PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENGUATAN MATERI DAN PENGEMBANGAN MEDIA EDUKATIF RAMAH LINGKUNGAN

Penulis

  • Sariyasa Universitas Pendidikan Ganesha
  • Gusti Ayu Mahayukti Universitas Pendidikan Ganesha
  • Gede Indrawan Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nyoman Budayana Universitas Pendidikan Ganesha
  • Raphita Yanisari Silalahi Universitas Pendidikan Ganesha
  • Nyoman Arda Wibawa Universitas Pendidikan Ganesha
  • Gavrila Tamariska Universitas Pendidikan Ganesha

Kata Kunci:

media edukatif ramah lingkungan, pelatihan guru, pembelajaran matematika

Abstrak

Pembelajaran Matematika di sekolah dasar seringkali masih abstrak dan kurang memiliki relevansi kontekstual. Salah satu solusi inovatif adalah penggunaan media edukatif ramah lingkungan yang dirancang dari bahan sederhana maupun daur ulang, sehingga selain mendukung pemahaman konsep juga menumbuhkan kepedulian lingkungan. Menanggapi hal itu, Tim Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Pendidikan Ganesha melaksanakan pelatihan bagi guru SDN 1 Sukasada. Program ini berfokus pada penguatan materi Matematika serta pendampingan pembuatan dalam pemanfaatan media ramah lingkungan. Metode pelaksanaan meliputi penyampaian materi, diskusi interaktif, praktik pembuatan media dari bahan sekitar, serta demonstrasi melalui peer teaching. Hasil menunjukkan bahwa lebih dari 50% guru telah memiliki pengetahuan awal mengenai media ramah lingkungan sebelum pelatihan, respons guru mencapai 92% dengan katagori positif, dan tingkat partisipasi dengan katagori sangat aktif. Program ini secara efektif meningkatkan kompetensi guru, menciptakan pembelajaran Matematika yang lebih menyenangkan, serta berkontribusi pada pengurangan limbah melalui pengembangan media ramah lingkungan yang kreatif.

Referensi

Aryanto, S., Meliyanti, M., Amelia, D., Maharbid, D. A., Gumala, Y., & Gildore, P. J. E. (2025). Pembelajaran Literasi Dan Numerasi Melalui Deep Learning: Pendekatan Transformasional di Sekolah Dasar. Journal of Professional Elementary Education, 4(1), 49-57.

Baswara, D., Rumandhani, A. E., & Adika, M. (2024). Pembuatan media pembelajaran dengan alat peraga bangun ruang menggunakan sedotan. Jurnal Dedikasi Masyarakat, 7(2), 45-52.

Hapsawati, I., Istiyana, Q., & Amelia, H. (2025). ECODIORAMA: Pengembangan Inovasi Media Pembelajaran untuk Menamkan karakter Peduli Lingkungan Pada Anak Usia Dini. Abata: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(1), 44-59.

Kurniawan, K. (2022). Peningkatan Kualitas Guru di Sekolah Swasta melalui Program Pelatihan dan Pendampingan Berkelanjutan. Salimiya: Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam, 3(2), 177-189.

Nissa, S. A., Ayu, R. S., & Uswatun, D. A. (2025). Optimalisasi Kebun Sekolah Dengan Pemanfaatan Botol Plastik Sebagai Media Tanam Ramah Lingkungan di Rajaprajanugroh 39 School, Narathiwat, Thailand Selatan. Jurnal Altifani Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 5(5), 758-769.

Nugraheni, N. (2024). Analisis Perkembangan Pendidikan Berkualitas Sebagai Upaya Mewujudkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). Socius: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 1(10), 113-118.

Putri, K. T., Kurnianti, E. M., & Winarni, S. (2025). Studi Literatur: Efektifitas dan Hambatan Media Pembelajaran Interaktif dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika Pada Siswa. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 11(02), 271-282.

Silalahi, R. Y., Pujawan, I. G. N., & Putri, N. P. R. D. (2024, December). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Matematika Ramah Lingkungan di SDN 3 Panji Anom. Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat (Vol. 9, No. 1, pp. 950-956).

Sulistianingsih, A. S., Betariah, S., & Rayuningtya, P. (2025). Pemanfaatan Galon Bekas sebagai Media Tanam dalam Edukasi Lingkungan Usia Dini di TK Kota Malang Berbasis Praktik Langsung. Jurnal Abdimas Nusantara (JANUR), 1(1), 1-9.

Zulfikar, Z., & Ismi, K. (2025). Penggunaan Sampah Daur Ulang sebagai Media Pembelajaran Matematika di SMP Bireuen. Jurnal Ilmiah Guru Madrasah, 4(1), 52-65.

Unduhan

Diterbitkan

31-10-2025