PELATIHAN MEDIA PEMBELAJARAN STEM KONTEKSTUAL DAN KOLABORATIF DI SD NEGERI 2 TUKADSUMAGA

Penulis

  • Raphita Yanisari Silalahi Universitas Pendidikan Ganesha
  • Sariyasa Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gusti Nyoman Yudi Hartawan Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Putu Pasek Suryawan Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nyoman Budayana Universitas Pendidikan Ganesha
  • Putu Kartika Dewi Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gusti Ketut Adi Winata Universitas Pendidikan Ganesha

Kata Kunci:

pelatihan guru, media pembelajaran, STEM, kontekstual, kolaboratif

Abstrak

Kegiatan pengabdian ini bertujuan meningkatkan kompetensi guru dalam merancang media pembelajaran berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) kontekstual dan kolaboratif di SD Negeri 2 Tukadsumaga. Latar belakang kegiatan ini adalah rendahnya pemanfaatan media inovatif dalam pembelajaran Matematika dan IPAS, sehingga siswa mengalami kesulitan memahami konsep dan kurang termotivasi belajar. Pelatihan dilaksanakan melalui tahapan penyampaian materi, praktik pembuatan media, demonstrasi, peer teaching, serta pendampingan lanjutan. Evaluasi dilakukan dengan pre-test, post-test, dan kuesioner untuk menilai pengetahuan, keterampilan, dan respon peserta. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan pada pemahaman guru, di mana sebagian besar yang semula belum mengenal media STEM menjadi mampu merancang serta mengimplementasikannya. Respons peserta juga sangat positif, dengan tingkat kepuasan mencapai 96,1% dan partisipasi 100% sepanjang kegiatan. Dengan demikian, pelatihan ini terbukti efektif serta direkomendasikan untuk dilaksanakan secara berkelanjutan dengan materi STEM yang lebih variatif dan mendalam.

Referensi

Dewi, L. P., & Irawan, B. (2020). Integrasi

STEM dalam pembelajaran untuk

meningkatkan pemahaman konsep

sains siswa sekolah dasar. Jurnal

Pendidikan Dasar Indonesia, 5(2),

–153.

Dewi, P. K., & Silalahi, R. Y. (2023).

Analisis kesalahan siswa SD dalam

menyelesaikan soal HOTS matematika

berdasarkan Teori Newman. Jurnal

Pendidikan Matematika Undiksha,

(1), 15–21.

https://doi.org/10.23887/jjpm.v14i1.59

Sariyasa, & Suarni, N. K. (2021).

Development of interactive Android-

based learning media on reproduction

in animals for elementary school

students. AIP Conference Proceedings,

(1), 020003.

Sariyasa, Suryawan, I. P. P., & Hartawan, I.

G. N. Y. (2020). Pelatihan penggunaan

GeoGebra untuk pembelajaran

geometri bagi guru matematika SMP di

Kecamatan Gerokgak. Prosiding

SENADIMAS.

SEAQiM. (2020). Handbook STEM Series:

Proyek Pembelajaran STEM di

Sekolah Dasar. Jakarta: SEAMEO

Regional Centre for Quality

Improvement of Teachers and

Education Personnel in Mathematics.

Silalahi, R. Y., Hartawan, I. G. N. Y., &

Suryawan, I. P. P. (2023).

Pendampingan pembuatan media

pembelajaran matematika berbasis

lingkungan untuk menumbuhkan

karakter peduli lingkungan guru dan

siswa SD Negeri 1 Panji. Prosiding

Seminar Nasional Pengabdian kepada

Masyarakat ke-8.

Syafri, F. S., Sari, N., Nurhayanti, T.,

Faleka, C., & Firmansyah, H. (2023).

Trauma healing anak usia sekolah

pasca banjir dengan permainan

matematika di Kota Bengkulu. Jurnal

ADAM: Jurnal Pengabdian

Masyarakat, 2(1), 150–154.

https://doi.org/10.37081/adam.v2i1.13

Yanti, W. T., & Fauzan, A. (2021). Desain

pembelajaran berbasis mathematical

cognition topik mengenal bilangan

untuk siswa lamban belajar di sekolah

dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6367–

https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6

.1728

Yuliani, S. (2021). Pemanfaatan media

pembelajaran STEM untuk

meningkatkan keterlibatan siswa

sekolah dasar. Jurnal Kajian Teknologi

Pendidikan, 8(3), 201–210.

Unduhan

Diterbitkan

31-10-2025