PENGUATAN PENDEKATAN TEACHING AT THE RIGHT LEVEL DALAM PENANAMAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Dewa Bagus Sanjaya Universitas Pendidikan Ganesha
  • Sukadi Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Made Yudana Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ida Bagus Made Astawa Universitas Pendidikan Ganesha
  • Dewa Gede Firstia Wirabrata Universitas Pendidikan Ganesha
  • Windu Mertha Sujana Universitas Pendidikan Ganesha

Kata Kunci:

Teaching At The Right Level, di Sekolah Dasar

Abstrak

Kehadiran pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) merupakan solusi inovatif dan efektif untuk mendukung diferensiasi pembelajaran, meminimalkan learning loss, serta mewujudkan pemerataan mutu pendidikan. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman guru dalam penerapan pendekatan TaRL di Sekolah Dasar Negeri 1, 2, dan 3 Tukadmungga, Singaraja. Metode yang digunakan meliputi ceramah, diskusi, dan tanya jawab dengan melibatkan 30 peserta. Hasil kegiatan menunjukkan antusiasme para guru selama pelaksanaan kegiatan sangat bagus. Dari segi wawasan, terjadi peningkatan sebesar 13,03% dari perolehan nilai rata-rata pretest sebesar 40,37, dan nilai posttest sebesar 45,63. Sejalan dengan temuan Aziz et al. (2025: 1515–1522) yang menyatakan adanya korelasi (r = 0,812) antara penerapan TaRL dengan peningkatan hasil belajar, dengan kontribusi sebesar 66%. Mustofa (2021: 79–88) yang menyatakan bahwa penerapan TaRL efektif dalam menjembatani  kemampuan belajar siswa. Hal ini mengindikasikan bahwa penerapan pendekatan TaRL tidak hanya berdampak positif pada siswa, tetapi juga memperkuat pemahaman guru dalam diferensiasi pembelajaran.

Referensi

Anggiani, Diani, P. R., Safarulaili, A., Gupita, A., Noviyani, A., & Susmiarni, A. (2024). Analisis Pendekatan TaRL Terhadap Motivasi BelajarPeserta didik pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 557-572. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v11i3.81325

Aziz, A., Mukti, H., & Ashari, M. A. (2025). Korelasi Penerapan Teaching at The Right Level (TaRL) dengan Hasil Literasi Dasar Siswa dalam Pembelajaran Berdifrensiasi. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 10(2), 1515–1522. https://doi.org/10.29303/jipp.v10i2.3302.

Manik, F., & Octariani, D. (2024). Pentingnya Assesmen Diagnostik Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Ilmiah Transformatif, 8(12), 319–324. https://edu.ojs.co.id/index.php/jpit/article/view/746

Mustofa, M., Alfan, M., & Arifin, S. (2024). Implementasi Pendekatan Teaching At the Right Level (Tarl) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Keterlibatan Siswa Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 8(3), 79–88. https://doi.org/10.30651/else.v8i3.24358.

Nandini, S., Montessori, M., Suryanef, S., & Fatmariza, F. (2024). Hambatan Guru dalam Pelaksanaan Asesmen Diagnostik pada Pembelajaran PPKn Berdasarkan Kurikulum Merdeka. Journal of Education, Cultural and Politics, 4(2), 333–345. https://doi.org/10.24036/jecco.v4i2.498.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 20 Tahun 2018 tentang Penguatan Pendidikan Karakter pada Satuan Pendidikan Formal.

Permendikbud. 2018. Penguatan Pendidikan Karakter (PPK).

Putri, R. A., Sulistyaningrum, H., Handayani, S., & Hartono, T. D. (2025). Efektivitas Pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VI. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 2(4), 87–94. https://doi.org/10.62017/jppi.v2i4.4387

Siswaningsih, W., Kadarohman, A., Rahmawati, T., Nahadi, Supriyanti, F. T., Zackiyah, & Anwar, S. (2023). Training Teaching at the Right Level (TaRL) and Curturally Responsive Teaching (CRT). Jurnal Pengabdian Isola 2, 135-141. https://doi.org/10.17509/jpi.v2i2.64547

Wahira, Hasan, & Hamid, A. (2024). Pelatihan Pelaksanaan Pendekatan Teaching at the right level Pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Masyarakat Akademik, 01-07. https://doi.org/10.59024/jpma.v2i2.697

Unduhan

Diterbitkan

31-10-2025