PELATIHAN SEGMENTASI DAN TARGETING PASAR KWT PAWITRENA SATYA LAKSMI DALAM MENDUKUNG PROGRAM EKONOMI HIJAU BERKELANJUTAN
Kata Kunci:
segmentasi, , targeting pasarAbstrak
Kelompok Wanita Tani (KWT) sebagai pelaku usaha atau pelaku bisnis yang berbasis pada ekonomi
kerakyatan dengan mengolah hasil produksi pertanian menjadi produk olahan tentunya sangat tepat dalam
menambah nilai jual dan nilai estetika bagi produk pertanian. Dalam meningkatkan daya saing produk pertanian
menuju ekonomi hijau yang berkelanjutan, banyak aspek terkait yang harus diperhatikan untuk bisa membedakan
produk agribisnis dengan produk sektor lain. Hal utama yang harus dilakukan agar nantinya produk KWT
Pawitrena Satya Laksmi dapat tepat sasaran adalah dengan melakukan kegiatan segmentasi dan targeting pasar
sehingga strategi pemasaran selanjutnya dapat berjalan secara efektif serta efisien. Metode kegiatan Pelatihan
Segmentasi dan Targeting Pasar KWT Pawitrena Satya Laksmi dalam mendukung Program Ekonomi Hijau yang
Berkelanjutan ini menggunakan pemecahan permasalahan yang sudah diidentifikasi. Evaluasi pelaksanaan
kegiatan ini dilakukan dua kali yaitu evaluasi sebelum dan sesudah dilaksanakannya pelatihan serta pendampingan.
Berdasarkan hasil evaluasi setelah pelaksanaan dapat diketahui seluruh anggota KWT Pawitrena Satla Laksmi
sudah mampu untuk melakukan segmentasi dan targeting pasar sasaran dengan baik, sehingga kegiatan pelatihan
dapat dinyatakan berhasil.
Referensi
Assauri S. (2014) Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Press.
David FR. (1998). Concept of Strategic Management. 7th ed. New Jersey: Prentice Hall; 1998.
Daryanto. (2011). Manajemen Pemasaran. Bandung: PT Sarana Tutorial Nurani.
Indrawati A, Barus I, Solihin D, Nurqmarani A. (2020). Peningkatan Motivasi Kewirausahaan dan Kemandirian melalui Pelatihan Segmentasi Pasar. ABDIMAS Mahakam J. 4(1).
Komalasari Y, Dewi S, Sulastriningsih R, Firmasnyah R, Mauliana P, Hunaifi N, et al. (2022) Pelatihan Segmentasi Pemasaran Digital Pasca Pandemi Covid-19 di Tjendana Food Point. Inform J Pengabdi Masy. 3(2).
Kotler P, Amstrong G. Prinsip-Prinsip Pemasaran. (2008). 12th ed. Jakarta: erlangga.
Setiadi NJ. (2010). Perilaku Konsumen: Perspektif Kontemporer Pada Motif, Tujuan dan Keinginan Konsumen. Jakarta: Prenada Media Group.
Sudaryono. (2026). Manajemen Pemasaran Teori dan Implementasi. Yogyakarta: Andi Offset.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Komang Endrawan Sumadi Putra, Gede Ari Yudasmara, Gede Putu Agus Jana Susila, Made Putri Ariasih, I Wayan Suwendra

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
