MENINGKATKAN KETERAMPILAN GURU SD DALAM MERANCANG MEDIA BERDIFERENSIASI MULTIPLE INTELLIGENCES UNTUK PENDIDIKAN INKLUSI
Kata Kunci:
pelatihan, diferensiasi, media, multiple intelligencesAbstrak
Hasil analisis situasi menunjukkan guru di sekolah mitra belum banyak memfasilitasi pengembangan kecerdasan majemuk, terutama bagi siswa berkebutuhan khusus. Pengetahuan dan keterampilan guru dalam mendesain pembelajaran berbasis multiple intelligences serta pembuatan media juga masih terbatas. Selain itu, guru belum pernah mendapatkan pelatihan pendidikan inklusi, padahal sekolah menerima anak ABK. Kegiatan PkM ini bertujuan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru dalam pendidikan inklusi, khususnya penyediaan media pembelajaran. Sasaran kegiatan adalah 10 guru SDN 1 Baktiserga yang bermotivasi tinggi. Pelaksanaan berupa pelatihan tatap muka dan pendampingan dua kali dengan metode ceramah, diskusi, tanya jawab, praktik, dan penugasan. Keberhasilan dilihat dari peningkatan skor pretest–posttest dan kualitas media yang dihasilkan. Hasil pelatihan menunjukkan terjadi peningkatan pengetahuan dan keterampilan guru-guru SD Pembuatan Media Berdiferensiasi Multiple Intelligences
Referensi
Arends, R. I. (2004). Learning to teach. McGrw-Hill.
Asfiati, A., & Mahdi, N. I. (2020). Merdeka Belajar bagi Anak Kebutuhan Khusus di SLB Kumala Indah Padangsidimpuan. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(1), 59. https://doi.org/10.24014/kjiece.v3i1.9620
Azhar, A. (2011). Media Pembelajaran. Raja Grafindo Persada.
Daryanto. (2013). Media Pembelajaran. Gava Media.
Gardner, H. (2018). The theory of multiple intelligences: Psychological and educational perspectives. In The Nature of Human Intelligence (pp. 116–129). https://api.elsevier.com/content/abstract/scopus_id/85074331494
Hajhashemi, K. (2018). Multiple intelligences, motivations and learning experience regarding video-assisted subjects in a rural university. International Journal of Instruction, 11(1), 167–182. https://doi.org/10.12973/iji.2018.11112a
Haryono, S., & Sri. (2016). Evaluasi Pendidikan Inklusif bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di Provinsi Jawa Tengah. Jurnal Penelitian Pendidikan, 32(2), 50–57. https://doi.org/10.15294/jpp.v32i2.5057
Joyce, B., Weil, M., & Calhoun, E. (2011). Models of Teaching. Model-model Pengajaran, terjemahan Ahmad Fawaid dan Ateilla Mirza. Pustaka Pelajar.
Liliawati, W. (2017). The concept mastery in the perspective of gender of junior high school students on eclipse theme in multiple intelligences-based of integrated earth and space science learning. In IOP Conference Series: Materials Science and Engineering (Vol. 180, Issue 1). https://doi.org/10.1088/1757-899X/180/1/012039
Sharon E. Smaldino, D. L. L. J. D. R. (2014). Instructional technology & media for learning: Teknologi pembelajaran dan media untuk belajar. Prenada Media.
Sudarma, I. K., & Ilia, W. S. Y. (2021). Improving Children’s Cognitive Ability Through Information Processing Theory-Based Digital Content. International Journal of Elementary Education, 6(1), 118–126. https://doi.org/10.23887/ijee.v6i1
Sudarma, I. K., Pudjawan, K., & Prabawa, D. G. A. P. (2020). Pelatihan strategi pembelajaran berorientasi multiple intelligences bagi guru-guru SD. Pemberdayaan Masyarakat Dalam Memperkokoh Ketahanan Nasional Di Era Kebiasaan Baru.
Sudarma, I. K., Suwatra, W., Gede, D., & Putra Prabawa, A. (2019). The Development of Multiple Intelligence Empowerent-Oriented Learning Media at Elementary Schools. https://doi.org/10.4108/EAI.21-11-2018.2282110
Sudarma, I. K., & Tegeh, I. M. (2018). Pelatihan dan pendampingan pembelajaran berorientasi multiple intelligences bagi guru-guru TK di k
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 I Komang Sudarma, Dewa Gede Agus Putra Prabawa, I Made Tegeh, Desak Putu Parmiti, Dewa Ayu Novi Kusumawardani

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
