PELATIHAN STRATEGI PEMBELAJARAN INOVATIF BERBASIS TEKNOLOGI UNTUK MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL GURU SMP
Kata Kunci:
pembelajaran inovatif, , literasi digital, , teknologi pendidikanAbstrak
Perkembangan teknologi digital menuntut guru untuk mampu merancang pembelajaran yang interaktif, efektif, dan relevan dengan kebutuhan peserta didik. Namun, hasil observasi di SMP PGRI 2 Buleleng menunjukkan bahwa sebagian besar guru masih mengalami keterbatasan dalam memanfaatkan teknologi secara optimal, sehingga berdampak pada rendahnya literasi digital dan kurang aktifnya peserta didik dalam proses pembelajaran. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan literasi guru melalui pelatihan strategi pembelajaran inovatif berbasis teknologi. Metode yang digunakan adalah workshop, pendampingan, serta praktik langsung dengan memanfaatkan aplikasi pembelajaran digital. Hasil pelaksanaan menunjukkan adanya peningkatan pemahaman guru mengenai strategi pembelajaran inovatif, kemampuan mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran, serta terciptanya suasana belajar yang lebih aktif dan partisipatif. Dengan demikian, pelatihan ini berkontribusi dalam meningkatkan literasi digital guru sekaligus mendukung terciptanya pembelajaran yang berpusat pada peserta didik.Referensi
Amelia, H. S. (2025). Strategi Pembelajaran Inovatif untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa. 3(1), 654–663.
Dany, A., Rifan, H., & Suryandari, M. (2024). Peran Media Pembelajaran dalam Konteks Pendidikan Modern. Cendekia Pendidikan, 4(1), 91–100. https://doi.org/10.9644/sindoro.v4i1.2933
Judijanto, L. (2024). Analisis Pengaruh Tingkat Literasi Digital Guru dan Siswa terhadap Kualitas Pembelajaran di Era Digital di Indonesia. Sanskara Pendidikan Dan Pengajaran, 2(02), 50–60. https://doi.org/10.58812/spp.v2i02.391
Khoerunnisa, A. S., Suharna, A., Sholehah, A. F., & Nuraeni, A. (2024). Pendidikan Bermakna : Solusi Kejenuhan dalam Kegiatan Pembelajaran. 4, 4448–4461.
Ng, W. (2012). Can we teach digital natives digital literacy? Computers and Education, 59(3), 1065–1078. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2012.04.016
Rahmania, R., & Hudri, M. (2024). Meningkatkan Keterlibatan Siswa melalui Teknologi Pendidikan : Tinjauan Sistematis. 4, 1–13.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Ina Yuliana, Ajeng Purnama Heny, Ni Luh Putu Mery Marlinda, Putu Widiarini, Yuliastuti

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
