OPTIMALISASI PEMBELAJARAN DENGAN AI: PELATIHAN TOOLS AI-DIRECTED, SUPPORTED, DAN EMPOWERED LEARNING BAGI GURU SKB BULELENG
Kata Kunci:
artificial intelligence, AI-directed, AI-supported, AI-empoweredAbstrak
Program pelatihan pemanfaatan AI untuk guru SKB Buleleng ini memiliki urgensi tinggi dari berbagai aspek. Secara akademis, kesenjangan teknologi pendidikan di SKB Buleleng terlihat dari minimnya pemanfaatan AI padahal berbagai penelitian global telah membuktikan efektivitasnya dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Data awal menunjukkan hanya 25% guru yang familiar dengan tools AI, sementara tuntutan pendidikan abad 21 mensyaratkan penguasaan teknologi digital. Kebutuhan ini semakin mendesak mengingat masih jarangnya pelatihan AI yang dikhususkan untuk guru pendidikan non-formal di daerah. Dari aspek sosial, program ini menjadi solusi konkret untuk tantangan pembelajaran di SKB Buleleng yang menghadapi keragaman latar belakang peserta didik. Penerapan AI akan memungkinkan pembelajaran personalisasi yang sangat dibutuhkan dalam pendidikan kesetaraan. Selain itu, tools AI dapat mengurangi beban administratif guru hingga 40%, sehingga mereka dapat lebih fokus pada interaksi pembelajaran. Program ini juga menjadi upaya strategis untuk mengurangi kesenjangan digital antara pendidikan formal dan non-formal di daerah.
Tahapan yang ditempuh pada PkM ini adalah 1) persiapan, 2) pelaksanaan pelatihan, 3) pelaksanaan pendampingan, dan 4) evaluasi. Melalui pelatihan dan pendampingan integrasi aplikasi praktis artificial intelligence (AI) dalam pembelajaran diharapkan dapat menambah pengetahuan dan keterampilan para Guru Pendidikan Non Formal di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kabupaten Buleleng-Bali dalam meningkatkan keterlibatan dan prestasi siswa.
Referensi
BPS Bali. (2023). Statistik Pendidikan Non-Formal Provinsi Bali.
Dirjen Dikti Kemendikbudristek RI. (2024). Buku Panduan Penggunaan Generative AI pada Pembelajaran di Perguruan Tinggi ver1.1 (1). Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan.
Holmes, W., Bialik, M., & Fadel, C. (2019). Artificial intelligence in education promises and implications for teaching and learning. Center for Curriculum Redesign.
Huang, A. Y. Q., Lu, O. H. T., & Yang, S. J. H. (2023). Effects of artificial Intelligence–Enabled personalized recommendations on learners’ learning engagement, motivation, and outcomes in a flipped classroom. Computers and Education, 194. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2022.104684
McGuinness, C., & Fulton, C. (2019). Digital literacy in higher education: A case study of student engagement with e-tutorials using blended learning. Journal of Information Technology Education: Innovations in Practice, 18, 1–28. https://doi.org/10.28945/4190
Soepriyanti, H., Waluyo, U., Sujana, M., & Fitriana, E. (2022). An Exploratory Study of Indonesian Teachers’ Digital Literacy Competences. Technium Soc. Sci. J., 28, 116.
Suartama, I. K., Yasa, I. N., & Triwahyuni, E. (2024). Instructional Design Models for Pervasive Learning Environment: Bridging Formal and Informal Learning in Collaborative Social Learning. Education Sciences, 14(12), 1405. https://doi.org/10.3390/educsci14121405
UNESCO. (2021). AI and education: Guidance for policy-makers. Unesco Paris.
World Economic Forum. (2020). Schools of the future: Defining new models of education for the fourth industrial revolution. World Econ. Forum, 1–33.
Zawacki-Richter, O., Marín, V. I., Bond, M., & Gouverneur, F. (2019, December 1). Systematic review of research on artificial intelligence applications in higher education – where are the educators? International Journal of Educational Technology in Higher Education, Vol. 16. Springer Netherlands. https://doi.org/10.1186/s41239-019-0171-0
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Suartama I Kadek, Luh Putu Putrini Mahadewi, Alexander Hamonangan Simamora, Adrianus I Wayan Ilia Yuda Sukmana, I Komang Sudarma

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
