PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PEMBUATAN MEDIA AJAR HURUF JEPANG BAGI GURU BAHASA JEPANG DI KABUPATEN BULELENG

Penulis

  • Yeni Universitas Pendidikan Ganesha
  • Kadek Eva Krishna Adnyani Universitas Pendidikan Ganesha
  • Gede Satya Hermawan Universitas Pendidikan Ganesha
  • Putu Dewi Merlyna Yuda Pramesti Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gusti Ngurah Sura Ardana Universitas Pendidikan Ganesha
  • Peby Gunarto Universitas Pendidikan Ganesha

Kata Kunci:

media ajar, huruf Jepang, , pelatihan

Abstrak

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk membantu guru bahasa Jepang di
Kabupaten Buleleng dalam membuat dan mengembangkan media ajar huruf Jepang. Peserta pelatihan
sebanyak empat orang guru bahasa Jepang yang tergabung dalam MGMP Bahasa Jepang Kabupaten
Buleleng. Metode yang digunakan yaitu diklat/pelatihan disertai diskusi, tanya jawab, dan unjuk
kerja/praktik. Evaluasi kegiatan meliputi tiga aspek, yaitu evaluasi proses, evaluasi hasil, dan evaluasi
program. Evaluasi proses melalui kegiatan observasi/pengamatan menunjukkan bahwa peserta aktif dan
antusias selama pelatihan berlangsung. Evaluasi hasil menunjukkan bahwa peserta mampu menguasai
materi yang disampaikan oleh narasumber dan dapat membuat media ajar huruf Jepang dengan baik.
Selanjutnya, evaluasi program yang dilakukan dengan penyebaran kuesioner kepada peserta
menunjukkan sikap positif terhadap kegiatan pelatihan dan kegiatan dapat mencapai tujuan pelatihan.

Referensi

Fanani, Z. 2011. Pembelajaran Kanji Berbasis IT. International Symposium and Workshop “How to Prepare Professional Japanese Teacher”. Surabaya: Unesa Press.

Hamalik, O. (1994). Media Pendidikan. Bandung: Citra Adtya Bakti.

Mahnun, N. 2012. Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). Jurnal Pemikiran Islam, 1(37), 27-33.

Munadi, Y. 2008. Media Pembelajaran: Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Gaung Persada Press.

Rohani, A. 1997. Media Istruksional Edukaktif. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjianto & Dahidi, A. 2007. Pengantar Linguistik Bahasa Jepang. Jakarta: Kesaint Blanc.

Tafanao, T. 2018. Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103-114.

The Japan Foundation. 2021. Survey Report on Japanese-Language Education Abroad. Available : https://www.jpf.go.jp/e/project/japanese/survey/result/dl/survey2021/2_Southeast_Asia.pdf

Usman, M. Bassyiruddin dan Asnawir. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Delia Citra Utama.

Unduhan

Diterbitkan

31-10-2025