PENDAMPINGAN PENYUSUNAN MODUL AJAR BERBASIS DEEP LEARNING BAGI KKGO KECAMATAN BULELENG

Penulis

  • Made Agus Wijaya Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Suwiwa Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Ketut Yoda Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Ketut Budaya Astra Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Luh Putu Spyanawati Universitas Pendidikan Ganesha

Kata Kunci:

PJOK, Deep Learning, Modul Ajar

Abstrak

Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) memiliki peran strategis dalam mengembangkan aspek kognitif, afektif, dan psikomotor peserta didik melalui aktivitas jasmani terpilih. Merujuk hasil observasi dan wawancara yang dilaksanakan pengabdi dengan Ketua Kelompok Kerja Guru Olahraga (KKGO) Kecamatan Buleleng menunjukkan bahwa guru PJOK SD di Kecamatan Buleleng masih dominan menggunakan modul ajar konvensional, serta belum mengoptimalkan pendekatan deep learning. Permasalahan tersebut mendorong pelaksanaan program pengabdian kepada Masyarakat/ PkM berupa “Pendampingan Penyusunan Modul Ajar Berbasis Deep Learning bagi KKGO Kecamatan Buleleng”. Tujuan program ini adalah meningkatkan pemahaman, sikap dan keterampilan guru PJOK SD Kecamatan Buleleng mengenai konsep, teoritik dan praktek deep learning dalam PJOK, mendampingi penyusunan modul ajar berbasis meaningful, mindful, dan joyful learning, serta memperkuat jejaring kolaboratif dengan berbagai stakeholder. Khalayak sasaran PkM ini adalah pengurus dan anggota KKGO Kecamatan Buleleng, dengan jumlah 32 orang guru PJOK SD. Kegiatan yang dilaksanakan pada Kamis – Jumat, 28 – 29 Agustus 2025 di Kampus FOK Undiksha Desa Jinengdalem ini  menghasilkan modul ajar berbasis deep learning yang siap diterapkan di SD, publikasi pada media digital, HKI, dan meningkatkan keterampilan guru PJOK memfasilitasi pembelajaran PJOK yang lebih bermakna, berkesadaran dan menyenangkan.

Referensi

Rakhman A, Brata YR. Pengaruh Kompetensi Pedagogikdan Kelompok Kerja Guru (KKG) Terhadap Kinerja Guru Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan. Indones J Educ Manag Adm Rev [Internet]. 2018;2(2):259–64. Available from: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/ijemar/article/view/1921

Rohayati Y, Astra I. B, Suwiwa IG. Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Game Edukasi Materi Kesehatan Pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Rekreasi. J IKA. 2019;16(1):33.

Saputri KAL, Suwiwa IG. Media Pembelajaran Video Tutorial Teknik Dasar Lempar Petanque. Mimb Ilmu. 2022;27(2):254–61.

Suwandia, Riska Putri, Sulastri. Inovasi Pendidikan dengan Menggunakan Model Deep Learning di Indonesia. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan dan Politik (JPKP) Vol. 2, No. 2, Desember 2024, page: 69-77 E-ISSN: 3025-9843. Tersedia pada: https://kurniajurnal.com/index.php/jpkp/article/view/211

Wahyudi PI, Darmayasa IP, Gunarto P. Pengembangan Video Pembelajaran Aktivitas Ritmik Untuk Peserta Didik Kelas Vi Sd Negeri 1 Tulamben Tahun Pelajaran 2022/2023. J Pendidik Jasmani, Olahraga Dan Kesehat. 2023;11(2):49–60. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJP/article/view/60720

Winarni S, Pd M, Kusumawati M, Pd M, Pembelajaran P, Winarni S, et al. Nirvana Bulak Kapal Blok A5 Jalan Mawar Putih.

Unduhan

Diterbitkan

31-10-2025