PENGEMBANGAN WEBSITE PROMOSI PRODUK PERIKANAN MENGGUNAKAN GOOGLE SITES BAGI KELOMPOK NELAYAN SEGARA GUNUNG
Kata Kunci:
Produk perikanan, digital marketing, petani kopi, pemasaran produk., teknologi digitalAbstrak
Seiring perkembangan zaman dan meningkatnya kebutuhan pasar akan akses informasi yang cepat dan transparan, sistem pemasaran tradisional yang selama ini digunakan oleh kelompok nelayan Segara Gunung mulai tidak relevan yang mengakibatkan proses pemasaran produk perikanan masih terbatas pada pangsa pasar lokal dan masih sangat bergantung pada perantara pihak ketiga, yang berdampak pada nilai jual produk perikanan yang rendah. Salah satu langkah strategis dan aplikatif dalam upaya mendukung usaha digitalisasi pemasaran produk perikanan ini adalah dengan memberikan pelatihan guna membekali nelayan kemampuan untuk membuat dan mengelola website produk perikanan secara mandiri. Metode pelatihan yang digunakan dalam program pengabdian masyarakat ini berupa pelatihan langsung dan diperoleh hasil berupa peningkatan kemampuan literasi digital anggota kelompok nelayan, khususnya dalam penggunaan perangkat digital (gadget) dan akses internet serta menghasilkan sebuah media promosi digital kelompok nelayan yang lebih modern, praktis, dan mudah diakses dalam usaha meningkatkan daya saing produk perikanan pada skala pemasaran yang lebih luas.
Referensi
Aliviyanti, D., Semedi, B., Yona, D., Asadi, M. A., Kasitowati, R. D., Dewi, C. S. U., … Isdianto, A. (2021). Upaya Penguatan Manajemen Pemasaran Hasil Perikanan Berbasis Media Online di TPI Sendangbiru, Kabupaten Malang, Indonesia. Abdi Geomedisains, 1(2), 59–67.https://doi.org/10.23917/abdigeomedisains.v1i2.199
Arianto Pasaribu, S., Nababan, J., Rozy, A., Martyna Theodora, E., & Faisal, E. (2023). Implementasi Website E-Commerce Menggunakan Google Sites Untuk Meningkatkan Penjualan Nelayan Desa Bagan Deli. Jurnal Minfo Polgan, 12(1), 1551–1556. https://doi.org/10.33395/jmp.v12i1.12886
Pratiwi, P. I., Wijaya, I. N. S. W., Dewi, N. A. W. T., Pradnyana, I. K. A., Sekarini, N. N. A. D., Putra, I. K. A. S., & Prasetya, I. P. G. A. (2025). Digitalisasi UMKM Melalui Pembuatan Website : Strategi Pengembangan Usaha Sambal Ikan di UMKM Loka Muda Nusa Penida. Jurnal Widya Laksana, 14(1). https://doi.org/10.23887/jwl.v14i1.85202
Ramadan Kurniawan, A., Timur, R., Hakim, M. N. M., & Sutabri, T. (2023). Strategi Pemasaran Digital Budidaya Ikan. Lokawati : Jurnal Penelitian Manajemen Dan Inovasi Riset, 2(1), 140–145. https://doi.org/10.61132/lokawati.v2i1.498
Robihul Mufid, M., Nafis, Z., Basofi, A., Mawaddah, S., Ikawati, Y., Fariza, A., … Medya Mahardhika, Y. (2024). Strategi Pemasaran Ikan dengan Pembuatan Sistem Informasi Pemasaran Ikan Berbasis Web di Desa Rejosari Kabupaten Lamongan. J-Dinamika, 9(2), 373–381. https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v9i2.5193
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 I Gede Wiratmaja, Edi Elisa, I Nyoman Pasek Nugraha, Nyoman Arya Wigraha, Ida Bagus Putu Purwadnyana

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
