PELATIHAN PERBAIKAN MODUL INVERTER KULKAS LG BAGI SISWA KELAS XI TEKNIK ELEKTRONIKA SMKN 3 SINGARAJA

Penulis

  • I Wayan Sutaya Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ketut Udy Ariawan
  • I Gede Ratnaya Univeristas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Nurhayata Univeristas Pendidikan Ganesha
  • I P Suka Arsa Univeristas Pendidikan Ganesha

Kata Kunci:

Pengabdian Kepada Masyarakat, , Inverter Kulkas LG, , Siswa SMK, , Perbaikan Modul

Abstrak

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) di SMKN 3 Singaraja dilaksanakan untuk meningkatkan kompetensi siswa kelas XI Jurusan Teknik Elektronika melalui pelatihan perbaikan modul inverter kulkas LG dengan melibatkan mahasiswa sebagai instruktur. Program ini dirancang melalui beberapa tahapan, yaitu perencanaan, penyusunan materi, pelaksanaan, dan evaluasi, sehingga pelatihan berlangsung sistematis dan terukur. Materi yang diberikan mencakup pemahaman prinsip kerja inverter, pengenalan komponen utama, identifikasi berbagai kerusakan yang umum terjadi, serta teknik perbaikan dan pengujian hasil perbaikan. Pelaksanaan kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan dalam keterampilan siswa, terutama pada kemampuan mendiagnosis masalah dan melakukan tindakan perbaikan yang tepat. Selain memberikan manfaat langsung bagi siswa dalam memperdalam keahlian praktis, kegiatan ini juga memperkuat peran perguruan tinggi dalam menjalankan Tri Dharma melalui transfer pengetahuan dari mahasiswa kepada masyarakat sekolah. Keberhasilan program tercermin dari kemampuan siswa dalam menguasai teori sekaligus praktik, yang menjadi modal penting untuk kesiapan mereka menghadapi tuntutan dunia kerja di bidang elektronika. Kegiatan PkM ini diharapkan dapat dilakukan secara berkelanjutan agar memberikan dampak positif yang lebih luas, baik bagi pengembangan keterampilan siswa maupun bagi kebutuhan industri rumah tangga yang terus berkembang.

Referensi

J. M. Belman-Flores, D. Hernández-Fusilier, J. J. García-Pabón, and D. A. Rodríguez-Valderrama, “Intelligent Control Based on Usage Habits in a Domestic Refrigerator with Variable Speed Compressor for Energy-Saving,” Clean Technol., vol. 6, no. 2, pp. 528–550, 2024, doi: 10.3390/cleantechnol6020028.

R. W. Chang, D. Y. Liu, S. G. Chen, and N. Y. Wu, “The Components and Control Methods for Implementation of Inverter-Controlled Refrigerators/Freezers,” Int. Refrig. Air Cond., p. R002.1-8, 2004.

R. Ossorio and E. Navarro-Peris, “Testing of Variable-Speed Scroll Compressors and their inverters for the evaluation of compact energy consumption models,” Appl. Therm. Eng., vol. 230, no. May, 2023, doi: 10.1016/j.applthermaleng.2023.120725.

G. Majumdar, M. Fukunaga, and T. Ise, “Trends of intelligent power module,” IEEJ Trans. Electr. Electron. Eng., vol. 2, no. 2, pp. 143–153, 2007, doi: 10.1002/tee.20120.

G. Kim and J. Nam, “G LOBAL J OURNAL OF E NGINEERING S CIENCE AND R ESEARCHES,” vol. 2, no. October, pp. 113–119, 2015.

M. Mahbubur Rashid and A. Islam, “Design and implementation of a fuzzy logic based controller for refrigerating systems,” Int. Conf. Comput. Commun. Eng. ICCCE’10, no. August, 2010, doi: 10.1109/ICCCE.2010.5556848.

M. A. Hamid et al., “Lesson learned from vocational training center as a school-to-work transition program in Indonesia,” Int. J. Eval. Res. Educ., vol. 14, no. 2, pp. 1310–1322, 2025, doi: 10.11591/ijere.v14i2.31142.

C. M. Kpabep and U. C. Festus, “Development of Module for Practical Skills Delivery in Refrigeration and Air-Conditioning Leak Detection for Vocational and Technical Education Schools,” Int. J. Vocat. Tech. Educ. Res., vol. 5, no. 4, pp. 44–55, 2019, [Online]. Available: www.eajournals.org.

N. Marlena, F. D. Patrikha, and R. Dwijayanti, “Electronic Modules in an Indonesian Higher Education: Conceptualisation, Development and Application,” AL-ISHLAH J. Pendidik., vol. 14, no. 3, pp. 3943–3954, 2022, doi: 10.35445/alishlah.v14i3.1473.

Unduhan

Diterbitkan

31-10-2025