PELATIHAN PENYUSUNAN BAHAN AJAR BERBASIS STEM BAGI GURU-GURU KIMIA SMA SE KOTA MATARAM DAN LOMBOK BARAT NUSA TENGGARA BARAT

Penulis

  • I Wayan Subagia Universitas Pendidikan Ganesha
  • G. A. B. Widana Universitas Pendidikan Ganesha
  • I N.Suardana Universitas Pendidikan Ganesha
  • I D. K. Sarstrawidana Universitas Pendidikan Ganesha
  • I W. Redhana Universitas Pendidikan Ganesha

Kata Kunci:

penyusunan bahan ajar, pendekatan STEM, , guru kimia

Abstrak

Kegiatan PkM ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru-guru kimia SMA se Kota Mataran dan Lombok Barat Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) dalam penyusunan bahan ajar berbasis pendekatan STEM. Hal tersebut dilakukan karena guru-guru kurang memahami pendekatan STEM secara komprehensif dan kurang berpengalaman menyusun bahan ajar dengan pendekatan STEM. Kegiatan ini dilakukan melalui mode luring dan daring. Mode luring digunakan untuk membangun pemahaman teoretis pendekatan STEM, sedangkan kegiatan daring digunakan untuk membangun keterampilan penyusunan bahan ajar berpendekatan STEM. Kegiatan ini diikuti oleh 45 orang guru kimia SMA dan SMK. Hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa pengetahuan guru-guru kimia tentang pendekanan STEM meningkat dan disertai dengan peningkatan kemampuan menyusun bahan ajar berbasis STEM. Di samping itu, guru-guru menyatakan sangat senang mengikuti pelatihan karena materi pelatihah sejalan dengan ide untuk mengimplementasikan pembelajaran mendalam (deep learning) di sekolah.

Referensi

Asri, Y. N, D.S. Mursyidah, & V. Rizki. 2021. Science, Technology, Engineering, dan Mathematics (STEM): Konsep Dasar dan Praktik dalam Pembelajaran. Sukabumi: Farha Pustaka.

Barokah, S. L., R. S. Wardani, A. R. Umayah, M. K. Huda, & A. F. Hutauruk. 2024. Peran Pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematic) dalam Pembelajaran. Journal of Natural Sciences. Vol.5 No.3: 213-223. DOI: 10.34007/jonas.v5i3.703

Kanadli, S. (2019). A meta-summary of qualitative findings about STEM education.

International Journal of Instruction, 12(1), 959–976.

https://doi.org/10.29333/iji.2019.12162a

Muttaqiin, A. 2023. Pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics) pada Pembelajaran IPA Untuk Melatih Keterampilan Abad 21. Jurnal Pendidikan MIPA. Vol. 13 No.1: 34-45. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i1.819

Priliyanti, A., I W. Muderawan, & S. Maryam. 2021. Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Mempelajari Kimia Kelas XI. Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha. Vol.5. No. 1:11-18.

Rahmawati, A., J. Ariyanto, & D. P. Sari 2018. Profil Komposisi Jenis Dimensi Pengetahuan dalam Kegiatan Pembelajaran Biologi pada Materi Sistem Reproduksi di Kelas XI MIPA SMA X Surakarta. Proceeding Biology Education Conference. Vol. 5. No. 15:554-558.

Rahmi, S. W. 2023. Struktur Sains Sebagai Konsep Metode Ilmiah. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian kepada Masyarakat. Vol 3, No. 3: 81-89

https://jurnal.permapendis-sumut.org/index.php/pema

Rohmanto, R. & T. Setiawan. 2022. Perbardingan Sistem Pembelajaran Luring dan Daring Menggunakan Metode Use Case dan Sequence Diagram. Internal Information System Journal. Vol. 5 No. 2: 53-62

Sitorus, B. 2022. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis STEM

dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas Xii MIPA 7 Sma Negeri 7 Denpasar. Indonesian Journal of Educational Development. Vol. 3 No. 1: 25-33. DOI: 10.5281/zenodo.6566334

Subagia, I W. 2022. Strategi dan Desain Pembelajaran Kimia. Singaraja: Undiksha Press.

Susanti, H. 2022. Problematika Pembelajaran Kimia Peserta Didik pada Pemahaman Konsep dan Penyelesaian Soal-soal Hitungan. Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan. DOI: 10.35931/aq.v16i6.1278 Vol. 16 No. 6: 1929-1944.

Ulfa, S. W. 2018. Mentradisikan Sikap Ilmiah dalam Pembelajaran Biologi. Jurnal Biolokus. Vol. 1 No. 1: 1-10.

Unduhan

Diterbitkan

31-10-2025