PEMBERDAYAAN GURU SD MELALUI PELATIHAN CANVA DAN WORDWALL DALAM UPAYA PENINGKATAN LITERASI

Penulis

  • Ketut Susiani Universitas Pendidikan Ganesha
  • Kadek Suranata Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Made Daini Sinta sari Universitas Pendidikan Ganesha
  • Kadek Trina Des Ryantini Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nyoman Sugita Rupiana Universitas Pendidikan Ganesha

Kata Kunci:

literasi, guru sd, canva, wordwall, media interaktif

Abstrak

Kemampuan literasi siswa sekolah dasar merupakan fondasi penting bagi keberhasilan belajar di jenjang berikutnya. Namun, data Dinas Pendidikan Kabupaten Buleleng (2025) menunjukkan sebanyak 356 siswa SMP masih mengalami kesulitan membaca, yang sebagian besar berakar pada lemahnya penguasaan literasi sejak SD. Salah satu penyebabnya adalah keterbatasan penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis teknologi oleh guru. Untuk menjawab permasalahan tersebut, dilakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa pelatihan pembuatan media pembelajaran interaktif berbasis Canva dan Wordwall bagi guru SD Negeri 1 Baktiseraga. Metode pelaksanaan meliputi sosialisasi, pelatihan, pendampingan, praktik, implementasi di kelas, serta evaluasi formatif dan sumatif. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan keterampilan guru dalam mendesain media ajar digital, dengan skor refleksi rata-rata 4,27 dari skala 1–5. Aspek pendampingan praktik mendapat skor tertinggi (5,00), sedangkan tantangan masih ditemukan pada penggunaan Wordwall (3,67). Secara umum, program ini berdampak positif dalam meningkatkan kompetensi guru, memperkaya variasi pembelajaran, dan memotivasi siswa dalam kegiatan literasi.

Referensi

Astuti, D., & Widodo, S. (2023). Pengaruh Media Visual Canva terhadap Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pembelajaran Dasar, 8(1), 45–53.

Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. Springer.

Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng. (2025). Analisis Masalah Rendahnya Kemampuan Membaca Siswa SMP di Kabupaten Buleleng [Presentasi PowerPoint]. Buleleng: Disdikpora Buleleng.

Kurniawati, A., & Rachmadi, A. (2022). Penggunaan Wordwall untuk Meningkatkan Literasi Membaca Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(2), 112–120.

Munir. (2021). Pembelajaran Digital: Dari Teori ke Praktik. Bandung: Alfabeta.

OECD. (2019). PISA 2018 Results: Combined Executive Summaries. Paris: OECD Publishing.

Putri, M. A., & Nugroho, R. A. (2023). Penerapan Wordwall dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Meningkatkan Literasi Dasar Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 5(1), 33–41.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (3rd ed.). Bandung: Alfabeta.

Unduhan

Diterbitkan

31-10-2025