MENINGKATKAN KETERAMPILAN GURU SD DALAM MERANCANG MEDIA BERDIFERENSIASI MULTIPLE INTELLIGENCES UNTUK PENDIDIKAN INKLUSI

Penulis

  • I Komang Sudarma Universitas Pendidikan Ganesha
  • Dewa Gede Agus Putra Prabawa Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Made Tegeh Universitas Pendidikan Ganesha
  • Desak Putu Parmiti Universitas Pendidikan Ganesha
  • Dewa Ayu Novi Kusumawardani Universitas Pendidikan Ganesha

Kata Kunci:

pelatihan, diferensiasi, media, multiple intelligences

Abstrak

Hasil analisis situasi menunjukkan guru di sekolah mitra belum banyak memfasilitasi pengembangan kecerdasan majemuk, terutama bagi siswa berkebutuhan khusus. Pengetahuan dan keterampilan guru dalam mendesain pembelajaran berbasis multiple intelligences serta pembuatan media juga masih terbatas. Selain itu, guru belum pernah mendapatkan pelatihan pendidikan inklusi, padahal sekolah menerima anak ABK. Kegiatan PkM ini bertujuan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru dalam pendidikan inklusi, khususnya penyediaan media pembelajaran. Sasaran kegiatan adalah 10 guru SDN 1 Baktiserga yang bermotivasi tinggi. Pelaksanaan berupa pelatihan tatap muka dan pendampingan dua kali dengan metode ceramah, diskusi, tanya jawab, praktik, dan penugasan. Keberhasilan dilihat dari peningkatan skor pretest–posttest dan kualitas media yang dihasilkan. Hasil pelatihan menunjukkan terjadi peningkatan pengetahuan dan keterampilan guru-guru SD Pembuatan Media Berdiferensiasi Multiple Intelligences

Referensi

Arends, R. I. (2004). Learning to teach. McGrw-Hill.

Asfiati, A., & Mahdi, N. I. (2020). Merdeka Belajar bagi Anak Kebutuhan Khusus di SLB Kumala Indah Padangsidimpuan. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(1), 59. https://doi.org/10.24014/kjiece.v3i1.9620

Azhar, A. (2011). Media Pembelajaran. Raja Grafindo Persada.

Daryanto. (2013). Media Pembelajaran. Gava Media.

Gardner, H. (2018). The theory of multiple intelligences: Psychological and educational perspectives. In The Nature of Human Intelligence (pp. 116–129). https://api.elsevier.com/content/abstract/scopus_id/85074331494

Hajhashemi, K. (2018). Multiple intelligences, motivations and learning experience regarding video-assisted subjects in a rural university. International Journal of Instruction, 11(1), 167–182. https://doi.org/10.12973/iji.2018.11112a

Haryono, S., & Sri. (2016). Evaluasi Pendidikan Inklusif bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di Provinsi Jawa Tengah. Jurnal Penelitian Pendidikan, 32(2), 50–57. https://doi.org/10.15294/jpp.v32i2.5057

Joyce, B., Weil, M., & Calhoun, E. (2011). Models of Teaching. Model-model Pengajaran, terjemahan Ahmad Fawaid dan Ateilla Mirza. Pustaka Pelajar.

Liliawati, W. (2017). The concept mastery in the perspective of gender of junior high school students on eclipse theme in multiple intelligences-based of integrated earth and space science learning. In IOP Conference Series: Materials Science and Engineering (Vol. 180, Issue 1). https://doi.org/10.1088/1757-899X/180/1/012039

Sharon E. Smaldino, D. L. L. J. D. R. (2014). Instructional technology & media for learning: Teknologi pembelajaran dan media untuk belajar. Prenada Media.

Sudarma, I. K., & Ilia, W. S. Y. (2021). Improving Children’s Cognitive Ability Through Information Processing Theory-Based Digital Content. International Journal of Elementary Education, 6(1), 118–126. https://doi.org/10.23887/ijee.v6i1

Sudarma, I. K., Pudjawan, K., & Prabawa, D. G. A. P. (2020). Pelatihan strategi pembelajaran berorientasi multiple intelligences bagi guru-guru SD. Pemberdayaan Masyarakat Dalam Memperkokoh Ketahanan Nasional Di Era Kebiasaan Baru.

Sudarma, I. K., Suwatra, W., Gede, D., & Putra Prabawa, A. (2019). The Development of Multiple Intelligence Empowerent-Oriented Learning Media at Elementary Schools. https://doi.org/10.4108/EAI.21-11-2018.2282110

Sudarma, I. K., & Tegeh, I. M. (2018). Pelatihan dan pendampingan pembelajaran berorientasi multiple intelligences bagi guru-guru TK di k

Unduhan

Diterbitkan

31-10-2025