PELATIHAN MEDIA PEMBELAJARAN STEM KONTEKSTUAL DAN KOLABORATIF DI SD NEGERI 2 TUKADSUMAGA
Kata Kunci:
pelatihan guru, media pembelajaran, STEM, kontekstual, kolaboratifAbstrak
Kegiatan pengabdian ini bertujuan meningkatkan kompetensi guru dalam merancang media pembelajaran berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) kontekstual dan kolaboratif di SD Negeri 2 Tukadsumaga. Latar belakang kegiatan ini adalah rendahnya pemanfaatan media inovatif dalam pembelajaran Matematika dan IPAS, sehingga siswa mengalami kesulitan memahami konsep dan kurang termotivasi belajar. Pelatihan dilaksanakan melalui tahapan penyampaian materi, praktik pembuatan media, demonstrasi, peer teaching, serta pendampingan lanjutan. Evaluasi dilakukan dengan pre-test, post-test, dan kuesioner untuk menilai pengetahuan, keterampilan, dan respon peserta. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan pada pemahaman guru, di mana sebagian besar yang semula belum mengenal media STEM menjadi mampu merancang serta mengimplementasikannya. Respons peserta juga sangat positif, dengan tingkat kepuasan mencapai 96,1% dan partisipasi 100% sepanjang kegiatan. Dengan demikian, pelatihan ini terbukti efektif serta direkomendasikan untuk dilaksanakan secara berkelanjutan dengan materi STEM yang lebih variatif dan mendalam.Referensi
Dewi, L. P., & Irawan, B. (2020). Integrasi
STEM dalam pembelajaran untuk
meningkatkan pemahaman konsep
sains siswa sekolah dasar. Jurnal
Pendidikan Dasar Indonesia, 5(2),
–153.
Dewi, P. K., & Silalahi, R. Y. (2023).
Analisis kesalahan siswa SD dalam
menyelesaikan soal HOTS matematika
berdasarkan Teori Newman. Jurnal
Pendidikan Matematika Undiksha,
(1), 15–21.
https://doi.org/10.23887/jjpm.v14i1.59
Sariyasa, & Suarni, N. K. (2021).
Development of interactive Android-
based learning media on reproduction
in animals for elementary school
students. AIP Conference Proceedings,
(1), 020003.
Sariyasa, Suryawan, I. P. P., & Hartawan, I.
G. N. Y. (2020). Pelatihan penggunaan
GeoGebra untuk pembelajaran
geometri bagi guru matematika SMP di
Kecamatan Gerokgak. Prosiding
SENADIMAS.
SEAQiM. (2020). Handbook STEM Series:
Proyek Pembelajaran STEM di
Sekolah Dasar. Jakarta: SEAMEO
Regional Centre for Quality
Improvement of Teachers and
Education Personnel in Mathematics.
Silalahi, R. Y., Hartawan, I. G. N. Y., &
Suryawan, I. P. P. (2023).
Pendampingan pembuatan media
pembelajaran matematika berbasis
lingkungan untuk menumbuhkan
karakter peduli lingkungan guru dan
siswa SD Negeri 1 Panji. Prosiding
Seminar Nasional Pengabdian kepada
Masyarakat ke-8.
Syafri, F. S., Sari, N., Nurhayanti, T.,
Faleka, C., & Firmansyah, H. (2023).
Trauma healing anak usia sekolah
pasca banjir dengan permainan
matematika di Kota Bengkulu. Jurnal
ADAM: Jurnal Pengabdian
Masyarakat, 2(1), 150–154.
https://doi.org/10.37081/adam.v2i1.13
Yanti, W. T., & Fauzan, A. (2021). Desain
pembelajaran berbasis mathematical
cognition topik mengenal bilangan
untuk siswa lamban belajar di sekolah
dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6367–
https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6
.1728
Yuliani, S. (2021). Pemanfaatan media
pembelajaran STEM untuk
meningkatkan keterlibatan siswa
sekolah dasar. Jurnal Kajian Teknologi
Pendidikan, 8(3), 201–210.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Raphita Yanisari Silalahi, Sariyasa, I Gusti Nyoman Yudi Hartawan, I Putu Pasek Suryawan, I Nyoman Budayana, Putu Kartika Dewi, I Gusti Ketut Adi Winata

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
