PELATIHAN STORYTELLING BAGI SISWA SMP DI DESA WISATA KALIBUKBUK UNTUK MENDUKUNG STORYNOMICS TOURISM
Kata Kunci:
Kalibukbuk, Storytelling, Storynomics Tourism, Cerita RakyatAbstrak
Tujuan dari kegiatan pelatihan dan pendampingan mendongeng berbahasa Inggris bagi siswa SMP di desa wisata Kalibukbuk ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berkomunikasi dalam bahasa Inggris siswa melalui pelatihan mendongeng, menumbuhkan kepercayaan diri dan kreativitas siswa dalam menampilkan cerita lokal kepada penonton, mendorong pelestarian budaya lokal melalui kegiatan edukatif berbasis cerita, dan meningkatkan partisipasi siswa dalam kegiatan pariwisata berbasis cerita (storynomics tourism). Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah metode ceramah, demonstrasi, tanya jawab dan diskusi, dan penugasan (project). Adapun peserta pelatihan dan pendampingan ini berjumlah 31 orang siswa. Pelatihan dan pendampingan diberikan selama tiga kali pertemuan dan dilakukan secara luring dan daring. Hasil kegiatan ini berjalan sangat baik untuk aspek program dan aspek proses, dan untuk aspek hasil dalam kategori baik, yang diperoleh dari skor video storytelling siswa dengan menggunakan rubrik penilaian.
Referensi
Arianti, K., Marsiti, C. I. R., & Suriani, N. M. (2019). Kajian Potensi Objek Wisata Budaya Di Kawasan Wisata Lovina. Jurnal BOSAPARIS: Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, 9(1), 22. https://doi.org/10.23887/jjpkk.v9i1.22117
Arini, N. N., Putra, I. N. S. A., & Putri, I. A. K. (2024). Storynomics tourism: Promosi Daya Tarik Wisata di Kawasan Wae Bobok Kabupaten Menggarai Barat Melalui Tradisi Lisan. Pariwisata Budaya: Jurnal Ilmiah Agama Dan Budaya, 9(1), 10–19. https://doi.org/10.25078/pariwisata.v9i1.3536
Artanegara. (2019). Candi Kalibukbuk. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Kebudayaan. https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbbali/candi-kalibukbuk/
Desa Kalibukbuk. (2022). Sosialisasi PERDES Tentang Desa Wisata Bahari Desa Kalibukbuk. Desa Kalibukbuk. https://kalibukbuk-buleleng.desa.id/index.php/first/artikel/91-Sosialisasi-PERDES-Tentang-Desa-Wisata-Bahari-Desa-Kalibukbuk
Hanidar, S., Moehkardi, R. R. D., Hernawati, M., & Zahroh, A. Q. (2022). Menghidupkan Storynomic Tourism: Mempromosikan Kuliner Ponorogo Melalui Penulisan Feature. Bakti Budaya, 5(1), 40–60. https://doi.org/10.22146/bakti.4075
Kemenparekraf/Baparekraf RI. (2021). Mengembangkan Potensi Wisata dengan Storynomics tourism di Indonesia. Kemenparekraf/Baparekraf RI. https://www.kemenparekraf.go.id/hasil-pencarian/mengembangkan-potensi-wisata-dengan-storynomics-tourism-di-indonesia
Sari, I. A.L., Putra, I. N. D., Purnawan, N. L. R., & Suardiana, I. W. (2022). Storynomics Bali Aga: Pemanfaatan Cerita Rakyat untuk Promosi Desa Wisata Sidetapa, Kabupaten Buleleng. Jurnal Master Pariwisata (JUMPA), 8, 721. https://doi.org/10.24843/jumpa.2022.v08.i02.p18
McKee, R., & Gerace, T. (2018). Storynomics: Story-Driven Marketing in the Post-Advertising World. Grand Central Publishing.
Pratiwi, R. (2020). Storytelling as a method to improve students’ speaking skills. Journal of English Language Teaching and Linguistics, 5(1), 15–28.
Supriyanto, A., Widodo, H., & Kurniawan, T. (2022). The use of visual media in storytelling to improve students’ speaking performance. Indonesian Journal of Applied Linguistics, 12(2), 250–262.
Suryani, N. K., & Dewi, M. (2021). Integrating storytelling in English language learning for young learners. International Journal of Education and Literacy Studies, 9(3), 45–52.
Suwija, I. G. (2021). Storynomics tourism as a strategy of cultural tourism development in Bali. Journal of Tourism and Cultural Studies, 4(1), 67–76.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Rima Andriani Sari, Ni Putu Era Marsakawati, Ida Ayu Putu Purnami, Made Dharma Susena Suyasa

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
