EDUKASI TENTANG ASI EKSKLUSIF PADA IBU HAMIL DAN KELUARGA BERBASIS TEORI PERUBAHAN PERILAKU DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SUKASADA I
Kata Kunci:
ASI eksklusif, , edukasi kesehatan, , ibu hamilAbstrak
Cakupan ASI eksklusif di Puskesmas Sukasada I tahun 2024 hanya 58,3%, jauh dari target nasional 80% karena kurangnya pengetahuan ibu dan dukungan keluarga. PKM ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, sikap, dan efikasi diri ibu hamil terhadap ASI eksklusif melalui pendekatan berbasis teori perubahan perilaku. Program edukasi dilaksanakan pada bulan juni-Agustus 2025 kepada 20 ibu hamil trimester 2-3 beserta keluarga melalui Focus Group Discussion dan komunikasi antarpribadi dengan melibatkan interprofesi tenaga kesehatan. Hasil kegiatan: Pre-test menunjukkan 60% ibu berpengetahuan kurang dan 50% belum memutuskan ASI eksklusif. Post-test menunjukkan peningkatan signifikan: 90% menjawab benar tentang ASI eksklusif dan 100% ibu-suami memutuskan memberikan ASI eksklusif. Jadi program edukasi berbasis TPB-SCT efektif meningkatkan pengetahuan, sikap, dan niat ibu hamil dalam pemberian ASI eksklusif. Pendekatan terintegrasi ini dapat direplikasi di puskesmas lainnya.
Kata kunci: ASI eksklusif, edukasi kesehatan, ibu hamil
Referensi
Ajzen, I. (1991). The theory of planned behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50(2), 179-211.
Bandura, A. (1977). Social Learning Theory. Englewood Cliffs, NJ: Prentice Hall.
Bronfenbrenner, U. (1979). The Ecology of Human Development. Cambridge, MA: Harvard University Press.
Davis, R., et al. (2019). Multi-modal health education: Effectiveness in maternal health literacy. Health Education Research, 34(4), 378-389.
Johnson, L., & Brown, M. (2021). Partner support and exclusive breastfeeding success: A longitudinal study. Maternal & Child Nutrition, 17(3), e13142.
Kementerian Kesehatan RI. (2020). Rencana Strategis Kementerian Kesehatan 2020-2024. Jakarta: Kemenkes RI.
Smith, A., et al. (2020). Interprofessional education in maternal health: A systematic review. Journal of Interprofessional Care, 34(2), 145-156.
Victora, C. G., (2016). Breastfeeding in the 21st century: epidemiology, mechanisms, and lifelong effect. The Lancet, 387(10017), 475-490.
WHO & UNICEF. (2018). Implementation guidance: protecting, promoting and supporting breastfeeding in facilities providing maternity and newborn services – the revised Baby-friendly Hospital Initiative. World Health Organization.
Wood, N. K (2016). Interventions that enhance breastfeeding initiation, duration, and exclusivity: a systematic review. MCN: The American Journal of Maternal/Child Nursing, 41(5), 299-307.
Zhang, Z., Zhu, Y., Zhang, L., & Wan, H. (2018). What factors influence exclusive breastfeeding based on the theory of planned behaviour. Midwifery, 62, 177-182.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Luh Mertasari, Dyah Surya Adnyani, Sugihartin Sugihartin, Dewi Tarini

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
