TEKNIK MINDFULNESS UNTUK MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN PSIKOLOGI

Penulis

  • Putu Ari Dharmayanti Universitas Pendidikan Ganesha
  • Luh Putu Sri Lestari Universitas Pendidikan Ganesha
  • Septia Rahmawati Universitas Pendidikan Ganesha
  • Kadek Ari Dwiarwati Universitas Pendidikan Ganesha
  • Kade Sathya Gita Rismawan Universitas Pendidikan Ganesha

Kata Kunci:

kesejahteraan psikologi, teknik maindfulnees, sekolah binaan, Guru Sekolah Dasar, siswa SD

Abstrak

Program Pendampingan dan Peningkatan kesejahteraan psikologi guru dan siswa dengan teknik maindfulness di Sekolah Binaan Inovatif dirancang sebagai respons strategis untuk meningkatkan kualitas pendidikan dengan fokus pada peningkatan kesejahteraan psikologi guru. Kegiatan ini bertujuan memberikan pelatihan, pendampingan, dan bimbingan kepada guru. Pendampingan diselenggarakan baik secara tatap muka maupun daring, dengan materi yang disesuaikan dengan kebutuhan aktual kesejahteraan psikologi. Kegiatan ini berlangsung gugus 2 kecamatan buleleng. Metode pelaksanaan meliputi pelatihan, pendampingan, dan evaluasi dengan fokus pada teknik maindfulness untuk kesejahteraan psikologi. Hasil menunjukkan bahwa mayoritas guru (85%) mengalami peningkatan pemahaman, yang tercermin dari kemampuan mereka menyusun program melalui integrasi pembelajaran, guru dapat mengemas materi terkait kesehatan mental secara lebih menarik, relevan, dan aplikatif bagi siswa. Dengan demikian, kegiatan ini tidak hanya meningkatkan kesejahteraan psikologi guru, tetapi juga berkontribusi pada terciptanya pembelajaran yang lebih harmonis  dan berdampak nyata bagi peningkatan mutu pendidikan di sekolah binaan.

Referensi

Santoso G, Karim AA, Maftuh B. Kajian Wawasan Nusantara melalui Local Wisdom NRI yang Mendunia dan Terampil dalam Lagu Nasional dan Daerah Abad 21. Jurnal Pendidikan Transformatif. 2023;2(1):197–209.

Utama SS, Fitriana L, Charlita CA, Noviyanto FA, Devisa D, Lestania R, et al. Sosialisasi Etika Bermedia Sosial bagi Karang Taruna Kampung Margomulyo, Desa Banyuanyar, Kecamatan Banjarsari, Surakarta. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat). 2024;5(1):191–205.

Nawaf A, Azura S, Gultom SF, Afriansyah W, Putra AD. Analisis Keterampilan regulasi emosi Dalam Penggunaan Media Sosial Di Kalangan Remaja Desa Payung Kec. Payung Kab. Karo. Journal Of Human And Education (JAHE). 2023;3(2):337– 43.

Hadi S, Wulandari A, Audiya FR. Permasalahan Pendidikan dan Solusinya di Indonesia. BAKSOOKA: Jurnal Penelitian Ilmu Sejarah, Sosial dan Budaya. 2024;3(01).

Septiana NZ. Dampak Peggunaan Media Sosial Terhadap Kesejahteraan psikologi Dan Kesejahteraan Sosial Remaja Dimasa Pandemi Covid-19. Nusantara of Research: Jurnal Hasil-Hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri. 2021;8(1):1–13.

Ramadhani AR, Andini A, Maulida NH. Kesejahteraan psikologi pada Remaja dalam Pandangan Islam. Religion: Jurnal Agama, Sosial, dan Budaya. 2023;1(6):871–80.

Rahmah, D. D. N., Purnomo, R. J. Z., Tesalonika, C., Khairiah, A., & Firjatullah, F. (2025). Pelatihan Pengelolaan Stres Berbasis Mindfulness untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru dalam Proses Pengajaran: Mindfulness-Based Stress Management Training to Enhance Teacher Professionalism in the Teaching Process. PengabdianMu: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, 10(2), 406- 414.

Irmayani, I., Amna, Z., Khairani, M., & Sari, N. (2023). Hubungan antara Mindfulness dengan Regulasi Emosi pada Guru yang Mengajar Anak Berkebutuhan Khusus. Psycho Idea, 21(1), 50-59.

Hidayatullah, A., & Merdiaty, N. (2025). PERAN MINDFULNESS TERHADAP KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS: STUDI LITERATURE REVIEW. Liberosis:

Jurnal Psikologi Dan Bimbingan Konseling, 10(5), 21–30.

Hasanah, U., & Alivia, B. (2023). Regulasi Emosi Guru Kelas dalam Menangani Anak Berkebutuhan Khusus. IDEA: Jurnal Psikologi, 7(1).

Zaulino, N. H., Nainggolan, E. E., & Haque, S. A. U. (2025). Peran Mindfulness dan Regulasi Emosi dalam Meningkatkan Psychological Well-being pada Guru TK di Surabaya. JIWA: Jurnal Psikologi Indonesia, 3(01).

Syafrina, R., & Rudi, R. (2021). Regulasi Emosi Guru PAUD Selama Proses Mengajar Saat Pandemi Covid-19. Journal Of Early Childhood and Inclusive Education, 4(2), 51-58.

Purna, R. S. (2020). Gambaran Regulasi Emosi Guru di Kota Padang: Gambaran Regulasi Emosi Guru Di Kota Padang. Humanitas (Jurnal Psikologi), 4(2), 149-162.

Samadi, M. R., Nurishlah, L., & Mulyani, A. S. (2023). Peran Regulasi Emosi Dalam Profesionalisme Guru. TA'DIB: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 207-217.

Murniati, M. (2020). Penerapan mindfulness untuk menjaga kesejahteraan psikologi. TAUJIHAT: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 63-69.

Fourianalistyawati, E., & Listiyandini, R. A. (2021). Pengembangan Keterampilan Mindfulness pada Remaja Melalui Pelatihan di Sekolah. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(3), 1-6.

Bukhori, A., Yanti, A. R., & Rahmawati, A. (2023, July). Penerapan mindfulness training sebagai upaya dalam mengurangi psychological distress pada generasi Z. In Proceedings of Annual Guidance and Counseling Academic Forum (pp. 1-9).

Saputri, I. K. E. (2016). Hubungan sibling rivalry dengan regulasi emosi pada masa kanak akhir. Intuisi: Jurnal Psikologi Ilmiah, 8(2), 133-139.

Syafitri, R. A., Aulia, M., Mariana, W., & Bayu, D. R. (2023). REGULASI EMOSI MAHASISWA BROKEN HOME. Ristekdik: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 8(1), 129-139.

Lutfianawati, D., Putri, A. M., Junaidi, J., Wijayanti, T., Vina, K. O., & Sari, J. R. (2023). Pelatihan Regulasi Emosi Pada Mahasiswa Baru. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), 6(9), 3609-3622.

Nurcahyo, F. A. (2024). Faktor-Faktor Yang Meningkatkan Kesejahteraan Psikologis Pada Peserta Didik Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(1), 679-689.

Trihastuti, M. C. W., & Anindya, R. (2022). Kondisi kesejahteraan psikologis mahasiswa pada masa pandemi covid-19. Psiko Edukasi, 20(2), 107-119.

Deviana, M., Umari, T., & Khadijah, K. (2023). Kesejahteraan psikologis (psychological well-being) remaja. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(1), 3463-3468.

Unduhan

Diterbitkan

31-10-2025