PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN GURU DALAM PENYUSUNAN E-LKPD BERBASIS CASE STUDY DI SD NEGERI 2 BATUAGUNG
Kata Kunci:
pelatihan, pendampingan, E-LKPD, case studyAbstrak
Kurikulum Merdeka dan tuntutan pembelajaran abad ke-21 menekankan pentingnya bahan ajar digital yang adaptif, kontekstual, dan bermuatan karakter. E-LKPD berbasis case study dalam konteks kurikulum merdeka dapat menjadi salah satu cara untuk meningkatkan kompetensi guru dalam merancang bahan ajar digital yang memadukan aspek kognitif dan afektif. Apabila E-LKPD berbasis case study dirancang dengan baik, ini dapat membantu siswa untuk memperkuat kemampuan berpikir kritis, kolaborasi, dan internalisasi nilai karakter siswa melalui kasus-kasus kontekstual. Dampak jangka panjang dari program ini adalah terwujudnya pembelajaran yang lebih interaktif, berkarakter, dan sesuai dengan tuntutan era digital, sekaligus mendukung kebijakan Merdeka Belajar. Pelaksanaan kegiatan pelatihan kepada guru-guru SD di SD Negeri 2 Batuagung sebagai upaya penerapan IPTEKS dalam program pengabdian masyarakat ini meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru dalam menyusun E-LKPD berbasis case study sesuai dengan mata pelajaran yang diampu. Tingkat keberhasilan diukur melalui beberapa pertanyaan berupa kuisioner yang diberikan kepada peserta pelatihan. Dari hasil delapan pertanyaan, 7 pertanyaan atau 87,5% pertanyaan dapat dijawab benar oleh peserta. Hasil keseluruhan menunjukkan bahwa hasil pelatihan dan pendampingan dapat dikatakan berhasil karena nilai keterampilan peserta di atas 80 dengan rata-rata 87,67. Nilai rata-rata 87,67 merupakan nilai yang sangat baik dan bisa ditarik kesimpulan bahwa Pelatihan dan Pendampingan Guru dalam Penyusunan E-LKPD berbasis case study untuk menunjang pembelajaran di SD SD Negeri 2 Batuagung pelaksanaannya sudah sangat baik dan berjalan lancar.Referensi
Aruzi, M. R. A., Widhi, R. N., & Marini, A. (2022). Penguatan pendidikan karakter berbasis teknologi informasi untuk membentuk karakter siswa. Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora, 2(2), 425-436. https://doi.org/10.53625/jpdsh.v2i2.4288
Belinda, L. N., & Halimah, L. (2023). Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 10(1), 8-17. https://journal.uniku.ac.id/index.php/pedagogi/article/view/7201
Hendriani, M., & Gusteti, M. U. (2021). Validitas LKPD Elektronik Berbasis Masalah Terintegrasi Nilai Karakter Percaya Diri Untuk Keterampilan Pemecahan Masalah Matematika SD Di Era Digital. Jurnal Basicedu, 5(4), 2430-2439. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1243
Hidayah, A. N., Winingsih, P. H., Amalia, A. F., & Fisika, D. (2020). Development of physics e-LKPD (electronic worksheets) using 3d pageflip based on problem based learning on balancing and rotation dynamics. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika-COMPTON, 7(2), 36-43. http://dx.doi.org/10.17977/um033v5i2p91-96
Septiani, W., & Amir, A. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Pada Materi Teks Negosiasi Siswa Kelas X SMAN 1 Sarolangun. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Bahasa (Simpati), 1(1), 80-92. https://doi.org/10.59024/simpati.v1i1.68
Suryaningsih, S., & Nurlita, R. (2021). Pentingnya Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Inovatif Dalam Proses Pembelajaran Abad 21 Info Artikel. Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi), 2(7), 1256–1268. DOI: 10.36418/japendi.v2i7.233
Usman, H., Nurhasanah, N., & Wulandari, Y. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik Berbasis Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Sekolah. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2), 3120–3128. https://journal.upy.ac.id/index.php/pkn/article/view/3240
Wahyuni, K.S.P., Candiasa, I.M., & Wibawa, I.M.C. (2021). Pengembangan E-LKPD Berbasis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Mata Pelajaran Tematik Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(2), 201-311. https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v5i2.476
Zahroh, D.A. (2021). Pengembangan E-LKPD Berbasis Literasi Sains Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Pertumbuhan Dan Perkembangan. Jurnal Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 10(3), 605-616. https://doi.org/10.26740/bioedu.v10n3.p605-616
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Ni Luh Putu Agetania, I Gusti Agung Ayu Wulandari, A.A.A. Dewi Sutyaningsih, Ni Luh Putu Mery Marlinda

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
