MODEL SuBAT UNTUK MENDUKUNG KESEHATAN DAN KOMPETENSI GURU DALAM PEMBELAJARAN BERKELANJUTAN DI SEKOLAH DASAR BERBASIS RELIGI DI SINGARAJA

Penulis

  • Nia Erlina Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Ketut Sudiana Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Sukra Warpala Universitas Pendidikan Ganesha
  • Putu Prima Juniartina Universitas Pendidikan Ganesha
  • M. Rudi Irwansyah Universitas Pendidikan Ganesha

Kata Kunci:

Kesehatan, Kompetensi Guru

Abstrak

Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mendukung kualitas kesehatan dan kinerja guru dengan menerapkan model SuBAT. Kegiatan pelatihan dilakukan pada dua sekolah binaan berbasis religi di Singaraja. Tahapan yang diterapkan dalam pengabdian ini menggunakan model Sustainability-Based Action Teacher (Subat) yaitu Pre-Upgrading Orientation, Prelimanary Body and Mental Scan, Learning with Experts, dan Preparation in Action, Action, Body and Mental Scan for Evaluating dan Sustain of Action and Communication. Hasil kegiatan pengabdian menunjukkan: (1) hasil pemeriksaan kesehatan, (2) peningkatan pengetahuan PTM, dan (3) peningkatan kompetensi guru. Hasil kegiatan pengabdian telah memberikan dampak positif terhadap sekolah binaan sesuai tujuan kegiatan.

Referensi

Ardellea, F., & Hamdu, G. (2022). Pentingnya kemampuan guru sekolah dasar dalam mengembangkan soal tes literasi dan numerasi berbasis Education for Sustainable Development (ESD). Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(02), 220-227.

Balta, N., Michinov, N., Balyimez, S., & Ayaz, M. F. (2017). A meta-analysis of the effect of peer instruction on learning gain: Identification of informational and cultural moderators. International Journal of Educational Research, 86, 66-77.

Bascopé, M., Perasso, P., & Reiss, K. (2019). Systematic review of education for sustainable development at an early stage: Cornerstones and pedagogical approaches for teacher professional development. Sustainability, 11(3), 719.

Bonilla-Jurado, D., Zumba, E., Lucio-Quintana, A., Yerbabuena-Torres, C., Ramírez-Casco, A., & Guevara, C. (2024). Advancing university education: Exploring the benefits of education for sustainable development. Sustainability, 16(17), 7847.

Dahlan R, M., Samsuri, Malihatun, E., Morisson, B., Abdurrohman, A., Basyit, A., & Madali. (2025, June). Teachers’ motivation in developing quality learning in rural schools in Indonesia. In Frontiers in Education (Vol. 10, p. 1597989). Frontiers Media SA.

de Pauw, J. B., Gericke, N., Olsson, D., & Berglund, T. (2015). The effectiveness of education for sustainable development. Sustainability, 7(11), 1-25.

Erlina, N., Suparta, I. N., Setiawan, K. H., Mansyur, M., Pandiangan, P., & Wicaksono, I. (2025). Health promotion and teacher performance within distance learning through the sustainability-based action teacher model. Asian Association of Open Universities Journal. 20 (2): 196–212.

Isnaini, N., & Sumardi, L. (2025). Manajemen pengembangan kompetensi guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan pada kelompok kerja guru olahraga di kecamatan Praya. JPAP (Jurnal Praktisi Administrasi Pendidikan), 9(2), 75-80.

Jayanti, M. I., & Umar, U. (2024). peningkatan Kompetensi guru dalam menyusun program yang berdampak pada murid. Taroa: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 117-127.

Kinanthi, G. S., Saputri, N. F., & Rosita, N. A. (2024). Pentingnya pengembangan kompetensi profesionalisme guru dalam menghadapi transformasi pendidikan abad 21. In Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series (Vol. 7, No. 3).

Lamanauskas, V., & Malinauskienė, D. (2024). Education for sustainable development in primary school: Understanding, importance, and implementation. European journal of science and mathematics education, 12(3), 356-373.

Marnata, A., Solehati, F., & Novelya, P. W. (2023). Hubungan pola makan yang mengandung Purin dengan penyakit Asam Urat (Gout Hyperuricemia) pada orang dewasa di kelurahan Karangrejo Sumbersari Jember. Jurnal Ilmiah Kedokteran dan Kesehatan, 2(2), 66-71.

Muchtar, F. (2025). Edukasi kesehatan pencegahan dan pengendalian diabetes mellitus pada masyarakat di Desa Ranooha Raya. Babakti: Journal of Community Engangement, 2(1), 17-27.

Ni Wayan, N. W. (2025). Gambaran pola aktivitas fisik dan diet pada pra lansia sebagai deteksi dini hipertensi di wilayah kerja puskesmas 1 Gianyar (Doctoral dissertation, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Wira Medika Balo).

Rosni, R. (2021). Kompetensi guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 7(2), 113-124.

Salam, A., & Hamdu, G. (2022). Penerapan education for sustainable development (ESD) dalam media pembelajaran elektronik di kelas v sekolah dasar: perspektif guru. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(1), 161-172.

Surjanti, J., Rafsanjani, M. A., Kurniawan, R. Y., Fitrayati, D., & Musfidah, H. (2024). Exploring the predictor of pre-service teacher intention toward environmental education: Lesson from Adiwiyata School in Indonesia. International Journal of Sustainable Development & Planning, 19(11).

Susanti, L., Hernawan, A. H., Dewi, L., Najmudin, D., & Abdurohim, R. (2024). Enhancing teacher competencies in ESD: A framework for professional development. Inovasi Kurikulum, 21(4), 2305-2330.

Taufiqurokhman, T., & Andriasyah, A. (2024). Pemberdayaan guru dalam pendidikan kesehatan mental di paud harapan kita kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten Empowerment of Teachers in Mental Health Education at PAUD Harapan Kita, Pandeglang Regency, Banten Province. vol, 9, 787-797.

Waratmaja, T. S., & Isaura, E. R. (2022). Relationship of physical activity and balanced diet with nutritional status of students at sma negeri 3 Balikpapan during online learning. National Nutrition Journal/Media Gizi Indonesia, 17(3).

Zahra, N., & Siregar, F. M. (2023). Prevalensi prehipertensi dan hipertensi pada mahasiswa profesi dokter Fakultas Kedokteran Universitas Riau tahun 2020. Jurnal Kedokteran Dan Kesehatan, 19(1), 50-64.

Unduhan

Diterbitkan

31-10-2025