PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PELAKSANAAN LAYANAN KONSELING INOVATIF UNTUK MENINGKATKAN KEBAHAGIAAN BELAJAR SISWA SMP DI KECAMATAN BULELENG
Kata Kunci:
Kebahagiaan Belajar, Konseling Inovatif, Pelatihan, PendampinganAbstrak
Rendahnya tingkat kebahagiaan belajar siswa SMP menjadi dasar kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini, yang bertujuan meningkatkan kompetensi guru Bimbingan dan Konseling (BK) dalam menerapkan layanan konseling inovatif. Program ini diikuti oleh 42 guru BK di Kecamatan Buleleng melalui pelatihan dan pendampingan selama empat hari yang mencakup teori, demonstrasi, dan praktik terbimbing. Hasilnya menunjukkan keberhasilan yang sangat signifikan: partisipasi peserta mencapai 100% dan 83,3% guru berhasil meraih kategori kompetensi “Baik” dan “Sangat Baik”. Hal ini menandakan mayoritas peserta telah siap mengimplementasikan keterampilannya untuk mendukung kesejahteraan psikologis siswa di sekolah. Program ini terbukti efektif membekali guru BK dengan perangkat praktis untuk meningkatkan kebahagiaan belajar siswa. Disarankan adanya program tindak lanjut untuk menjaga keberlanjutan dampak positif kegiatan.
Referensi
Beck, A. T. (2011). Cognitive behavior therapy: Basics and beyond (2nd ed.). The Guilford Press.
Cless, J. D. (2020). Cognitive Behavioral Therapy: The Case of Wally. In Foundations of an Applied Practice of Cognitive-Behavioral Therapy. Springer. https://doi.org/10.1007/978-3-030-57310-2_7
Gading, I K., Arum, W.M.P., Lestari, L. P., Rismawan, K. S. G., & Sudarma, I K. (2024). Model Konseling Mindfullness Cognitive behavioral Harmony. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Handika, I., Putri, D., & Ps, S. (2024). Penerapan Konseling Rasional Emotif Dengan Formula ABC untuk Meningkatkan Percaya Diri Siswa Kelas VIII 2 SMP Laboratorium. Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling, 2(1).
Kabat-Zinn, J. (2003). Mindfulness-based stress reduction (MBSR). Constructivism in the Human Sciences, 8(2), 73–107.
Santrock, J. W. (2018). Adolescence (17th ed.). McGraw-Hill Education.
Seligman, M. E. P. (2011). Flourish: A visionary new understanding of happiness and well-being. Free Press.
Waters, L., Barsky, A., Ridd, A., & Allen, K. (2015). Contemplative education: A systematic, evidence-based review of the effect of mindfulness interventions in schools. Educational Psychology Review, 27(1), 103–134.
Yang, J., & Han, K. S. (2020). A rational emotive behavior therapy-based intervention for binge eating behavior management among female students: a quasi-experimental study. Journal of Eating Disorders, 8(1), 1–12. https://doi.org/10.1186/s40337-020-00327-1
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 I Ketut Gading, Putu Aditya Antara , Kade Sathya Gita Rismawan , Ni Putu Astiti Pratiwi, I Made Pradnyana Paradila

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
