DEEPER LEARNING DENGAN CODING
Kata Kunci:
keterlibatan, deep learning, coding Scratch, pengalaman belajarAbstrak
Masalah utama pembelajaran saat ini adalah sulitnya melibatkan siswa ke dalam pembelajaran. Apalagi membuat siswa belajar secara mendalam (deep learning). Agar siswa mencapai pembelajaran yang mendalam, maka persyaratan pertama yang harus dipenuhi adalah bahwa siswa harus terlibat secara aktif dalam pembelajaran. Joyful, Mindful, dan Meaningful Learning, pilar-pilar deep learning, sebenarnya saling berkelindan. Siswa harus terlibat, kalua bisa dengan joy, setelah itu baru bisa secara mindful dan meaningful. Sebagai akibat dari belajar mindful dan meaningful ini, secara potensial bisa menghasilkan keberhasilan dalam belajar, yang pada gilirannya akan menimbulkan joy lagi. Tapi bagaimana menyelenggarakan pembelajaran yang joyful, mindful dan meaningful, inilah yang dibahas dalam artikel ini. Artikel membahas tentang hasil Pengabdian Kepada Masyarakat yang melatih guru-guru tentang cara menyelenggarakan pembelajaran yang mendalam. Artikel membahas tentang pemanfaatan coding dalam pembelajaran dan membahas tentang rasional bagaimana coding bisa menjadi kendaraan bagi pembelajaran yang mendalam. Pada kegiatan ini, guru-guru akan dilatih memprogram komputer atau coding dengan menggunakan bahasa pemrograman visual Scratch atau variannya. Targetnya, guru akan mampu mengintegrasikan coding ke dalam pembelajaran, dan dengan pengintegrasian ini keterlibatan siswa dapat ditingkatkan.Referensi
Calao, Luis Alberto, et.al. Developing Mathematical Thinking with Scratch, An Experiment with 6th Grade Students. Springer International Publishing Switzerland 2015, DOI: 10.1007/978-3-319-24258-32.
Calder, Nigel. 2010. Using Scratch: An Integrated Problem Solving Approach to Mathematical Thinking. APCM 15(4)2010.
Computing At School. 2014. Computing in the national curriculum. A guide for secondary teachers. UK: NAACE.
Papert, Seymour. 1999. Logo Phylosophy and Implementation. Logo computer System Inc.
Papert, Seymour and Idit Harel. 2002. Situating Constructionism. Digital Nations: MIT Media Lab.
Prensky, Marc. 2001. Digital Natives, Digital
Immigrant. (From On the Horizon (MCB UUniversity Press, Vol. 9 No. 5, Oct., 2001).
Prensky, Marc. 2009. Teaching Digital Natives. Partnering for Real Learning. UK: Center for Excelence in Media Pratice.
Resnick, Mitchel, John Maloney, and Natalie Rusk. 2009. Scratch: Programming for All.
Communication of the ACM, November 2009. DOI: 10.1145/1592761.1592779
Small, Marian. 2017. Teaching Mathematical Thinking. New York: Teachers Colleges Press.
William, Heidi. 2017. No Fear Coding. Computational Thinking Across The K5 Curriculum. USA: ISTE.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Gede Suweken, I Nyoman Sukajaya, I Wayan Puja Astawa

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
