PELATIHAN STORYTELLING BAGI SISWA SMP DI DESA WISATA KALIBUKBUK UNTUK MENDUKUNG STORYNOMICS TOURISM

Penulis

  • Rima Andriani Sari Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Putu Era Marsakawati Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ida Ayu Putu Purnami Universitas Pendidikan Ganesha
  • Made Dharma Susena Suyasa Universitas Pendidikan Ganesha

Kata Kunci:

Kalibukbuk, Storytelling, Storynomics Tourism, Cerita Rakyat

Abstrak

Tujuan dari kegiatan pelatihan dan pendampingan mendongeng berbahasa Inggris bagi siswa SMP di desa wisata Kalibukbuk ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berkomunikasi dalam bahasa Inggris siswa melalui pelatihan mendongeng, menumbuhkan kepercayaan diri dan kreativitas siswa dalam menampilkan cerita lokal kepada penonton, mendorong pelestarian budaya lokal melalui kegiatan edukatif berbasis cerita, dan meningkatkan partisipasi siswa dalam kegiatan pariwisata berbasis cerita (storynomics tourism). Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah metode ceramah, demonstrasi, tanya jawab dan diskusi, dan penugasan (project). Adapun peserta pelatihan dan pendampingan ini berjumlah 31 orang siswa. Pelatihan dan pendampingan diberikan selama tiga kali pertemuan dan dilakukan secara luring dan daring. Hasil kegiatan ini berjalan sangat baik untuk aspek program dan aspek proses, dan untuk aspek hasil dalam kategori baik, yang diperoleh dari skor video storytelling siswa dengan menggunakan rubrik penilaian.

Biografi Penulis

Ni Putu Era Marsakawati, Universitas Pendidikan Ganesha

Ni Putu Era Marsakawati memiliki jabatan akademik lektor kepala di program studi Bahasa Inggris untuk Komunikasi Bisnis dan Profesional, dan memiliki berbagai penelitian di bidang pengajaran bahasa Inggris. Beberapa penelitian dan publikasinya di Google Scholar https://scholar.google.com/citations?user=1RB30HIAAAAJ&hl=en&oi=ao antara lain Hospitality school students’ perception on the use of Wordwall to enrich students’ work-ready vocabulary mastery, Task-Based Learning Technique: A Strategy to Enhance Students’ Speaking Skills at ESP Context, Strategi Komunikasi: Sebuah Solusi Bagi Permasalahan Komunikasi, The Politeness Strategies Applied by Students in The Context of Classroom In Vocational School, The use of Google Classroom for teaching writing, Appraisal Resources in Spoken Promotional Texts: Novice versus Professional Marketers dan Pengaruh Media Facebook dan Gaya Belajar terhadap Kemampuan Menulis Mahasiswa.

Ida Ayu Putu Purnami, Universitas Pendidikan Ganesha

Ida Ayu Putu Purnami memiliki jabatan akademik lektor di program studi Pendidikan Bahasa Bali, dan memiliki berbagai penelitian di bidang pengajaran bahasa Bali. Beberapa penelitian dan publikasinya di Google Scholar https://scholar.google.com/citations?user=pqG5nTEAAAAJ&hl=en&oi=ao
antara lain Pemanfaatan Media Pembelajaran Aplikasi Educandy dalam Menunjang Proses Pembelajaran Bahasa Bali, Analisis Kesalahan Dalam Penulisan Aksara Bali Pada Papan Nama Instansi Se-Kecamatan Buleleng, Meningkatkan Kemampuan Menulis Aksara Bali Menggunakan Aplikasi Transliterasi Aksara Bali Kelas XI MIA 1, Pemanfaatan Aplikasi Keyman dalam Pembelajaran Menulis Aksara Bali, dan Meningkatkan Kemampuan Menulis Artikel Berbahasa Bali Melalui Model Blended Learning.

Made Dharma Susena Suyasa, Universitas Pendidikan Ganesha

Made Dharma Susena Suyasa memiliki jabatan akademik lektor di program studi Bahasa Inggris untuk Komunikasi Bisnis dan Profesional, dan memiliki berbagai penelitian di bidang penerjemahan bahasa Inggris. Beberapa penelitian dan publikasinya antara lain Exploring the Translation Processes Conducted by EFL Students Based on Their English Proficiency Level dan Approaching Task-Based Activities to Improve EFL Students’ Translation Competence.

Referensi

Arianti, K., Marsiti, C. I. R., & Suriani, N. M. (2019). Kajian Potensi Objek Wisata Budaya Di Kawasan Wisata Lovina. Jurnal BOSAPARIS: Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, 9(1), 22. https://doi.org/10.23887/jjpkk.v9i1.22117

Arini, N. N., Putra, I. N. S. A., & Putri, I. A. K. (2024). Storynomics tourism: Promosi Daya Tarik Wisata di Kawasan Wae Bobok Kabupaten Menggarai Barat Melalui Tradisi Lisan. Pariwisata Budaya: Jurnal Ilmiah Agama Dan Budaya, 9(1), 10–19. https://doi.org/10.25078/pariwisata.v9i1.3536

Artanegara. (2019). Candi Kalibukbuk. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Kebudayaan. https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbbali/candi-kalibukbuk/

Desa Kalibukbuk. (2022). Sosialisasi PERDES Tentang Desa Wisata Bahari Desa Kalibukbuk. Desa Kalibukbuk. https://kalibukbuk-buleleng.desa.id/index.php/first/artikel/91-Sosialisasi-PERDES-Tentang-Desa-Wisata-Bahari-Desa-Kalibukbuk

Hanidar, S., Moehkardi, R. R. D., Hernawati, M., & Zahroh, A. Q. (2022). Menghidupkan Storynomic Tourism: Mempromosikan Kuliner Ponorogo Melalui Penulisan Feature. Bakti Budaya, 5(1), 40–60. https://doi.org/10.22146/bakti.4075

Kemenparekraf/Baparekraf RI. (2021). Mengembangkan Potensi Wisata dengan Storynomics tourism di Indonesia. Kemenparekraf/Baparekraf RI. https://www.kemenparekraf.go.id/hasil-pencarian/mengembangkan-potensi-wisata-dengan-storynomics-tourism-di-indonesia

Sari, I. A.L., Putra, I. N. D., Purnawan, N. L. R., & Suardiana, I. W. (2022). Storynomics Bali Aga: Pemanfaatan Cerita Rakyat untuk Promosi Desa Wisata Sidetapa, Kabupaten Buleleng. Jurnal Master Pariwisata (JUMPA), 8, 721. https://doi.org/10.24843/jumpa.2022.v08.i02.p18

McKee, R., & Gerace, T. (2018). Storynomics: Story-Driven Marketing in the Post-Advertising World. Grand Central Publishing.

Pratiwi, R. (2020). Storytelling as a method to improve students’ speaking skills. Journal of English Language Teaching and Linguistics, 5(1), 15–28.

Supriyanto, A., Widodo, H., & Kurniawan, T. (2022). The use of visual media in storytelling to improve students’ speaking performance. Indonesian Journal of Applied Linguistics, 12(2), 250–262.

Suryani, N. K., & Dewi, M. (2021). Integrating storytelling in English language learning for young learners. International Journal of Education and Literacy Studies, 9(3), 45–52.

Suwija, I. G. (2021). Storynomics tourism as a strategy of cultural tourism development in Bali. Journal of Tourism and Cultural Studies, 4(1), 67–76.

Unduhan

Diterbitkan

31-10-2025