MENCIPTAKAN JOYFUL LEARNING MELALUI METODE GASING TERINTEGRASI LINGKUNGAN KAYA TEKS DI SD AMERTA BHUANA
Kata Kunci:
Metode GASING, Lingkunagn Kaya Teks, Pembelajaran Matematika MenyenangkanAbstrak
Kualitas pendidikan dasar di Desa Amerta Bhuana, Kecamatan Selat, Karangasem masih menghadapi tantangan sosial-ekonomi dan trauma psikologis akibat erupsi Gunung Agung. Kondisi ini berdampak pada rendahnya motivasi belajar siswa serta keterbatasan guru dalam menghadirkan pembelajaran yang menyenangkan, khususnya pada mata pelajaran matematika. Untuk menjawab permasalahan tersebut, dilakukan pelatihan dan pendampingan Metode GASING (Gampang, Asyik, Menyenangkan) terintegrasi lingkungan kaya teks bagi 18 guru dari tiga sekolah dasar di daerah Amerta Bhuana. Pelatihan dan pendampingan dilaksanakan melalui penyampaian materi, diskusi interaktif, praktik langsung, dan demonstrasi dengan pendampingan narasumber. Evaluasi dilakukan menggunakan pre-test, post-test, dan menggunakan Penilaian Acuan Patokan. Hasil kegiatan menunjukkan 50% guru telah mengenal Metode GASING sebelum pelatihan, dan setelah pelatihan, respons positif guru mencapai 92% dengan keaktifan 98,2%. Program ini terbukti meningkatkan pemahaman guru, menciptakan pembelajaran matematika yang lebih menyenangkan, serta membantu mengurangi trauma psikologis siswa
Referensi
Amtaran, S. (2024). Implementasi Model Pembelajaran Inovatif Dan Interaktif Pembelajaran Matematika Kelas 5 Sd Gmit Atambua III. Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia, 4(12).
Ayshara, F. D., & Kamil, K. (2025). Pemanfaatan Media Interaktif Untuk Mengatasi Kejenuhan Siswa Dalam Pembelajaran PAI Di SD Citra Indonesia. Innovative: Journal Of Social Science Research, 5(2), 3053-3066.
Damopolii, J. K., Rorimpandey, W., & Ester, K. (2024). Penggunaan metode gasing dalam meningkatkan hasil belajar matematika operasi hitung perkalian pada murid kelas III SDN Inpres 6/84 Walehunian Sagerat. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(3), 1042-1052.
Gou, M. F. T., Aje, A. U., & Seto, S. B. (2024). Metode Gasing dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa. Jupika: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 119-127.
Kurniawati, F., Sari, D. A. K. W., & Kurniajati, S. (2024). Edukasi Kesiapsiagaan Bencana Dan Guide Imagery Sebagai Trauma Healing Terhadap Ptsp Pada Siswa Di Sd Ybpk Wonorejo Kabupaten Malang. Jurnal Penelitian Keperawatan, 10(1), 166-174.
Msiren, H. M. L., Giay, A., & Kaiway, M. R. (2025). Pembelajaran Matematika Menggunakan Metode Gasing di SDN Inpres Skouw Mabo. Jurnal Pengabdian Mandiri, 4(1), 197-204.
Ramadhani, L. S. A., & Anwar, K. (2025). Meningkatkan Kreativitas Anak Usia 506 Tahun Melalui Pemanfaatan Limbah. Irfani, 21(2), 783-792.
Rumajar, J. R., Pulukadang, R. J., & Manurung, O. (2024). Pembelajaran Gasing Pada Materi Perkalian Bilangan Bulat: Pengaruh & Dampaknya Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran, 4(3), 2127-2139.
Sari, Y. M., & Surtina, M. (2025). Implementasi Metode Gasing dalam Upaya Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Matematika Kelas XI. FITRA, 7(1).
Satria, D., Kusasih, I. H., & Gusmaneli, G. (2025). Analisis rendahnya kualitas pendidikan di Indonesia saat ini: Suatu kajian literatur. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 3(2), 292-309.
Saputra, H. (2024). Perkembangan berpikir matematis pada anak usia sekolah dasar. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 6(2), 53-64.
Yuniastuti, N. W., & Suadnyana, I. B. P. E. (2019). Model Layanan Pendidikan Agama Hindu Untuk Anak Berkebutuhan Khusus Pasca Erupsi Gunung Agung di SLBN Karangasem. WIDYANATYA, 1(2), 32-43.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 I Putu Pasek Suryawan, Raphita Yanisari Silalahi, I Gusti Nyoman Yudi Hartawan, I Gusti Ngurah Pujawan, I Kadek Edi Yudiana, Desak Ketut Meirawati, Gavrila Tamariska

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
