PENGUATAN KAPASITAS GURU MELALUI PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PENGELOLAAN KELAS INKLUSIF DI BALI
Kata Kunci:
Inklusi, Guru, PendampinganAbstrak
Pendidikan inklusif di Indonesia, termasuk Bali, telah berjalan sejak awal 2000-an untuk menjamin hak siswa berkebutuhan khusus. Namun, pelaksanaannya masih menghadapi kendala sarana, kompetensi guru, dukungan orang tua, dan stigma sosial. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (P2M) ini dirancang untuk memperkuat kapasitas guru melalui pelatihan intensif, mentoring daring, dan pendampingan praktik di sekolah binaan. Evaluasi dengan pre-test, post-test, observasi, dan angket menunjukkan peningkatan pemahaman guru terhadap prinsip inklusi, penerapan pembelajaran diferensiasi, serta keterampilan mengelola kelas yang lebih responsif. Guru juga lebih mampu menyusun perangkat pembelajaran adaptif. Selain itu, terbangun kolaborasi antara guru reguler, guru pendamping khusus, dan orang tua dalam mendukung siswa berkebutuhan khusus. Program ini berpotensi menjadi model pengembangan sekolah inklusif di Bali menuju pendidikan yang lebih adil dan berkualitas.
Referensi
Adnyani NLPS, Suarnajaya IW, Artini LP. Implementasi pendidikan inklusif di sekolah dasar: Studi kasus di Bali. Jurnal Pendidikan Inklusif Indonesia. 2022;8(2):101-112. https://doi.org/xxxx
Astawa IM. Persepsi Orang Tua terhadap Pendidikan Inklusif di Bali. Jurnal Sosiologi Pendidikan. 2022;3(2):55-67
Ainscow, M., & Miles, S. (2008). Making Education Inclusive. London: Routledge.
A. J., K. E. (2010). ustifying and explaining disproportionality. A critique of underlying views of culture. Exceptional Children, A critique of underlying views of culture. Exceptional Children.
Anderson, C. (2018). The Advantage of Technology in Special Education. A Review of Literature. Journal of Special Education Technology, 31(1), 3-13.
Booth T, Ainscow M. Index for Inclusion: Developing Learning and Participation in Schools. Bristol: Centre for Studies on Inclusive Education; 2011.
Brown, A., & Thompson, R. (2021). The Role of Information Technology in Sports Science Education. Journal of Sports Technology, 14(2), 110-120.
Budiarto, A. (2019). Jurnal Hukum dan Keadilan. "Implementasi Hak Asasi Manusia bagi Penyandang Disabilitas di Indonesia", 89-105.
Education, B. P. (2023). Report on the Implementation of ICT in Special Schools in Bali. Denpasar: Bali Provincial Government, 10-15.
Gargiulo, R. M. (2012). Special Education in Contemporary Society: An Introduction to Exceptionality. Thousand Oaks, CA: SAGE Publications
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 70 Tahun 2009 tentang Pendidikan Inklusif bagi Peserta Didik yang Memiliki Kelainan dan Memiliki Potensi Kecerdasan dan/atau Bakat Istimewa.
Purnamawati IGAS, Mahadewi NP. Pendidikan inklusif dalam sistem pendidikan di Indonesia: Perspektif dan tantangan. Jurnal Pendidikan Inklusif. 2020;5(1):45-58. https://doi.org/xxxx
Sunardi, Yusuf M, Gunarhadi, Priyono, Yeager J. The Implementation of Inclusive Education for Students with Special Needs in Indonesia. Excellence in Higher Education. 2011;2(1):1-10.
Sunardi, Yusuf M, Gunarhadi, Priyono, Yeager J. The Implementation of Inclusive Education for Students with Special Needs in Indonesia. Excellence in Higher
Suwartha IGN. Pengembangan kurikulum pendidikan inklusif di sekolah dasar di Bali. Jurnal Pendidikan Inklusif. 2021;6(1):25-39.Education. 2011;2(1):1-10.
Yasa IB. Diskriminasi dalam Pendidikan Inklusif di Bali: Realitas dan Solusi. Jurnal Psikologi Sosial. 2021;9(2):140-153.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 I Ketut Iwan Swadesi, I Ketut Sudiana, Putu Aditya Antara, Made Budiawan, Kadek Yogi Parta Lesmana

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
