PENGUATAN PENDEKATAN TEACHING AT THE RIGHT LEVEL DALAM PENANAMAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR
Kata Kunci:
Teaching At The Right Level, di Sekolah DasarAbstrak
Kehadiran pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) merupakan solusi inovatif dan efektif untuk mendukung diferensiasi pembelajaran, meminimalkan learning loss, serta mewujudkan pemerataan mutu pendidikan. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman guru dalam penerapan pendekatan TaRL di Sekolah Dasar Negeri 1, 2, dan 3 Tukadmungga, Singaraja. Metode yang digunakan meliputi ceramah, diskusi, dan tanya jawab dengan melibatkan 30 peserta. Hasil kegiatan menunjukkan antusiasme para guru selama pelaksanaan kegiatan sangat bagus. Dari segi wawasan, terjadi peningkatan sebesar 13,03% dari perolehan nilai rata-rata pretest sebesar 40,37, dan nilai posttest sebesar 45,63. Sejalan dengan temuan Aziz et al. (2025: 1515–1522) yang menyatakan adanya korelasi (r = 0,812) antara penerapan TaRL dengan peningkatan hasil belajar, dengan kontribusi sebesar 66%. Mustofa (2021: 79–88) yang menyatakan bahwa penerapan TaRL efektif dalam menjembatani kemampuan belajar siswa. Hal ini mengindikasikan bahwa penerapan pendekatan TaRL tidak hanya berdampak positif pada siswa, tetapi juga memperkuat pemahaman guru dalam diferensiasi pembelajaran.
Referensi
Anggiani, Diani, P. R., Safarulaili, A., Gupita, A., Noviyani, A., & Susmiarni, A. (2024). Analisis Pendekatan TaRL Terhadap Motivasi BelajarPeserta didik pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 557-572. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v11i3.81325
Aziz, A., Mukti, H., & Ashari, M. A. (2025). Korelasi Penerapan Teaching at The Right Level (TaRL) dengan Hasil Literasi Dasar Siswa dalam Pembelajaran Berdifrensiasi. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 10(2), 1515–1522. https://doi.org/10.29303/jipp.v10i2.3302.
Manik, F., & Octariani, D. (2024). Pentingnya Assesmen Diagnostik Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Ilmiah Transformatif, 8(12), 319–324. https://edu.ojs.co.id/index.php/jpit/article/view/746
Mustofa, M., Alfan, M., & Arifin, S. (2024). Implementasi Pendekatan Teaching At the Right Level (Tarl) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Keterlibatan Siswa Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 8(3), 79–88. https://doi.org/10.30651/else.v8i3.24358.
Nandini, S., Montessori, M., Suryanef, S., & Fatmariza, F. (2024). Hambatan Guru dalam Pelaksanaan Asesmen Diagnostik pada Pembelajaran PPKn Berdasarkan Kurikulum Merdeka. Journal of Education, Cultural and Politics, 4(2), 333–345. https://doi.org/10.24036/jecco.v4i2.498.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 20 Tahun 2018 tentang Penguatan Pendidikan Karakter pada Satuan Pendidikan Formal.
Permendikbud. 2018. Penguatan Pendidikan Karakter (PPK).
Putri, R. A., Sulistyaningrum, H., Handayani, S., & Hartono, T. D. (2025). Efektivitas Pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VI. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 2(4), 87–94. https://doi.org/10.62017/jppi.v2i4.4387
Siswaningsih, W., Kadarohman, A., Rahmawati, T., Nahadi, Supriyanti, F. T., Zackiyah, & Anwar, S. (2023). Training Teaching at the Right Level (TaRL) and Curturally Responsive Teaching (CRT). Jurnal Pengabdian Isola 2, 135-141. https://doi.org/10.17509/jpi.v2i2.64547
Wahira, Hasan, & Hamid, A. (2024). Pelatihan Pelaksanaan Pendekatan Teaching at the right level Pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Masyarakat Akademik, 01-07. https://doi.org/10.59024/jpma.v2i2.697
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Dewa Bagus Sanjaya, Sukadi, I Made Yudana, Ida Bagus Made Astawa, Dewa Gede Firstia Wirabrata, Windu Mertha Sujana

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
