PENGEMBANGAN WEBSITE PROMOSI PRODUK PERIKANAN MENGGUNAKAN GOOGLE SITES BAGI KELOMPOK NELAYAN SEGARA GUNUNG

Penulis

  • I Gede Wiratmaja Universitas Pendidikan Ganesha
  • Edi Elisa Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nyoman Pasek Nugraha Universitas Pendidikan Ganesha
  • Nyoman Arya Wigraha Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ida Bagus Putu Purwadnyana Universitas Pendidikan Ganesha

Kata Kunci:

Produk perikanan, digital marketing, petani kopi, pemasaran produk., teknologi digital

Abstrak

Seiring perkembangan zaman dan meningkatnya kebutuhan pasar akan akses informasi yang cepat dan transparan, sistem pemasaran tradisional yang selama ini digunakan oleh kelompok nelayan Segara Gunung mulai tidak relevan yang mengakibatkan proses pemasaran produk perikanan masih terbatas pada pangsa pasar lokal dan masih sangat bergantung pada perantara pihak ketiga, yang berdampak pada nilai jual produk perikanan yang rendah. Salah satu langkah strategis dan aplikatif dalam upaya mendukung usaha digitalisasi pemasaran produk perikanan ini adalah dengan memberikan pelatihan guna membekali nelayan kemampuan untuk membuat dan mengelola website produk perikanan secara mandiri. Metode pelatihan yang digunakan dalam program pengabdian masyarakat ini berupa pelatihan langsung dan diperoleh hasil berupa peningkatan kemampuan literasi digital anggota kelompok nelayan, khususnya dalam penggunaan perangkat digital (gadget) dan akses internet serta menghasilkan sebuah media promosi digital kelompok nelayan yang lebih modern, praktis, dan mudah diakses dalam usaha meningkatkan daya saing produk perikanan pada skala pemasaran yang lebih luas.

Referensi

Aliviyanti, D., Semedi, B., Yona, D., Asadi, M. A., Kasitowati, R. D., Dewi, C. S. U., … Isdianto, A. (2021). Upaya Penguatan Manajemen Pemasaran Hasil Perikanan Berbasis Media Online di TPI Sendangbiru, Kabupaten Malang, Indonesia. Abdi Geomedisains, 1(2), 59–67.https://doi.org/10.23917/abdigeomedisains.v1i2.199

Arianto Pasaribu, S., Nababan, J., Rozy, A., Martyna Theodora, E., & Faisal, E. (2023). Implementasi Website E-Commerce Menggunakan Google Sites Untuk Meningkatkan Penjualan Nelayan Desa Bagan Deli. Jurnal Minfo Polgan, 12(1), 1551–1556. https://doi.org/10.33395/jmp.v12i1.12886

Pratiwi, P. I., Wijaya, I. N. S. W., Dewi, N. A. W. T., Pradnyana, I. K. A., Sekarini, N. N. A. D., Putra, I. K. A. S., & Prasetya, I. P. G. A. (2025). Digitalisasi UMKM Melalui Pembuatan Website : Strategi Pengembangan Usaha Sambal Ikan di UMKM Loka Muda Nusa Penida. Jurnal Widya Laksana, 14(1). https://doi.org/10.23887/jwl.v14i1.85202

Ramadan Kurniawan, A., Timur, R., Hakim, M. N. M., & Sutabri, T. (2023). Strategi Pemasaran Digital Budidaya Ikan. Lokawati : Jurnal Penelitian Manajemen Dan Inovasi Riset, 2(1), 140–145. https://doi.org/10.61132/lokawati.v2i1.498

Robihul Mufid, M., Nafis, Z., Basofi, A., Mawaddah, S., Ikawati, Y., Fariza, A., … Medya Mahardhika, Y. (2024). Strategi Pemasaran Ikan dengan Pembuatan Sistem Informasi Pemasaran Ikan Berbasis Web di Desa Rejosari Kabupaten Lamongan. J-Dinamika, 9(2), 373–381. https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v9i2.5193

Unduhan

Diterbitkan

31-10-2025