02, 411-418.
Nugroho, G. (2023). Filosofi Pendidikan Ki Hadjar Dewantara Basis Dalam Merdeka Belajar Untuk Mencetak Manusia Indonesia Berkarakter. Jurnal Psikoedukasi Vol. 21 Issue 1, 28-40. doi:10.25170/psikoedukasi.v21i1.4374
Prayogi, M., & Nursidin, M. (2018). Pengaruh Pelatihan dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Prosiding Seminar Nasional Multidisiplin Ilmu Universitas Asahan 2018, 216-222.
Putra, H., & Nasrullah, A. (2017). Implementasi Pendekatan Pembelajaran Aktif , Kreatif, Efektif dan Menyenangkan Ditinjau dari Hasil Belajar. Union: Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 5 No 02, 129-140. doi:https://doi.org/10.30738/.v5i2.1073
Putrie, C. (2021). Pengaruh Regulasi Diri Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran IPS. Research and Development Journal Of Education Vol. 7, No. 1, 136-145. doi:http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v7i1.8105
Rahmah, N. (2013). Belajar Bermakna Ausubel. Al-Khwarizmi, Vol.I, 43-48. doi:https://doi.org/10.24256/jpmipa.v1i1.54
Suastra, I., Sanjaya, D., Sarini, P., & Supriadi, I. (2024). Pelatihan dan Pendampingan Implementasi Kurikulum Merdeka Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran SD di Banjar Jawa Buleleng. Proceeding Senadimas (pp. 992-1000). Singaraja: Undiksha.
Atmojo, I., Muzzazinah, Ekawati, E., Triastuti, R., Isnantyo, F., Sukarno, & Ramadian, R. (2025). Pelatihan Implementasi Pendekatan Pembelajaran Deep Learning untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru SD di Kota Surakarta. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 123-131.
Elizar, & Tanjung, H. (2018). Pengaruh Pelatihan, Kompetensi, Lingkungan Kerja terhadap Kinerja. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 46-58. doi:https://doi.org/10.30596/maneggio.v1i1.2239
Fitriyani, & Novalia, R. (2024). Meningkatkan Kualitas Pembelajaran: Peran Strategis Pelatihan Guru. Jurnal Pendidikan Vokasi dan Seni, 13-24.
Prayogi, M., & Nursidin, M. (2018). Pengaruh Pelatihan dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Prosiding Seminar Nasional Multidisiplin Ilmu Universitas Asahan 2018, 216-222.
Subroto, S. (2018). Pengaruh Pelatihan dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan. OPTIMAL : Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan, 18-33.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 I Wayan Suastra, Dewa Bagus Sanjaya, Ida Bagus Putu Arnyana, Putu Hervina Sanjayanti, Nyoman Teja Adiastra, I Gede Indra Supriadi

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
