IMPLEMENTASI GENERATIVE AI UNTUK MENDUKUNG INOVASI MATERI AJAR KREATIF DI SMK NEGERI 1 GEROKGAK

Penulis

  • I Made Dendi Maysanjaya Universitas Pendidikan Ganesha
  • Made Windu Antara Kesiman Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Made Gede Sunarya Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Made Ardwi Pradnyana Universitas Pendidikan Ganesha
  • Putu Yudia Pratiwi Universitas Pendidikan Ganesha
  • Kadek Teguh Dermawan Universitas Pendidikan Ganesha
  • Putu Dhanu Driya Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Putu Arya Vidyananta Universitas Pendidikan Ganesha
  • Putu Ayu Puspa Sari Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Kadek Wisdayani Universitas Pendidikan Ganesha

Kata Kunci:

generative AI, materi ajar kreatif, guru SMK, pelatihan, transformasi pendidikan

Abstrak

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman, keterampilan, dan kreativitas guru dalam mengintegrasikan teknologi generative AI pada pembelajaran. Program diikuti oleh 35 guru melalui tiga tahapan: pemaparan materi, praktik penggunaan tools AI, dan penugasan pembuatan media ajar. Evaluasi dilakukan dengan pre-test, post-test, penilaian produk, serta kuesioner kepuasan. Hasil pre-test menunjukkan rata-rata pemahaman awal sebesar 65,57%, meningkat signifikan pada post-test menjadi 93,71%. Produk media ajar yang dihasilkan guru memperoleh nilai rata-rata 85,36 (kategori sangat baik), sedangkan hasil evaluasi kepuasan mencapai 89,29%. Temuan ini menegaskan bahwa pelatihan efektif dalam memperkuat kapasitas guru memanfaatkan generative AI untuk menghasilkan media ajar kreatif, relevan, dan inovatif. Program sejenis penting untuk terus dikembangkan dan direplikasi di sekolah lain guna mendukung transformasi pendidikan di era digital.

Referensi

Arnadi, Aslan, and Arnes Yuli Vandika. 2024. “Penggunaan Kecerdasan Buatan Untuk Personalisasi Pengalaman Belajar.” Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Kearifan Lokal (JIPKL) 4(5):369–80.

Azri, and Qaulan Raniyah. 2024. “Peran Teknologi Dan Pelatihan Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan.” Pediaqu : Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora 3(4):4859–84.

Hermanto, Irwan Adhi Prasetya, Muhammad Faqih Dzulqarnain, Wandi Sujatmiko, and Mira Wulandari. 2024. “Pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di Lingkungan Sekolah Berbasis Digital.” Abdi Laksana : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 5(3):574–82.

Muhsarrof, Ahmad, Dinda Febrianti Putri, and Firdausa Widia Sari. 2025. “Transformasi Kurikulum Pendidikan Melalui Pemanfaatan Artificial Intelligence.” Spectrum : Journal of Digital Learning 1(1):13–25.

Musrizal, and Azhar. 2024. “Inovasi Guru Dalam Meningkatkan Kreativitas Berpikir Anak Di Era 4.0.” Al-Rabwah: Jurnal Ilmu Pendidikan 18(01):40–48.

OpenAI. 2023. “Introducing DALL-E 3: Creating Images from Text Prompts.” https://openai.com/index/dall-e-3/.

Rizal, Moh. Ahsan Shohifur. 2024. “Eksplorasi Penggunaan AI Generatif Untuk Menciptakan Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia Yang Menarik Dan Efektif.” INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research 4(3):7080–95.

RunwayML. 2022. “Create AI-Powered Videos Instantly.”

Soegiarto, Ita, Sitti Hasnah, Annisa Nuraisyah Annas, Sri Sundari, and Erwin Dhaniswara. 2023. “Inovasi Pembelajaran Berbasis Teknologi Artificial Intelligences ( AI ) Pada Sekolah Kedinasan Di Era Revolusi Industri 4.0 Dan Society 5.0.” INNOVATIVE: Journal of Social Science Research 3(5):10546–55.

Solihin, Annas. 2024. “Kisah Sukses: Bagaimana AI Membantu Guru Mengajar Lebih Efektif.” https://s2dikdas.fip.unesa.ac.id/post/kisah-sukses-bagaimana-ai-membantu-guru-mengajar-lebih-efektif.

Supriyanto, Didik. 2024. “Implementasi Teknologi Digital Untuk Peningkatan Keterampilan Digital Guru Di Sekolah Menengah.” Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran 7(4):16232–42.

Unduhan

Diterbitkan

31-10-2025