PENINGKATAN KOMPETENSI GURU PAUD MELALUI PENGEMBANGAN MODUL AJAR PROJECT-BASED LEARNING (PjBL) SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN KEKERASAN SEJAK DINI
Kata Kunci:
Project Based Learning, Kekerasan, Anak Usia DiniAbstrak
Kekerasan terhadap anak tidak hanya ditemui di lingkungan keluarga tetapi juga dapat berasal dari kerabat, teman, atau bahkan institusi pendidikan. Bentuk kekerasan ini mencakup perlakuan kasar, eksploitasi seksual, dan pengabaian kebutuhan dasar anak. penting untuk membangun kesadaran, pendidikan, dan intervensi yang efektif untuk mencegah kekerasan terhadap anak. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah: 1) Memberikan pengetahuan/konten terkait model pembelajaran project based learning dan kekerasan; 2) Meningkatkan ketrampilan guru-guru dalam membuat modul ajar dan buku saku sebagai Upaya pencegahan kekerasan sejak dini. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah para guru di sekolah binaan telah mampu meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan ketrampilan dalam upaya pemanfaatan modul ajar dan buku saku sebagai upaya pencegahan kekerasan sejak dini.
Referensi
Adhikari, S., Stranges, T., Lorenz, B., Marshall, R., Jiang, N., & Donkelaar, P. (2025). The prevalence of physical intimate partner violence during pregnancy and the postpartum period: a systematic review with implications for probable violencecaused brain injury among child bearers.
Trauma Violence & Abuse.
https://doi.org/10.1177/15248380241309
Oktavianingsih, Eka & Reni Putri Fazriatin. (2019) Edukasi Seks Untuk Anak Usia Dini. Yogyakarta: Refika Aditama
Akbar, Nawir Arsyad. (2019). Sepanjang Tahun 2018, Ada 100 Lebih Korban Kekerasan Seksual Terhadap Anak di Indonesia. http://jakarta.tribunnews.com/2018/03/19/ sepanjang-tahun-2018-ada-100-lebihkorbankekerasan-seksual-terhadap-anakdi-indonesia#gref
Lazuardi, Glery. (2021). Hasil Survei KPAI: 88 Persen Pelaku Kekerasan Seksual di Sekolah Adalah Tenaga Pendidik. https://banten.tribunnews.com/2021/12/12 /hasil-survei-kpai-88-persen-pelakukekerasan-seksual-di-sekolah-adalahtenaga-pendidik. (Tribun Banten). Diakses pada 1 Februari 2022.
Devita, Yeni; Yureya Nita; Alfianur Alfianur. (2022). Edukasi Pengenalan dan Pencegahan Kekerasan Seksual Pada Anak dan Remaja di Panti Asuhan Anak Yatim/ Fakir Miskin Ar-Rahman Pekanbaru. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(9). https://doi.org/10.33024/jkpm.v5i9.714
Alesandra, Mellisa Putri. 2022. Pencegahan Hukum terhadap Aksi Kekerasan Anak di Indonesia. Jurnal Penelitian Ilmu Hukum, 2(4).
https://doi.org/10.56393/nomos.v1i6.603
Diana, M. and Khakim, M. (2023). Efektivitas program pembinaan dan pelatihan kelompok pemerhati perlindungan anak dalam perlindungan terhadap kekerasan studi pada kalurahan caturtunggal kabupaten sleman. KMM, 3(3), 274.
https://doi.org/10.32493/kmm.v3i3.33901
Paramita, MVA., Rosdiani, LPD., & Sutresdani, PIPM. 2025. Bunga Rampai Hasil Kemitraan Dosen dengan Praktisi di Sekolah Tahun 2024. Jakarta: PT Lontar Digital Asia
Nurtanto, M., Kholifah, N., Ahdhianto, E., Samsudin, A., & Isnantyo, F. D. (2021). A review of gamification impact on student behavioural and learning outcomes. International Journal of Interactive Mobile
Technologies (iJIM), 15(21), 22. https://doi.org/10.3991/ijim.v15i21.24381
Rasmani, U. E. E., Wahyuningsih, S., Winarji, B., Jumiatmoko, J., Zuhro, N. S., Fitrianingtyas, A., … & Widyastuti, Y. (2023). Manajemen pembelajaran proyek pada implementasi kurikulum merdeka di lembaga paud. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 31593168.
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4633
Tambunan, E., Carolina, D., Ningsih, R., Sulastri, T., & Supartini, Y. (2023). Edukasi deteksi dini kekerasan dan sosialisasi aplikasi deteksi dini kekerasan anak pada guru dan siswa jakarta timur. jpmfki, 2(2), 128-135. https://doi.org/10.59946/jpmfki.2023.264
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Made Vina Arie Paramita, Ni Nyoman Chintya Ari Putri, Rendy Setyowahyudi, Dewa Gede Firstia Wirabrata, Ni Putu Sinta Dewi

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
