PELATIHAN “MINDFULLNESS IN LEARNING” UNTUK MENGKONDISIKAN PEMBELAJARAN YANG MENYENANGKAN PADA GURU DAN PESERTA DIDIK DI SMAN 1 SEMARA PURA
Kata Kunci:
Aktivitas Pembelajaran InovatifAbstrak
ABSTRACT
The aim of this activity is to provide understanding and skills to teachers and students so they can manage their thoughts, build self-awareness, eliminate anxiety, stabilize emotions, and train focus in learning. The activity method is carried out by lecture, then continued with discussion, and ending with joint training. The training was conducted in the form of mindfulness meditation activities, as expected in today's social emotional learning. Evaluation of activities is based on attendance, participant perceptions taken from questionnaires and comments from the principal and several teachers. The results of the activity showed that 60 participants, consisting of teachers, students, and employees, enthusiastically participated and discussed the material presentation. Based on the results of the analysis of their perception questionnaire about the activity, the average score obtained was 3.7 on a scale of 4, which means they strongly agree with this activity being implemented in learning. Participants' comments after training stated that it was very useful, could improve focus, felt fresher, and they hoped for further training. The school principal stated in his comments that he would condition mindfulness in learning in the classrooms first.
Keywords: self-awareness, mindfulness, learning, learning focus.
ABSTRAK
Tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman dan keterampilan kepada para guru dan siswa agar dapat mengelola pikiran membangun kesadaran diri, menghilangkan kecemasan, menstabilkan emosi, melatih fokus dalam pembelajaran. Metode kegiatan dilakukan dengan ceramah, kemudian dilanjutkan dengan diskusi, dan diakhiri dengan pelatihan bersama. Pelatihan dilakukan dalam bentuk kegiatan meditasi mindfulness, seperti yang diharapkan dalam pembelajaran sosial emosional saat ini. Evaluasi kegiatan didasarkan pada kehadiran, persepsi peserta yang diambil berdasarkan angket dan komentar kepala sekolah dan beberapa guru. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa peserta kegiatan sejumlah 60 orang yang terdiri dari guru, siswa dan pegawai, yang secara antusias mengikuti dan berdiskusi saat pemaparan materi dilakukan. Berdasarkan hasil analisis angket persepsi mereka tentang kegiatan diperoleh hasil skor rerata 3,7 dari skala 4, yang berarti sangat setuju dengan kegiatan ini untuk diterapkan dalam pembelajaran. Komentar peserta setelah berlatih menyatakan sangat bermanfaat, bisa membuat focus, terasa lebih segar, dan diharapkan pelatihan lebih lanjut. Kepala sekolah dalam komentarnya menyatakan akan mengkondisikan mindfulness in learning ini di kelas kelas, terlebih dahulu.
Kata kata kunci: kesadaran diri, mindfulness, pembelajaran, fokus belajar
Referensi
Adinda, R, 2024. Mindfulness : Mengenal Lebih Dalam tentang Mindfulness. https://www.gramedia.com/best-seller/mindfulness/
Apsari Putu Indah Budi, 2019. “Meditation for a Better Life as a Potential Wellness Tourism in Bali”. Wicaksana, Jurnal Lingkungan dan Pembangunan. Vol.3 No.2 hal.71-83.
Dianita Maulinda & Makmuroh Sri Rahayu, 2022). Pengaruh Mindfulness Terhadap Stress Akademik Siswa SMA X Cianjur dimasa Pandemi Covid 19. Jurnal Riset Psikologi, 1 (2) 100-108.
Emda, Amna. 2017. Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, Volume 5, Nomor 2 (hlm. 193-196)
Hattu, J. V. D. (2022). Pandemi Pendidikan, Dan Pemulihan: Mindfulness Sebagai Model Pendidikan Yang Memulihkan Dalam Konteks Indonesia Di Era Pandemi Covid-19. Prosiding Pelita Bangsa, 1(2), 54.
Murniati Ni Wayan. 2021. “Transcedental Meditation Sebagai Strategi Dalam Memotivasi Minat Belajar Siswa Di SMA Negeri Bali Mandara Singaraja, Kabupaten Buleleng”. Disertasi, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa, Denpasar.
Parmita Putu Sathyani, Ekawati Ni Komang, Kurniasari Ni Made Dian, 2019. “Persepsi Siswa Terhadap Meditasi Transcendental Sebagai Upaya Meningkatkan Kesehatan Mental Siswa SMA Negeri Bali Mandara.” Arc. Com. Health, vol.6. No 1. Hal.63-68.
Puspita Sari,L. 2023. Manfaat Mindfulness dalam Pembelajaran. Jurnal Maha Widya Bhuwana. Vol.6 No. 3. Hal 183-190.
Wahyuni, 2024. Pembelajaran Sosial Emosional. https://www.melintas.id/pendidikan/345093856/pembelajaran-sosial-emosional-pse-apa-makna-tujuan-manfaat-pendekatan-dan-lima-kse-yang-harus-kita-pahami-simak-di-melintas
Wiratma, IGL. I Nyoman Sukarta. 2022. Kearifan Lokal “ Meditasi” Sebagai Suplemen Pengelolaan Sekolah SMAN Bali Mandara. Laporan Penelitian.Hal 31-33. Undiksha.
https://silidia.undiksha.ac.id/riwayat/penelitian/fa075010-a469-11ec-bbb3-1bfbd054bfa6
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 I Gusti Lanang Wiratma, I Nengah Suparta, I Wayan Suja, Ni Luh Putu Manik Widiyanti, I Nyoman Sukarta

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
