PEMBERDAYAAN GURU-GURU DALAM PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PJBL) BERBANTUAN TEKNOLOGI DI SMP NEGERI 3 SINGARAJA

Penulis

  • Putu Adi Krisna Juniarta Universitas Pendidikan Ganesha
  • Dewa Putu Ramendra Universitas Pendidikan Ganesha
  • Gede Mahendrayana Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Swandana Universitas Pendidikan Ganesha
  • Wayan Radita Yuda Universitas Pendidikan Ganesha

Kata Kunci:

teknologi, PjBL, pembelajaran

Abstrak

Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk membantu guru menggunakan model PjBL terintegrasi dengan teknologi. Tempat dari pengabdian ini adalah SMP N 3 Singaraja dengan jumlah guru 35 orang. Kegiatan meliputi pelatihan dan pendampingan penerapan model PjBL terintegrasi dengan teknologi. Terdapat tiga langkah dalam kegiatan yaitu presentasi, demonstrasi, dan praktik. Presentasi digunakan untuk mengenalkan model PjBL terintegrasi dengan teknologi sebagai model pembelajaran dan penilaian inovatif. Demonstrasi digunakan untuk menjelaskan cara model PjBL terintegrasi dengan teknologi. Sedangkan praktik digunakan untuk mengajarkan guru dalam menerapkan model PjBL terintegrasi dengan teknologi. Hasil kegiatan ini adalah peningkatan pengetahuan dan keterampilan guru dalam menerapkan model PjBL berbantuan teknologi yang dapat digunakan untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi proses pembelajaran di SMP N 3 Singaraja. Selain itu, pembelajaran menjadi lebih inovatif dan bervariatif sehingga menumbuhkan semangat bagi siswa dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran

Referensi

Affandi, A., & Sukyadi, D. (2016). Project-based learning and problem-based learning for EFL students’ writing achievement at the tertiary level. Rangsit Journal of Educational Studies, 3(1), 23–40. https://doi.org/10.14456/rjes.2016.2

Balan, Y. A., Sudarmin, Kustiono. 2017. Pengembangan Model Computer Based Test (CBT) Berbasis Adobe Flash untuk Sekolah Menengah Kejuruan. Innovtive Journal of Curriculum and Educational Technology 6 (1). 36 - 44.

Belloti, Fransesco. 2013. Advances in Human-Computer Interaction. Journal of Gale Economic Education Humanities Social-Science. Tersedia di

Bull, Joanna & Coleen McKenna. 2004. Blueprint for Computer-Assisted Assessment. London: Routleedge Falmer.

Chiang, C. L., & Lee, H. (2016). The Effect of Project-Based Learning on Learning Motivation and Problem-Solving Ability of Vocational High School Students. International Journal of Information and Education Technology, 6(9), 709–712.

Guo, P., Saab, N., Post, L. S., & Admiraal, W. (2020). A review of project-based learning in higher education: Student outcomes and measures. International Journal of Educational Research, 102(November 2019), 101586. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2020.101586

Hidayah, N., Puspa Arum, A., & Apriyansa, A. (2021). Project-Based Learning (PjBL): Advantages, Disadvantages, and Solutions to Vocational Education (in Pandemic Era). https://doi.org/10.4108/eai.9-9-2021.2313669

Lilley, Mariana., Trevor Barker., & Carol Britton. 2005. Learners’ Perceived of Difficulty of Computer-Adaptive Test: A Case Study. Journal of IFIP International Federation for Information Processing. 29 (1). 1026-1029.

Rilley Barth & Adam Carle. 2012. Comparison of Two Bayesian Methods to Detect Mode Effects Between Paper-Based and Computerized Adaptive Assessments: A Preliminary Monte Carlo Study. Journal of Department of Health System Science. University of Illinois, Chicago.

Ruhardjanto, A., Husamah, & Fauzi, A. (2019). Hybrid-PjBL: Learning outcomes, creative thinking skills, and learning motivation of preservice teacher. International Journal of Instruction, 12(2), 179–192. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12212a

Schank, Roger C. 2002. Designing World-Class E-Learning. New York: McGraw-Hill.

Sudjimat, D. A., Nyoto, A., & Romlie, M. (2020). Implementation of ProjectBased Learning Model and Workforce Character Development for the 21st Century in Vocational High School. International Journal of Instruction, 14(1), 181–198. https://doi.org/10.29333/IJI.2021.14111A

Tao, Yu-Ui. 2008. A Practical Computer Adaptive Testing Model for Small-Scale Scenarios. Journal of Educational Technology & Society. National University of Kaohsiung. Taiwan, 11(3). 259-274.

Tran, T. Q. (2020). Attitudes toward the Use of Project-Based Learning : A Case Study of Vietnamese High School Students. October. https://doi.org/10.17323/jle.2020.10109

Undang-Undang Republik Indonesia No. 14 Tahun 2005, Tentang Guru dan Dosen. Restindo Mediatama: Jakarta.

Widoyoko, E.P. 2015. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Unduhan

Diterbitkan

31-10-2025