PELATIHAN BAHASA INGGRIS MELALUI AUTONOMOUS LISTENING ACTIVITY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI PENGELOLA PARIWISATA DI KABUPATEN BULELENG

Penulis

  • Ketut Meirawati Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Putu Pasek Suryawan Universitas Pendidikan Ganesha
  • Wayan Radita Yuda Pradana, S.Pd., M.Pd Universitas Pendidikan Ganesha
  • , I Made Yoga Yasa, S.T., M.T. Universitas Pendidikan Ganesha

Kata Kunci:

pelatihan bahasa Inggris, mendengarkan mandiri, komunikasi pariwisata, Kabupaten Buleleng

Abstrak

Perkembangan pariwisata di Kabupaten Buleleng menuntut peningkatan keterampilan bahasa Inggris, khususnya bagi pengelola pariwisata yang berinteraksi dengan wisatawan mancanegara. Program pengabdian kepada masyarakat ini memberikan pelatihan bahasa Inggris dengan pendekatan kegiatan mendengarkan mandiri untuk meningkatkan kemampuan menyimak dan berbicara. Pelatihan melibatkan staf UPTD Monumen dan Tugu Perjuangan di Kabupaten Buleleng, dengan kombinasi sesi tatap muka dan daring serta pendampingan untuk mendorong praktik mandiri. Evaluasi dilakukan melalui pretest–posttest, observasi, dan angket. Hasil menunjukkan adanya peningkatan kepercayaan diri, kemampuan komunikasi dasar, dan kualitas layanan peserta. Program ini berkontribusi pada peningkatan daya saing layanan pariwisata di Buleleng

Referensi

Abdulloh, M., & Pd. (2018). Improving Speaking Skill Through Presentation Task At The First Year Students Of Palm Oil Polytechnic Citra Widya Edukasi-Bekasi.

Andiani, N. D., Made, N., & ... (2017). Model edukasi pariwisata bagi kelompok sadar wisata di Kabupaten Buleleng. … Seminar Nasional Riset ….

Arfanti, Y. (2021). Penggunaan Bahasa Inggris Sehari-hari Diantara Sesama Guru dan Siswa untuk Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi. Prosiding Seminar Nasional Hasil ….

Asty, H. (2021). Basic Mind Mapping On Mastering Listening Skills For Communication On Asean Economic Community (Aec) And 4.0 Era (Pemetaan Konsep Dasar Penguasaan Keahlian Menyimak Untuk Komunikasi Pada Masyarakat Ekonomi Asean Dan Era 4.0). Gramatika STKIP PGRI Sumatera Barat, 7(2). https://doi.org/10.22202/jg.2021.v7i2.5225

Audina, I. P., Artini, L. P., Dewi, N. L. P. E. S., & Suwastini, N. K. A. (2023). Youtube Videos For Listening Skills During Covid-19 Pandemic: EFL Students’ Views. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Sains Dan Humaniora, 6(3), 327–334. https://doi.org/10.23887/jppsh.v6i3.55809

Aulia, H. N. (2023). Students’ perception towards autonomous listening activity to support their interpretive listening course. digilib.uinsgd.ac.id. https://digilib.uinsgd.ac.id/82297/

Beamer, K. M. (2017). And coyote howled: Listening to the call of interpretive inquiry. Journal of Applied Hermeneutics. http://cdm.ucalgary.ca/index.php/jah/article/view/53317

Byslina Maduwu. (2016). Pentingnya Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah. Warta Edisi : 50, 152(3), 28.

Dewi, K. I. R., Padmadewi, N. N., & Artini, L. P. (2023). Students’ Perception: The Technology Integration into Project-Based Learning in Writing Class. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Sains Dan Humaniora, 6(3), 335–342. https://doi.org/10.23887/jppsh.v6i3.52539

Imana, I. (2022). Students’ attitudes towards online learning in interpretive listening course during the covid–19 pandemic. digilib.iain-palangkaraya.ac.id. http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5297

Kepala Badan Statistik Kabupaten Buleleng. (2021). Statistik Pariwisata Kabupaten Buleleng 2021.

