PEMBINAAN IMPLEMENTASI PENDEKATAN DEEP LEARNING DALAM PEMBELAJARAN DENGAN BANTUAN BERBAGAI MEDIA PADA SMA DI KOTA SINGARAJA

Penulis

  • Gede Rasben Dantes Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ida Bagus Putu Arnyana Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Wayan Surya Mahayanti Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nyoman Pasek Hadi Saputra Universitas Pendidikan Ganesha
  • Muhammad Idris Universitas Pendidikan Ganesha
  • Luh Putu Dian Kresnawati Universitas Pendidikan Ganesha

Kata Kunci:

deep learning, learning media, learning technology

Abstrak

Kegiatan pengabdian ini merupakan pembinaan kepada sekolah dalam rangka penerapan pendekatan Deep
Learning dalam pembelajaran di SMA 2 Singaraja, SMA 3 Singaraja, dan SMA 4 Singaraja, Bali, yang bertujuan
untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Deep Learning menekankan pemahaman mendalam, berpikir kritis, dan
pembelajaran berbasis teknologi digital. Program pendampingan yang dilaksanakan mencakup pelatihan guru,
pengembangan modul pembelajaran, dan evaluasi berkelanjutan. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan
signifikan dalam pemahaman konsep siswa, keterlibatan aktif, dan kemampuan berpikir kritis. Siswa lebih berani
mengemukakan pendapat dan terlibat dalam diskusi, sementara guru menunjukkan kemampuan yang lebih baik
dalam mengelola kelas. Meskipun terdapat tantangan seperti keterbatasan infrastruktur dan pemahaman teknologi,
program ini berhasil menciptakan suasana belajar yang interaktif dan menyenangkan. Keberlanjutan program ini
penting untuk memperkuat kompetensi guru dan memfasilitasi penggunaan teknologi secara optimal, sehingga
diharapkan dapat menjadi model bagi sekolah-sekolah lain di Kabupaten Buleleng dan daerah lainnya di Indonesia.

Referensi

Biggs, J., Biggs, J. B., Tang, C. S., & Tang, C. S. (1999). Teaching for Quality Learning at University: What the Student Does. https://www.semanticscholar.org/paper/d337b60f91582e8bb0f9e80764ce10f2c9fb7ca1

Ennis, R. H., & Ennis, R. H. (2018). Critical Thinking Across the Curriculum: A Vision. Topoi-an International Review of Philosophy. https://doi.org/10.1007/s11245-016-9401-4

Garrison, D. R., Garrison, D. R., & Garrison, D. R. (2011). E-Learning in the 21st Century: A Framework for Research and Practice, 2nd edition. https://doi.org/10.4324/9780203838761

Gee, J. P., & Gee, J. P. (2007). What Video Games Have to Teach Us About Learning and Literacy. Second Edition: Revised and Updated Edition. Conference on Computability in Europe.

Hendrianty, B. J., Ibrahim, A., Iskandar, S., & Mulyasari, E. (2024). Membangun Pola Pikir Deep Learning Guru Sekolah Dasar. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan. https://doi.org/10.20961/jkc.v12i3.96699

Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah Republik Indonesia. (2025). Pembelajaran Mendalam (1st ed.). Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah Republik Indonesia.

Machado, A., Machado, A., Silva, F. J., & Silva, F. J. (1998). Greatness and misery in the teaching of the psychology of learning. Journal of the Experimental Analysis of Behavior, 70(2), 215–234. https://doi.org/10.1901/jeab.1998.70-215

Magolda, M. B. B. (2004). Making Their Own Way: Narratives for Transforming Higher Education to Promote Self-Development (1st ed.). Routledge. https://doi.org/https://doi.org/10.4324/9781003445883

Mayer, R. E., & Mayer, R. E. (2009). Multimedia Learning: Principles for Managing Essential Processing in Multimedia Learning. Visible Learning Guide to Student Achievement, 171–174. https://doi.org/10.1017/cbo9780511811678.012

Priatna, W., Priatna, W., Purnomo, R., Purnomo, R., Putra, T. D., & Putra, T. D. (2021). Implementasi Deep Learning Untuk Rekomendasi Aplikasi E-learning Yang Tepat Untuk Pembelajaran jarak jauh. Jurnal Kajian Ilmiah. https://doi.org/10.31599/jki.v21i3.521

Santoso, H. (2025). Integrasi Teknologi Deep Learning dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Era Digital. JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL. https://doi.org/10.38035/jmpis.v6i2.4041

Unduhan

Diterbitkan

31-10-2025