SOKO GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN: PELATIHAN PEER FACILITATOR PEMBIASAAN PERILAKU BERBASIS NILAI-NILAI PANCASILA DAN WAWASAN KEBANGSAAN
Kata Kunci:
peer facilitator, civic education, Pancasila values, behavior habituationAbstrak
Program Soko Guru Pendidikan Kewarganegaraan: Pelatihan Fasilitator Sebaya di SMP Negeri 1 Singaraja
dilaksanakan untuk menumbuhkan penerimaan dan pembiasaan perilaku berbasis nilai-nilai Pancasila serta
wawasan kebangsaan pada siswa. Permasalahan yang mendasari program ini adalah pemahaman PKn yang masih
berfokus pada aspek kognitif sehingga kurang menyentuh dimensi afektif dan praksis. Metode pelaksanaan
dilakukan melalui empat fase, yaitu pelatihan fasilitator, pendampingan konseptual dan implementatif,
pengembangan program mandiri, serta evaluasi dan tindak lanjut. Subjek program adalah 32 siswa OSIS yang
dilatih sebagai fasilitator sebaya untuk menjadi teladan pembiasaan nilai-nilai Pancasila. Hasil evaluasi
menunjukkan bahwa mayoritas siswa berada pada kategori baik hingga sangat baik dalam aspek pemahaman,
penerimaan, dan pembiasaan perilaku Pancasilais. Simpulan penelitian ini adalah program terbukti efektif
membentuk siswa yang religius, humanis, nasionalis, demokratis, adil, mandiri, dan kreatif, meskipun masih
diperlukan penguatan pada aspek bernalar kritis dan kesadaran global
Referensi
Budiarta, I., & Adhi Utami, A. A. (2021). Undiksha Students’ Level of Understanding about the Civic Education in Implementation the Socio-Pedagogical, Socio-Academic, and Socio-Cultural Missions in to Create Smart and Good Citizenships. https://doi.org/10.4108/eai.10-11-2020.2303370
Dewantara, J. A., Suhendar, I. F., Rosyid, R., & Atmaja, T. S. (2019). Pancasila as Ideology and Characteristics Civic Education in Indonesia. International Journal for Educational and Vocational Studies, 1(5). https://doi.org/10.29103/ijevs.v1i5.1617
Kaelan. (2002). Pendidikan Pancasila. Paradigma.
Latif, Y. (2011). Negara Paripurna : Historisitas, Rasionalitas, dan Aktualitas Pancasila (Gramedia P). Jakarta : Gramedia Pustaka Umum, 2011.
Lukito, W. S., Permana, A., & Prasetyo, A. (2022). Pancasila and the Recontextualization of Indonesia’s State Identity: International Relations Approach. Pancasila: Jurnal Keindonesiaan, 2(2), 179–195. https://doi.org/10.52738/pjk.v2i2.122
Munasib, M., Muhammad Taufiq, & Rifki Ahda Sumantri. (2023). The Urgency of Civic Education in the Nation Character Building. COMPETITIVE: Journal of Education, 2(3), 169–177. https://doi.org/10.58355/competitive.v2i3.46
Pertiwi, H., Putri, S. H., Salwa, D. N., & Ariandini, C. (2024). PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI BANGSA INDONESIA SERTA 2 . Bagaimanakah perkembangan ideologi Pancasila pada masa Orde Lama ? Seminar Nasional HUBISINTEK - Keberlanjutan Bisnis Dalam Transformasi Teknologi Era Society 5.0, 360–373. https://www.ojs.udb.ac.id/index.php/HUBISINTEK/article/view/3503/2445
Sukadi, S., & Budiarta, I. (2024). I, We, The People Of Indonesia are Pancasila (A Study of Human Philosophy on the Basis of Unity in Diversity). Proceedings of the 6th International Conference on Law, Social Sciences and Education, ICLSSE 2024, 17 October 2024, Singaraja, Bali, Indonesia. https://doi.org/10.4108/eai.17-10-2024.2353747
Sukadi, Sanjaya, D. B., & Kertih, I. W. (2009). BELAJAR DAN PEMBELAJARAN PKN SD SEBAGAI YADNYA DALAM RANGKA PERWUJUDAN DHARMA AGAMA DAN DHARMA NEGARA BERBASIS KONSTRUKTIVISME. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, Vol 42, No. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jppundiksha.v42i3%20Okt.1757
Utami, F. N., Usmayanti, V., Fahdillah, Y., Yossinomita, Y., Pasaribu, J. P. K., & Kartika, Y. D. (2023). Theory of Reasoned Action : Purchasing Behavior of Batik Jambi. JPPM (Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat), 10(2), 181–191. https://doi.org/10.21831/jppm.v10i2.64128
Winataputra, U. S. (2001). Jati diri Pendidikan Kewarganegaraan sebagai Wahana Sistemik Pendidikan Demokrasi (Suatu Kajian Konseptual dalam Konteks Pendidikan IPS). (Disertasi). Universitas Pendidikan Indonesia.
Winataputra, U. S. (2016). Posisi Akademik Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dan Muatan/Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) dalam Konteks Sistem Pendidikan Nasional. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 1(1), 15–36. http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JMK/article/view/1184
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 I Wayan Budiarta, A.A. Istri Dewi Adhi Utami, Ni Nyoman Asri Sidaryanti , I Wayan Landrawan, Putu Windu Mertha Sujana

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