Laia, B., & Zai, E. P. (2020). Motivasi Dan Budaya Berbahasa Inggris Masyarakat Daerah Tujuan Wisata Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Di Tingkat Slta (Studi Kasus: Desa Lagundri …. Jurnal Education and Development.

Li, Y. (2015). Develop Dynamic Assessment for Improving Student Interpretive Listening. digitalcommons.georgiasouthern …. https://digitalcommons.georgiasouthern.edu/sotlcommons/SoTL/2015/109/

Meirawati, D. K., & ... (2022). Penelitian Dampak Model Project Based Learning terhadap Hasil Belajar pada Perkuliahan Bahasa Inggris Sistem Rombel. Jurnal Ilmiah Pendidikan …. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPPG/article/view/56035

Meirawati, D. K., Rismadewi, N. W. M., Edy, I. M., Listartha, S., & ... (2022). Pelatihan dan Pendampingan Pelajaran Bahasa Inggris Berbasis Task-Based Activity UNTUK GURU DAN SISWA SEKOLAH …. Proceeding Senadimas ….

Miller, K. (2017). Using an Interpretive Ethnographic Approach: Respectful Listening. SAGE Research Methods Cases, Part 2. https://researchnow.flinders.edu.au/en/publications/using-an-interpretive-ethnographic-approach-respectful-listening

Miranty, D. (2017). Students’ Perception of Using Randall’s ESL Cyber Listening Lab in the Interpretive Listening Class. Journal Of English Language Studies. http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JELS/article/view/2247

Mufidah, N. (2017). Strategi belajar berbicara bahasa inggris. 1–131.

Ningsih, H. D. P. (2017). Pembelajaran Bahasa Inggris Menggunakan Media Batang Es Krim. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 7(1), 57–64. https://doi.org/10.21009/jiv.0701.5

Putri, N. W. E. (2019). Komunikasi Pemasaran Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng Dalam Meningkatkan Jumlah Wisatawan Di Buleleng. Jurnal Komunikasi Profesional.

Putu, L., Kresnawati, D., & Meirawati, D. K. (2023). Penerapan Lesson Study dalam Mata Kuliah Bahasa Inggris MPK. 8(1), 0–00. https://ejournal2.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_bk

Rohmah, Z. (2009). English As A Global Language: Its Historical Past And Its Future.

Rustamov, I., & ogli, A. I. M. (2023). The Importance Of Listening And Speaking In Learning English. https://phys-tech.jdpu.uz/index.php/fll/article/view/7881

Seo, S., & Takeuchi, K. (2013). Pronunciation and Interpretive-Listening Practice Using Shadowing in Lower Level Courses. 24th Annual Conference of the Central …. https://commons.emich.edu/cgi/viewcontent.cgi?referer=&httpsredir=1&filename=13&article=1000&context=catj&type=additional

Shukri, S. T., & Willink, K. G. (2020). Interpretive discernment and performative listening: Feeling our way toward a performative understanding of interviewing. Departures in Critical Qualitative …. https://online.ucpress.edu/dcqr/article-abstract/9/3/48/111891

Stewart, J. (1983). Interpretive listening: An alternative to empathy. Communication Education. https://doi.org/10.1080/03634528309378559

Tnomat, D., Billik, M. O., & Banu, T. B. J. (2022). The implementation of short English movie to improve students’ vocabulary mastery in interpretive listening class. Saga: Journal of English https://saga.ukdw.ac.id/index.php/SAGA/article/view/121

Ukkas, M. I. A., Cahyadi, D., & Nurabdiansyah, N. (2019). Media Pembelajaran Bahasa Inggris Interaktif Pictionary. TANRA: Jurnal Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni Dan Desain Universitas Negeri Makassar, 6(1), 1. https://doi.org/10.26858/tanra.v6i1.9949

Willmott, H. (2008). Listening, interpreting, commending: A commentary on the future of interpretive accounting research. Critical Perspectives on Accounting. https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S1045235407000469

Unduhan

Diterbitkan

31-10-2025