CLT, LEARNING ENGAGEMENT, DAN SDG DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SMAN BALI MANDARA

Penulis

  • Ni Luh Putu Era Adnyayanti Universitas Pendidikan Ganesha
  • Wayan Surya Mahayanti Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nyoman Adi Jaya Putra Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Swandana Universitas Pendidikan Ganesha
  • Luh Putu Dian Kresnawati Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gusti Ayu Trifalah Nurhuda Universitas Pendidikan Ganesha
  • Apsari Hadi Universitas Pendidikan Ganesha

Kata Kunci:

SDG, Learning Engagement, CLT, Pembelajaran Bahasa Inggris

Abstrak

Dengan semakin digaungkannya program SDG khususnya pendidikan berkualitas, aktivitas pembelajaran Bahasa Inggris sebisa mungkin dirancang secara kontekstual. Sayangnya, berdasarkan hasil observasi dan interview awal, sekalipun sekolah telah dilengkapi fasilitas dan media pembelajaran yang memadai, keterampilan berkomunikasi dan learning engagement siswa dalam pembelajaran Bahasa Inggris masih kurang. Hal inilah yang melatarbelakangi kegiatan pelatihan ini. Dengan berkolaborasi dengan Windesheim University, dosen dan mahasiswa Undiksha melaksanakan kegiatan pelatihan Bahasa Inggris intensif menggunakan strategi CLT yang menyasar siswa kelas XI. Kegiatan ini terdiri atas 5 tahapan, yaitu: 1) General Discussion, 2) Designing Engaging and Communicative Activities, 3) Intensive English Course, 4) Optimalisasi Learning Engagement, dan 5) Refleksi dan Evaluasi. Kegiatan ini sepenuhnya dilaksanakan secara luring dan intensif selama 2 bulan. Tujuannya agar para siswa dapat merasakan langsung keterlibatan mereka dalam berinteraksi dan berkomunikasi menggunakan Bahasa Inggris di kelas.

Referensi

Abulhul, Z. (2021). Teaching Strategies for Enhancing Student’s Learning. Journal of Practical Studies in Education, 2(3), 1–4. https://doi.org/10.46809/jpse.v2i3.22

Amri, A. (2023). Meningkatkan Keterlibatan Mahasiswa dalam Pembelajaran melalui Platform Mentimeter Increaseing Students ’ Engagement in Learning through Mentimeter Platform. 27, 37–46.

Anggiasti, A. A., & Nugraheni, N. (2024). Upaya Mewujudkan Program Sustainable Development Goals ( SDGs ) dalam Membangun Kualitas Pendidikan Indonesia 2024. Madani : Jurnal Ilmiah Multidisipline, 2(4), 265–272.

Chabeli, M., Nolte, A., & Ndawo, G. (2021). Authentic Learning : A Concept Analysis. 13(4), 12–23. https://doi.org/10.5539/gjhs.v13n4p12

Inamov, U. (2025). COMMUNICATIVE LANGUAGE TEACHING (CLT) APPROACH IN LANGUAGE TEACHING. Web of Teachers Journal, 3(1), 351–353.

Martin, E. (2015). Task-Based Teaching and Learning: Pedagogical Implications. In N. Van Deusen & S. May (Eds.), Second and Foreign Language Education (1st ed., pp. 1–11). Springer, Cham. https://doi.org/https://doi.org/10.1007/978-3-319-02323-6_8-1

Putri, D. (2024). How Communicative Language Enhances Student Engagement in ESL Classrooms. Education and Library Journal, 1–10. https://online-journal.unja.ac.id/edlib/article/view/41144/19920

Unduhan

Diterbitkan

31-10-2025