PEMANFAATAN PROJECT CITIZEN SEBAGAI ALTERNATIF PROGRAM PENGUATAN PROFIL PELAJAR PACASILA BAGI GURU DAN SISWA DI SMP SEKECAMATAN SAWAN
Kata Kunci:
Project Citizen, Co-curricular, Portfolio Assessment, Understanding, Values of the Pancasila Student ProfileAbstrak
Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SMP Negeri Kecamatan Sawan masih
kurang efektif karena keterbatasan pemahaman, komitmen, dan keterampilan pedagogis guru. Untuk
mengatasinya, kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) memperkenalkan model Project Citizen (PC)
sebagai alternatif P5, dengan tujuan meningkatkan kapasitas guru dalam menerapkan PC, melaksanakan penilaian
autentik, serta menumbuhkan pemahaman dan pembiasaan nilai-nilai Pancasila pada siswa. Program ini
melibatkan guru dari SMP Negeri 1, 2, dan 3 Sawan, termasuk kepala sekolah dan kelompok belajar siswa, melalui
pelatihan, pemodelan, tugas praktik, pendampingan, serta evaluasi kolaboratif. Data dikumpulkan melalui
observasi, wawancara, angket, dan inventori siswa, lalu dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil
menunjukkan guru mampu menerapkan PC dengan skor rata-rata 74,92 (cukup baik) dan penilaian autentik dengan
skor 83,46 (baik). Siswa memperoleh skor kategori cukup hingga baik dalam memahami, menerima, dan
membiasakan nilai-nilai Pancasila. Dengan demikian, model PC berbasis portofolio layak menjadi alternatif
pelaksanaan P5.
Referensi
Anom Sarwa Adi Wisesa, I Made Pasek, I Wayan Lasmawan, I Nengah Suastika (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Project Citizen terhadap Keterampilan Berpikir dan Hasil Belajar PPKn Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Busungbiu. PIPS, 2 (1), 22-31.
Helminsyah, Musdiani, dan Mustadi, A. (2021). Pengembangan Model Pembelajaran Project Citizen Berbasis Portofolio untuk Kompetensi Pendidik Society 5.0. Journal Visipena, 8 (2), 237-249.
Ihdal Umam, Muhammad dan Kunaenih (2024). Analisis Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada Kurikulum Merdeka Studi Kasus di SDN 05 Pagi Pisangan Timur. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 7 (4), 12528-12532.
Indriyani, P., Utami, T. P., dan Nabela, U. (2024). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SDN 64/IV Kota Jambi sebagai Fondasi Pendidikan Indonesia. Jurnal Tonggak Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Teori dan Hasil Pendidikan Dasar, 3 (2), 188-200.
Jannah, Miftahul, Sukiman, dan Na’imah (2022). Kajian Sistem Penilaian Portofolio Berdasarkan Kompetensi Pedagogik Guru. Aulad : Journal on Early Childhood, 5 (1), 105-110.
Kertih, I Wayan, Sukadi, dan I Wayan Budiarta (2025). The Effect of the Pancasila Student Profile Strengthening Project on the Acceptance and Habituation of Pancasila-Based Behavior.
Latifah, Umi Tri Joko Raharjo, dan Agus Yuwono (2024). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Kurikulum Merdeka Tema Kearifan Lokal dalam Penguatan Karakter Peserta Didik di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09 (03), 1736-1745.
Luqman. Penerapan Model Pembelajaran Project Citizen untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa. ILMU PENDIDIKAN, 2 (1), 44-59.
Maulidia, L., Nafaridah, T., dan Ahmad (2023). Analisis Keterampilan Abad Ke 21 melalui Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di SMA Negeri 2 Banjarmasin. Seminar Nasional (PROSPEK II) “Transformasi Pendidikan Melalui Digital Learning Guna Mewujudkan Merdeka Belajar” 1 Pebruari 2023 Program Studi Pendidikan Ekononomi, FKIP, Universitas PGRI MahadewaIndonesia. https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/prospek/article/ view/2609/1930.
Melati, P.D., Rini, E. P., dan Musyaiyadah (2024). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam Kurikukulum Merdeka di Sekolah Menengah Atas (SMA). Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6 (4), 2808 – 2819.
Ramadhanty, Widya Gustian, Kurnia Sri Wahyuni, dan Deni Zein Tarsidi (2021). Penerapan Model Project Citizen Berbasis Moodle dalam Pengembangan Pendidikan di Era Industri 4.0. Civic Edu: Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 4 (1), 12-19.
Rozali, Yuli Asmi (2022). Penggunaan Analisis Konten dan Analisi Tematik. Forum Ilmiah, 19 (1), 68-76.
Sukadi. 2022. Praktik belajar Kewarganegaraan Kami Bangsa Indonesia (Project Citizen). Singaraja: Undiksha Press.
Supriadi, Gito (2021). Kompetensi Guru dalam Melaksanakan Penilaian Autentik di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Pulang Pisau Kabupaten Pulang Pisau Kalimantan Tengah. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 12 (1), 12-19.
Sumarsono, Adi dan Syamsudin (2019). Peningkatan Kompetensi Penelitian Tindakan Kelas melalui Metode Pelatihan, Penerapan dan Pendampinganbagi Guru Sekolah Satu Atap Wasur di Kabupaten Merauke. Sarwahita: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 16 (2), 146-155.
Ulfah, Nada Santi dan Solihin Ichas Hamid (2017). Model Project Citizen dalam Pembelajaran PKn untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Antologi UPI, 5 (1), 34-145.
Yuli Hermalini, Ni Nyoman (2025) Model Konseptual Penerimaan Nilai dan Pembiasaan Perilaku Berbasis Nilai Pancasila dalam Kaitannya dengan Kontribusi Pembelajaran IPS, Pendidikan Pancasila, dan P5 di SMP. Tesis (Tidak dipublikasikan). Singaraja: Undiksha.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Sukadi, I Wayan Budiarta, Dewa Bagus Sanjaya, Ketut Sedana Arta, Putu Rai Yuliartini, Dewa Gede Sudika Mangku

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
