PELATIHAN STRATEGI PEMBELAJARAN INOVATIF BERBASIS TEKNOLOGI UNTUK MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL GURU SMP

Penulis

  • Ina Yuliana Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ajeng Purnama Heny Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Luh Putu Mery Marlinda Universitas Pendidikan Ganesha
  • Putu Widiarini Universitas Pendidikan Ganesha
  • Yuliastuti Universitas Pendidikan Ganesha

Kata Kunci:

pembelajaran inovatif, , literasi digital, , teknologi pendidikan

Abstrak

Perkembangan teknologi digital menuntut guru untuk mampu merancang pembelajaran yang interaktif, efektif, dan relevan dengan kebutuhan peserta didik. Namun, hasil observasi di SMP PGRI 2 Buleleng menunjukkan bahwa sebagian besar guru masih mengalami keterbatasan dalam memanfaatkan teknologi secara optimal, sehingga berdampak pada rendahnya literasi digital dan kurang aktifnya peserta didik dalam proses pembelajaran. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan literasi guru melalui pelatihan strategi pembelajaran inovatif berbasis teknologi. Metode yang digunakan adalah workshop, pendampingan, serta praktik langsung dengan memanfaatkan aplikasi pembelajaran digital. Hasil pelaksanaan menunjukkan adanya peningkatan pemahaman guru mengenai strategi pembelajaran inovatif, kemampuan mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran, serta terciptanya suasana belajar yang lebih aktif dan partisipatif. Dengan demikian, pelatihan ini berkontribusi dalam meningkatkan literasi digital guru sekaligus mendukung terciptanya pembelajaran yang berpusat pada peserta didik.

Referensi

Amelia, H. S. (2025). Strategi Pembelajaran Inovatif untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa. 3(1), 654–663.

Dany, A., Rifan, H., & Suryandari, M. (2024). Peran Media Pembelajaran dalam Konteks Pendidikan Modern. Cendekia Pendidikan, 4(1), 91–100. https://doi.org/10.9644/sindoro.v4i1.2933

Judijanto, L. (2024). Analisis Pengaruh Tingkat Literasi Digital Guru dan Siswa terhadap Kualitas Pembelajaran di Era Digital di Indonesia. Sanskara Pendidikan Dan Pengajaran, 2(02), 50–60. https://doi.org/10.58812/spp.v2i02.391

Khoerunnisa, A. S., Suharna, A., Sholehah, A. F., & Nuraeni, A. (2024). Pendidikan Bermakna : Solusi Kejenuhan dalam Kegiatan Pembelajaran. 4, 4448–4461.

Ng, W. (2012). Can we teach digital natives digital literacy? Computers and Education, 59(3), 1065–1078. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2012.04.016

Rahmania, R., & Hudri, M. (2024). Meningkatkan Keterlibatan Siswa melalui Teknologi Pendidikan : Tinjauan Sistematis. 4, 1–13.

Unduhan

Diterbitkan

31-10-2025