PEMBINAAN SEKOLAH DALAM RANGKA OPTIMALISASI PERSIAPAN PROGRAM MAKAN BERGIZI GRATIS MENUJU SISWA SD YANG SEHAT DAN BERKARAKTER

Penulis

  • Nice Maylani Asril Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Komang Arie Suwastini Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Putu Ngurah Wage Myartawan Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Nengah Suartini Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Made Satyawan Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Nyoman Artini Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gusti Made Arya Suta Wirawan Wirawan Universitas Pendidikan Ganesha

Kata Kunci:

MBG, Sekolah Dasar, Sehat Berkarakter

Abstrak

Program Makan Bergizi Gratis (MBG) merupakan program pemerintah sebagai respon atas permasalahan gizi yang masih memengaruhi kesehatan dan capaian belajar siswa. Latar belakang program ini bertumpu pada pentingnya gizi seimbang bagi perkembangan fisik, kognitif, dan karakter anak sekolah dasar. Metode pelaksanaan meliputi identifikasi kesiapan sekolah, pelatihan guru dan orang tua, penyediaan makanan bergizi berbasis pangan lokal, integrasi edukasi gizi dalam kurikulum, serta kolaborasi dengan masyarakat dan pengusaha lokal. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan status gizi siswa, pemahaman gizi yang lebih baik, perubahan karakter positif seperti disiplin dan tanggung jawab, serta dukungan kuat dari orang tua dan guru. Evaluasi program melalui survei, wawancara, dan pengukuran kesehatan mengungkap rata-rata penilaian sangat baik pada kualitas makanan, penerimaan siswa, serta dampak terhadap pembentukan karakter. Dari ketiga sekolah peserta pembinaan hanya SD Negeri 1 Banjar Jawa yang telah menyelenggarakan program ini namun inklusi pemahaman terkait MBG tetap diberikan kepada sekolah lain guna persiapan penyelenggaraan yang lebih baik

Referensi

Arafin, M. (2024). Impact of school meals in Bangladesh. World Journal of Advanced Research and Reviews. https://doi.org/10.30574/wjarr.2024.23.3.2663

Barnabás, B., Agyemang, S. A., Zhllima, E., & Bavorová, M. (2023). Impact of Homegrown School Feeding Program on Smallholders’ Farmer Household Food Security in Northeastern Nigeria. Foods. https://doi.org/10.3390/foods12122408

Budiyanto, M. A. K., Aminah, T., & Husmah, H. (2021). Character Education Strategies of Eating in Indonesian Schools. International Journal of Social Science and Human Research, 04(03), 229–232. https://doi.org/10.47191/ijsshr/v4-i3-01

Candriasih, P., Tempali, S. R., Wijianto, & Taslim. (2023). Character Formation of Nutrition Aware Adolescents in an Effort to Prevent Triple Burden in Students of the Civil Integrated Model High School in Palu City Department of Nutrition , Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Palu , Palu , Central Sulawesi. Poltekita: Jurnal Ilmu Kesehatan, 17(2), 426–436. https://doi.org/https://doi.org/10.33860/jik.v17i2.2558

Chatterjee, P., & Nirgude, A. (2024). A Systematic Review of School-Based Nutrition Interventions for Promoting Healthy Dietary Practices and Lifestyle Among School Children and Adolescents. Cureus. https://doi.org/10.7759/cureus.53127

Demilew, Y. M., Demilew, Y. M., Nigussie, A. A., & Nigussie, A. A. (2020). The relationship between school meals with thinness and stunting among primary school students, in Meket Wereda, Ethiopia: comparing schools with feeding and non-feeding program. BMC Nutrition. https://doi.org/10.1186/s40795-020-00358-3

Imron, A., Mustiningsih, M., Rochmawati, R., Kasimba, R. P., Dami, Z. A., & Nisa, K. (2023). Healthy living character-building strategies: A systematic literature review. Cogent Social Sciences, 9(1). https://doi.org/10.1080/23311886.2023.2195080

Rumayya S.E. Ph.D., M. R. D., Rahayu, T., Nindya, T., Prameswari, Z., & Akhsani, O. (2023). Socialization And Training In Wild Plant Processing Superfood For PKK Women And Primary School Children To Overcome Stunting In Kuripansari Village. Jurnal Layanan Masyarakat (Journal of Public Services). https://doi.org/10.20473/jlm.v8i1.2024.074-085

Siddika, M. A., & Chakraborty, D. (2024). The Role Of Nutrition In Early Childhood Development And Its Impact On Educational Outcomes. Non Human Journal. https://doi.org/10.70008/jeser.v1i01.55

Stapp, A., Stapp, A. C., Stapp, A. C., Valliant, M., Valliant, M. W., Knight, K., Knight, K., Goldthorpe, L., & Goldthorpe, L. (2019). Teachers’ Perceptions of Nutrition-Integrated Curriculum and its Impact on Development and Sustainability. Research Journal of Food and Nutrition. https://doi.org/10.22259/2637-5583.0301004

Unduhan

Diterbitkan

31-10-2025