SEKOLAH BINAAN PENGUATAN KOMPETENSI PUSTAKAWAN/PENGELOLA PERPUSKAAN SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN BANJAR

Penulis

  • Wayan Mudana Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Ketut Margi Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Putu Putra Yana Wardana Universitas Pendidikan Ganesha

Kata Kunci:

School Foster Care Strengthening Competence Librarian

Abstrak

Kegiatan ini dilatar belakangi oleh pentingnya keberadaan perpustakaan dalam pengembangan
sumber daya manusia, khususnya dalam pengembangan literasi pada generasi muda. Untuk itu perlu adanya
tenaga pengelola perpustakaan yang memadai. Akan tetapi berdasarkan hasil observasi dan wawancara
kepada beberapa Kepala Sekolah Dasar di Kecamatan Banjar dan Pengawas Sekolah Dasar di Kecamatan
Banjar ternyata tenaga pengelola perpustakaan di lingkungan sekolah dasar belum memadai. Hal ini dapat
dilihat dari Sebagian besar tenaga pengelola perpustakaan belum mampu mengelola perpustakaan dengan
baik. Sehubungan dengan hal itu perlu diupayakan kegiatan penguatan kompetensi pustakawan dengan
memberikan pembekalan dan keterampilan terkait dengan pengelollaan perpustakaan, dan pemanfaatan
teknologi Informasi Program Slim 7 Cendana yang dapat membantu dalam membuat katalog dan
menampilkan katalog dalam bentuk OPAC ( Online Public access Catalogue). Melalui penggunaan metoda
ceramah, pelatihan dan pendampingan diharapkan peserta pelatihan mengalami peningkatan pemahaman
dan keterampilan dalam pengelolaan perpustakaan berbasis teknologi. Pelaksanaan pelatihan kegiatan ini
dilaksanakan pada tanggal 1-2 Agustus 2025, sedangkan pendampingan dilaksanakan pada pertengahan
bulan Aggustus sampai September 2025. Peserta dari kegiatan ini adalah pengelola perpustakaan Sekolah
Dasar di Kecamatan Banjar. Kegiatan ini menghadirkan tiga naras umber. Peserta mengikuti kegiatan ini
dengan antusias dan mengalami penguatan pemahaman yang mendukung kompetensi dalam pengelolaan
perpustakaan berbasis teknologi.

Referensi

Widharto. 2007. Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Dalam Pembangunan Nasional Indonesia: Peran-serta Pustakawan Dalam Mencerdaskan Bangsa. V o l . 1 4 N o . 3 &4 Tahun 2007.

Suhernik, Tri Diana Mukti. 2018. Transformasi Sumber Daya Manusia Perpustakaan Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 . Jurnal Perpustakaan Universitas Airlangga – Vol. 8 No. 1 Jan–Juni 2018: 19–23

Rusmana, Agus. 2005. Pengembangan Perpustakaan Sebagai Pendukung Pembangunan Masyarakat Berkualitas dan Produktif. Disampaikan dalam Seminar Nasional “Pengembangan Perpustakaan Untuk Meningkatkan Kualitas dan Produktifitas Sumber Daya Manusia” Bandung, 30 Agustus 2005

Pendit, Putu Laxman, 2008. Kompetensi Informasi Dan Kompetensi Pustakawan. Pustakawan.Vol. 1 5 No . 1&2 Tahun 2008

Dhamotharan, Mohan. 2009. Hand Book on Integrated Community Development – Seven D Approach to Community Capacity Development. Asian Productivity

Organization, Tokyo. ( Dalam Indah , 2023).

LASA Hs. 1996. “Perpustakaan penelitian dan penelitian tentang perpustakaan”. In: Jurnal Perpustakaan Pertanian V(1):36-41.

MULYANI, Eko Sri & Sulastuti Sophia. 1997. “Perpustakaan masa depan” In: Jurnal Perpustakaan Pertanian VI(2): 23-28

Budi 2003. “Keterpakaian koleksi majalah ilmiah Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian oleh peneliti Badan Litbang Pertanian”. In: Jurnal Perpustakaan Pertanian XII (1): 26-31

Siregar, Syahroni Hasan, Siti Masitoh Hasibuan, dan Lijah Adena Hasibuan, 2024.

Pemanfaatan Teknologi Informasi Di Perpustakaan, Vol 7, No 10, Oktober2024, Jurnal Ekonomi Revolusioner. Hal 17-21

Muis,Abd, dan Fendy. 2024. Penerapan Teknologi Informasi Pada Perpustakaan, Journal Papyrus: Sosial, Humaniora, Perpustakaan dan Informasi | Vol.3,No.2(Juli 2024) | Hal. 1-13.

Sahidi, Mifta Rahman, dan Atiqa Nur Latifa Hanum, 2024. Strategi Pengembangan Kompetensi Pustakawan Perpustakaan Perguruan Tinggi Negeri Di Kota Pontianak, Jurnal Pustaka Ilmiah, Vol. 10, No. 1, Juni, 2024, hal 13-29.

Unduhan

Diterbitkan

31-10-2025