PEMBINAAN IMPLEMENTASI PENDEKATAN DEEP LEARNING DALAM PEMBELAJARAN DENGAN BANTUAN BERBAGAI MEDIA PADA SMA DI KOTA SINGARAJA
Kata Kunci:
deep learning, learning media, learning technologyAbstrak
Kegiatan pengabdian ini merupakan pembinaan kepada sekolah dalam rangka penerapan pendekatan Deep
Learning dalam pembelajaran di SMA 2 Singaraja, SMA 3 Singaraja, dan SMA 4 Singaraja, Bali, yang bertujuan
untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Deep Learning menekankan pemahaman mendalam, berpikir kritis, dan
pembelajaran berbasis teknologi digital. Program pendampingan yang dilaksanakan mencakup pelatihan guru,
pengembangan modul pembelajaran, dan evaluasi berkelanjutan. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan
signifikan dalam pemahaman konsep siswa, keterlibatan aktif, dan kemampuan berpikir kritis. Siswa lebih berani
mengemukakan pendapat dan terlibat dalam diskusi, sementara guru menunjukkan kemampuan yang lebih baik
dalam mengelola kelas. Meskipun terdapat tantangan seperti keterbatasan infrastruktur dan pemahaman teknologi,
program ini berhasil menciptakan suasana belajar yang interaktif dan menyenangkan. Keberlanjutan program ini
penting untuk memperkuat kompetensi guru dan memfasilitasi penggunaan teknologi secara optimal, sehingga
diharapkan dapat menjadi model bagi sekolah-sekolah lain di Kabupaten Buleleng dan daerah lainnya di Indonesia.
Referensi
Biggs, J., Biggs, J. B., Tang, C. S., & Tang, C. S. (1999). Teaching for Quality Learning at University: What the Student Does. https://www.semanticscholar.org/paper/d337b60f91582e8bb0f9e80764ce10f2c9fb7ca1
Ennis, R. H., & Ennis, R. H. (2018). Critical Thinking Across the Curriculum: A Vision. Topoi-an International Review of Philosophy. https://doi.org/10.1007/s11245-016-9401-4
Garrison, D. R., Garrison, D. R., & Garrison, D. R. (2011). E-Learning in the 21st Century: A Framework for Research and Practice, 2nd edition. https://doi.org/10.4324/9780203838761
Gee, J. P., & Gee, J. P. (2007). What Video Games Have to Teach Us About Learning and Literacy. Second Edition: Revised and Updated Edition. Conference on Computability in Europe.
Hendrianty, B. J., Ibrahim, A., Iskandar, S., & Mulyasari, E. (2024). Membangun Pola Pikir Deep Learning Guru Sekolah Dasar. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan. https://doi.org/10.20961/jkc.v12i3.96699
Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah Republik Indonesia. (2025). Pembelajaran Mendalam (1st ed.). Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah Republik Indonesia.
Machado, A., Machado, A., Silva, F. J., & Silva, F. J. (1998). Greatness and misery in the teaching of the psychology of learning. Journal of the Experimental Analysis of Behavior, 70(2), 215–234. https://doi.org/10.1901/jeab.1998.70-215
Magolda, M. B. B. (2004). Making Their Own Way: Narratives for Transforming Higher Education to Promote Self-Development (1st ed.). Routledge. https://doi.org/https://doi.org/10.4324/9781003445883
Mayer, R. E., & Mayer, R. E. (2009). Multimedia Learning: Principles for Managing Essential Processing in Multimedia Learning. Visible Learning Guide to Student Achievement, 171–174. https://doi.org/10.1017/cbo9780511811678.012
Priatna, W., Priatna, W., Purnomo, R., Purnomo, R., Putra, T. D., & Putra, T. D. (2021). Implementasi Deep Learning Untuk Rekomendasi Aplikasi E-learning Yang Tepat Untuk Pembelajaran jarak jauh. Jurnal Kajian Ilmiah. https://doi.org/10.31599/jki.v21i3.521
Santoso, H. (2025). Integrasi Teknologi Deep Learning dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Era Digital. JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL. https://doi.org/10.38035/jmpis.v6i2.4041
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Gede Rasben Dantes, Ida Bagus Putu Arnyana, Ni Wayan Surya Mahayanti, I Nyoman Pasek Hadi Saputra, Muhammad Idris, Luh Putu Dian Kresnawati

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
