PEMBERDAYAAN GURU SEKOLAH DASAR DALAM DETEKSI KESULITAN BELAJAR DAN CALISTUNG
Kata Kunci:
kesulitan belajar, calistung, pemberdayaan guru, sekolah dasarAbstrak
Permasalahan kesulitan belajar dan rendahnya kualitas instruksional calistung (membaca, menulis,
berhitung) pada kelas rendah masih menjadi tantangan utama di sekolah dasar. Program pengabdian ini bertujuan
untuk memberdayakan guru SD di Kota Singaraja agar mampu mengenali ciri-ciri anak berkesulitan belajar serta
meningkatkan kualitas instruksional calistung melalui pelatihan dan pendampingan. Metode pelaksanaan meliputi
koordinasi, pelatihan, pendampingan, evaluasi, dan diseminasi hasil. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan
pengetahuan guru, dengan skor rata-rata pemahaman mengenai kesulitan belajar naik dari 55% menjadi 87%.
Sementara itu, kualitas instruksional calistung juga meningkat, ditandai dengan kenaikan rata-rata penguasaan
siswa dari 60% menjadi 80%. Selain itu, guru menunjukkan kepercayaan diri yang lebih tinggi dalam
mengimplementasikan strategi pembelajaran adaptif di kelas. Dengan demikian, program ini berdampak positif
terhadap peningkatan kapasitas guru sekaligus keterampilan dasar siswa.
Referensi
Ananda, E. R., & Wandini, R. R. (2022). Analisis perspektif guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada pembelajaran matematika sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4173–4181.
Armini, N. K. (2024). Evaluasi metode penilaian perkembangan siswa dan pendidikan karakter dalam kurikulum merdeka pada sekolah dasar. Metta: Jurnal Ilmu Multidisiplin, 4(1), 98–112.
Berliana, A. B., & Nugraha, S. P. (2024). Keefektifan Pelatihan Guru Tahu Untuk Meningkatkan Teacher Well-Being Pada Guru Sekolah Dasar Inklusi. JIP (Jurnal Intervensi Psikologi), 16(1), 43–62.
Iryani, E., Hufad, A., & Rusdiyani, I. (2025). Model Pembelajaran Intens (Inklusif Integrasi Differensiasi). PT. Star Digital Publishing, Yogyakarta-Indonesia.
Karlina, R., Rn, E. M., Afandi, M., & Subhan, M. (2024). Diagnosis Kesulitan Belajar (Dkb) Dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran (JPP), 6(4).
Mahayani, L. P. O., Suarni, N. K., & Margunayasa, I. G. (2025). Analisis Pembelajaran Teori Behavioristik Siswa dalam Pembelajaran IPA berbasis Kontekstual dalam Meningkatkan Semangat Belajar Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 25(1), 671–677.
Oktavia, P., & Ramadhani, S. P. (2025). Perspektif Guru dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Kata pada Anak Disleksia Usia Sekolah Dasar. JANACITTA, 8(1), 72–82.
Paramartha, W. E., Dharsana, I. K., & Syah, M. J. (2024). Penguatan Literasi Digital Dan Kesehatan Mental Pada Guru Sekolah Dasar. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 9(1), 1228–1235.
Paramartha, W. E., & Putra, I. P. A. A. (2025). Modifikasi Permainan Tradisional Dengkleng dalam Peningkatan Pemahaman Seksual Anak Tunagrahita. Jurnal UNIK: Pendidikan Luar Biasa, 10(1), 33–39.
Randan, F., Todingbua, M. A., & Buku, A. (2025). Efektifitas Pelayanan dan Penyediaan Sarana/Prasarana dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Tingkat Sekolah Dasar Dilingkup Dinas Pendidikan Kabupaten Nabire. Journal of Comprehensive Science (JCS), 4(2).
Wardani, N. W., Kusumaningsih, W., & Kusniati, S. (2024). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(1), 134–140.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Ni Ketut Suarni, Dewa Ayu Eka Agustini, I Ketut Dharsana, Kadek Sintya Dewi, Caecilia Berliningrum

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
