REVITALISASI “KERK EN TEMPEL OP BALI” DAN PENINGKATAN KOMPETENSI PEMANDU MUSEUM BULELENG MELALUI KOLABORASI WINDESHEIM UNIVERSITY OF APPLIED SCIENCE
Kata Kunci:
alat bantu, pembelajaran kooperatif, deduktifAbstrak
Program Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk merevitalisasi narasi sejarah “Kerk en Tempel op Bali” serta meningkatkan kompetensi pemandu museum di Kabupaten Buleleng. Program dilaksanakan melalui kolaborasi Universitas Pendidikan Ganesha, Windesheim University of Applied Sciences (Belanda), dan Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng. Kegiatan meliputi: (1) pelatihan basic English untuk pemandu museum, (2) rekonstruksi dan terjemahan narasi sejarah dari bahasa Belanda ke bahasa Inggris terkait “Kerk en Tempel op Bali,” serta (3) dokumentasi kisah jurnalisme budaya terkait umat Kristiani di Buleleng. Hasilnya menunjukkan peningkatan keterampilan komunikasi pemandu museum, tersusunnya narasi sejarah yang lebih kontekstual dan komunikatif, serta penguatan kemampuan storytelling dalam mendukung pengembangan wisata budaya. Kolaborasi ini berhasil menjembatani warisan lokal dengan perspektif akademik internasional, sekaligus memberikan model berkelanjutan dalam edukasi pariwisata budaya dan pemberdayaan masyarakat berbasis museum.Referensi
M. S. Yuliarti, A. N. Rahmanto, A. Priliantini, A. M. I. Naini, M. Anshori, and C. T. Hendriyani, “Storytelling of Indonesia Tourism Marketing in Social Media: Study of Borobudur and Danau Toba Instagram Account,” Jurnal Komunikasi, vol. 13, no. 1, p. 107, Jun. 2021, doi: 10.24912/jk.v13i1.9209.
A. S. Karim, M. Agarina, Susanti, Sutedi, M. R. F. Maulana, and H. Purnomo, “Pelatihan AI untuk Pariwisata Budaya Lokal Dalam Proyek P5 Kurikulum Merdeka,” Jurnal Pengabdian Ilmu Pendidikan, Sosial, dan Humaniora, vol. 5, no. 1, pp. 11–21, 2025, [Online]. Available: http://journal.unram.ac.id/index.php/darmadiksani
N. W. Suastini, N. P. C. P. Utami, D. P. E. Pratiwi, And N. K. K. N. Dewi, “Pelatihan ‘English For Tour Guiding’ Bagi Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Tista,” Bina Cipta, Vol. 1, No. 1, 2022.
N. Sujaya, “Pelatihan Bahasa Inggris untuk Tour Guide di Kelurahan Semarapura Kaja dalam Rangka Pengembangan Pariwisata Terintegrasi,” Linguistic Community Services Journal, vol. 2, no. 1, pp. 30–37, Mar. 2021, doi: 10.22225/licosjournal.v2i1.3134.
O. A. Abdelkader, “ChatGPT’s influence on customer experience in digital marketing: Investigating the moderating roles,” Heliyon, vol. 9, no. 8, Aug. 2023, doi: 10.1016/j.heliyon.2023.e18770.
H. Ben Ameur and K. S. Ben Rached, “Effects of Chat GPT Adoption on Behavioral Intention in The Field of Scientific Research: Moderating Role of Familiarity,” 2024. [Online]. Available: https://www.researchgate.net/publication/386499749
P. K. Nitiasih, L. Gd, R. Budiarta, N. Wayan, and S. Mahayanti, “Gamifying Balinese Local Story: Facilitating Gen Z in Learning English,” 2020.
A. Machmury, “Storynomic Tourism Strategy: Promotion of Storytelling -Based Tourism Destination,” SIGn Journal of Tourism, vol. 1, no. 1, pp. 28–42, 2023, doi: 10.37276/sjt.v1i1.232.
I. K. Dewi and D. R. Fitriani, “Storynomic As Marketing Strategy Of Telaga Sarangan Magetan,” International Journal of Science, Technology & Managment, vol. 1, 2024, [Online]. Available: http://ijstm.inarah.co.id
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Made Riki Ponga Kusyanda, Ni Made Suriani , Putu Riesty Masdiantini , I Gusti Ayu Purnamawati , Luh Putu Triyanti Ariestiana Dewi

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
